penyakit kelamin wanita

Timbulnya Sariawan, Ada Indikasi Penyakit Kelamin Wanita?

Jika mendengar sariawan, kebanyakan kalangan pasti berpikir bahwa kemunculannya pada organ dalam mulut, namun bagian jika terjadi karena penyakit kelamin wanita?. Tidak salah, namun sariawan bisa terjadi di beberapa tubuh lainnya seperti alat kelamin. Ada banyak sekali faktor penyebab mengapa sariawan menyambangi area kelamin.

Masalah pada organ kelamin, baik pria dan wanita dianggap sebagai hal sensitive. Di Indonesia infeksi kelamin di hubungan dengan penyakit akibat hubungan seksual. Padahal, tidak semua masalah di area kelamin disebabkan oleh infeksi seksual.

Baca juga: Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Pria

konsultasi

Penyebab Sariawan Karena Penyakit Kelamin Wanita

Sebenarnya banyak keluhan mengenai gangguan kesehatan pada area kelamin. Namun yang sering membuat seseorang berobat pada klinik kesehatan yakni karena sariawan di bagian organ genital disertai dengan rasa nyeri dan sensasi terbakar. Berikut beberapa penyebab yang sering mendasari hadirnya bentol di sekitar kelamin.

1.Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Secara garis besar, ada dua jenis kategori sipilis, yakni kongenital dan yang diperoleh akibat penularan dari hubungan seksual atau jarum suntik.

Pada sifilis, terdapat beberapa fase perjalanan penyakit. Pada sifilis, ada beberapa fase perjalanan penyakit. Sedangkan sariawan di kelamin merupakan tahapan awal atau primer dari infeksi tersebut.

Yang menjadi perbedaan dengan penyakit lain yakni, sariawan akan muncul dalam jumlah satuan, tidak disertai nyeri, namun pembengkakan pada kelenjar getah bening di area selangkangan.

Pada tahapan primer bisa bertahan sampai kurang lebih 3 minggu, selanjutnya merupakan fase sekunder, akan muncul tanda dan gejala yang semakin kompleks. Kondisinya seperti ada kelainan pada telapak tangan dan kaki, gangguan penglihatan, mukosa, hingga infeksi pada sistem saraf pusat.

konsultasi

penyakit kelamin wanita

2.Herpes genitalis

Herpes genital disebabkan oleh penyakit kelamin wanita herpes simpleks virus type 2. Namun infeksi ini bisa disebabkan oleh HSV tipe 1, namun tipe ini pada umumnya dikaitkan dengan kontak seksual secara oral. Sedangkan penularan virus HSV tipe 2 asalnya dari hubungan seksual genital secara langsung.

Jadi pada awalnya, herpes akan memunculkan luka seperti sariawan yang berjumlah banyak dan menimbulkan nyeri, walaupun pada beberapa kasus nyeri bisa tidak terjadi. Letak luka ini cukup khas, yakni di sekitar bibir vagina, penis, atau anus. Sebelum luka seperti sariawan muncul, ada beberapa gejala yang menyerang penderita seperti nyeri di area kelamin, demam, hingga menjalar kebagian paha atau pantat.

3.Chancroid

Chancroid atau ulkus mole disebabkan oleh infeksi bakteri jenis haemophilus ducreyi. Penyakit ini mempunyai tampilan seperti luka sariawan dengan bentuk tidak bulat. Permukaan datar seperti piring, dengan dasar yang nyeri atau mudah menimbulkan darah.

Infeksi ini mudah ditemukan pada area preputuin pada penis pria atau sekitar vulva vagina. Tidak jarang infeksi ini disertai dengan cairan kental dari area genital dengan bau busuk.

konsultasi

4.Sindrom behcet

Tidak hanya berhubungan dengan penyakit kelamin wanita, sariawan pada area kelamin bisa terjadi pada kondisi lainnya seperti adanya sindrom. Infeksi ini ditandai dengan munculnya luka sariawan pada mukosa mulut dan kelamin, serta ada peradangan di daerah uvea mata yang dapat mengakibatkan kebutaan.

Selain berhubungan dengan infeksi seksual, munculnya sariawan pada kelamin juga bisa terjadi karena penyakit autoimun. Untuk mencegahnya, lindungi diri Anda dengan pengaman ketika berhubungan seksual, setia kepada pasangan dan periksa kesehatan apabila muncul keluhan yang cukup mengganggu di area kelamin.

Jika Anda merasa terganggu dengan tanda dan gejala diatas, segera konsultasikan kondisi tersebut bersama kami Klinik Apollo terbaik Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.