keputihan

Type Keputihan Berdasarkan Warna

Apakah Anda sering mengalami keputihan? Jika iya, maka terdapat beberapa hal yang harus Anda waspadai. Keputihan sendiri sebenarnya bisa dilihat dari tingkat bahaya berdasarkan warna yang dihasilkan. Bagi Anda yang kerap mengalami masalah keputihan, simak beberapa uraian beberapa tipe keputihan berdasarkan warna yang harus Anda waspadai.

Baca juga: Bagaimana Tanda-Tanda Keputihan Abnormal

konsultasi

Beberapa Tipe Keputihan Berdasarkan Warna

1.Putih kental

Keputihan dengan warna putih dan bertekstur putih merupakan hal normal. Namun jika disertai dengan nyeri, gatal, dan berbau, maka Anda harus mewaspadai hal tersebut. Jika tanda dan gejala diatas Anda rasakan, penyebab berkembangnya yakni adanya infeksi ragi dalam vagina, peradangan tersebut pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit seksual menular, antibiotic, dan penyakit diabetes.

2.Kuning

Sekresi dengan warna kuning menandakan Anda tengah mengalami infeksi bakteri atau penyakit seksual seperti trikomoniasis. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda perlu menjaga kebersihan vagina sebaik mungkin, terlebih setelah melakukan hubungan seksual. Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi untuk menghindari infeksi penyakit seksual.

3.Coklat

Jika Anda panic dengan sekresi yang berwarna kecoklatan, masalah ini muncul karena adanya periode menstruasi yang kurang teratur, hal tersebut dialami banyak kalangan wanita. Penyebabnya yakni stress, masalah hormone, hingga penyakit ovarium. Apabila keputihan berwarna coklat tersebut muncul secara terus menerus dalam jangka panjang, segera hubungi dokter. Sebab gejala tersebut menjadi salah satu pertanda buruk, seperti halnya kanker ovarium.

konsultasi

keputihan

4.Kehijauan

Tak jauh berbeda dengan sekresi berwarna kuning, keputihan berwarna hijau bisa disebabkan oleh penyakit trikomoniasis. Untuk memastikan apa yang sedang Anda alami, sebaiknya berbicara dengan dokter. Lakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel cairan pada organ kelamin, agar Anda dapat memastikan, masalah apa yang sedang terjadi dan bagaimana cara menanganinya. Jangan biarkan masalah keputihan dengan warna hijau tersebut terlalu lama, karena akan mempengaruhi masalah reproduksi.

5.Putih keabu-abuan dan berbau

Jadi kondisi satu ini tentu tidak akan membuat Anda merasa nyaman, faktor penyebab terjadinya sekresi dengan kondisi diatas yakni infeksi bakteri di area vagina. Area vital terdiri atas bakteri baik dan buruk. Kami sarankan Anda menggunakan celana dalam dengan bahan katun. Hindari menggunakan pembersih di area kewanitaan untuk menjaga kadar bakteri baik dalam vagina tetap normal.

konsultasi

Bagaimana Ciri Khas Keputihan Abnormal?

Keputihan merupakan masalah klasik wanita yang hampir selalu disepelekan. Namun jika tidak segera diatasi bisa berujung pada kanker serviks, bahkan kematian. Pahami ciri ciri keputihan abnormal yang kami uraikan dibawah ini

Infeksi Jamur

Infeksi jamur ditandai dengan sekresi berwarna putih kekuningan berupa gumpalan seperti susu. Vagina Anda akan terasa gatal, iritasi, panas, membengkak, dan menyebabkan nyeri setelah buang air kecil atau berhubungan seksual.

Infeksi Parasit

Keputihan satu ini biasa disebut dengan trikomoniasis yakni infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan, teksturnya kental dan berbau tidak sedap. Segera periksa ke dokter apabila Anda mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual atau diluar siklus haid.

Infeksi Bakteri

Keputihan dengan warna abu-abu, berbau amis, dan teksturnya agak lengket. Bau tersebut akan menusuk setelah berhubungan seksual dan sebabkan darah menstruasi menimbulkan bau tidak normal. Keputihan seperti ini akan menyebabkan vagina Anda gatal, seperti terbakar, dan membengkak.

Untuk memperoleh penanganan lebih lanjut Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah saat ini dengan menghubungi 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.