kutil kemaluan

Waspadai Munculnya Atau Tumbuhnya Kutil Kemaluan

Kutil kemaluan adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh strain virus tertentu. Virus ini sangat umum dengan lebih dari 100 strain. Beberapa strain dapat menyebabkan perubahan kanker sementara yang lainnya tidak dapat menyebabkan gejala fisik. 2 jenis virus khususnya yaitu tipe 6 dan tipe 11. Kutil kemaluan juga dikenal dengan nama Genitoanal Warts, Anogenital Warts dan Condyloma Acuminata.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kutil Kemaluan?

Kutil kemaluan adalah benjolan yang kecil dan lunak di area genital yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Virus ini menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kontak intim dari kulit ke kulit dan merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil atau Condyloma Acuminata dapat mempengaruhi pria dan wanita dan paling sering terlihat pada usia 15 tahun hingga 28 tahun. Kutil dapat sembuh dengan sendirinya dari waktu ke waktu akan tetapi kemungkinan dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Pada kebanyakan orang lebih menggunakan pengobatan untuk menghilangkan kutil yang terlihat.

konsultasi

Ketahui Penyebab Kutil Secara Umum

Memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dari penularan Human Papilloma Virus (HPV) hingga gejala kutil benar-benar muncul. Virus menyebar atau menular melalui kontak dnegan kulit yang terinfeksi dan selaput lendir (kulit lembab yang lembut muncul di lubang alat kelamin dan mulut). Kutil biasanya menyebar atau menular melalui hubungan seksual termasuk seks penis dalam vagina, seks anal, kontak genitak ke genital dan seks oral. Kutil sangat menular sehingga bahkan tanpa melakukan penetrasi seksual, virus dapat menyebar atau menular dari 1 orang ke orang lainnya. Bahkan jika seseorang tidak memiliki kutil yang terlihat, seseorang masih dapat menyebarkan atau menularkan virusnya bahkan tanpa adanya kutil.

konsultasi

Gejala Mendasar Kutil Kemaluan

Kutil kemaluan adalah benjolan yang kecil, lembut, berwarna seperti kulit, putih atau abu-abu yang muncul di area genital. Kutil dapat memiliki ukuran yang berbeda dan tumbuh secara tunggap atau berumpun. Ketika beberapa kutil menggumpal atau berkelompol, terkadang menyerupai bentuk bunga kol.

Kutil dapat ditemukan di bagian manapun dari area genital wanita dan pria termasuk vulva, dinding vagina, serviks (leher rahim), penis, skrotum dan kulit antara alat kelamin dan anus. Beberapa orang kemungkinan mengalami gatal, ketidaknyamanan atau rasa sakit yang terkait dengan kutil. Nyeri ini dapat diperburuk dengan hubungan seksual atau kontak seksual. Dalam beberapa kasus, kutil dapat berdarah setelah berhubungan seksual.

konsultasi

Kutil Dan Cara Mendiagnosisnya

Diagnosis kutil biasanya dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan area yang terkena. Selama pemeriksaan, dokter kemungkinan menerapkan metode pada benjolan kutil agar terlihat. Dalam beberapa kasus, wanita dengan kutil dapat diatasi oleh dokter jika mempengaruhi organ reproduksi wanita untuk tes atau pengujian dan pengobatan lebih lanjut.

Jika adanya kutil pada serviks (leher rahim), dokter biasanya merekomendasikan kolposkopi. Melibatkan pemeriksaan serviks (leher rahim) dengan menggunakan Colposcope yang memperbesar area dan pemeriksaan dilakukan lebih dekat. Biopsi (sampel kecil dari kutil dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop umumnya tidak diperlukan untuk mendiagnosis kutil. Namun biopsi dapat direkomendasikan jika:

• Penampilan kutil tidak biasa.
• Kutil yang baru terjadi.
• Kutil tidak merespons pengobatan.

kutil kemaluan

Penanganan Untuk Kutil Kemaluan

Kutil biasanya smebuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dan infeksi HPV dibersihkan oleh sistem kekebalan tubuh. Pengobatan bisa juga mengurangi gejala gatal dan ketidaknyamanan. Pengobatan dapat menghilangkan kutil yang terlihat akan tetapi belum ada pengobatan untuk menyembuhkan infeksi HPV.

Dokter merekomendasikan penerapan pengobatan pada kutil dengan membekukannya atau menghilangkan kutil dengan pembedahan. Luas dan ukuran kutil, lokasi dan preferensi dapat membantu menentukan pemilihan pengobatan terbaik. Kemungkinan memerlukan beberapa pengobatan untuk menghilangkan kutil.

Kutil dapat muncul atau kambuh kembali setelah pengobatan saat masih memiliki infeksi HPV. Jika terjadi kemungkinan harus melakukan pengobatan kembali. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, pengobatan ampuh untuk kutil terdapat di Klinik Apollo. Hanya dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Atau dengan melakukan konsultasi secara online seperti dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.