ciri herpes

Terbuka Pada Pasangan Mengenai Ciri Herpes Oral, Haruskah?

Kunci penting dalam menjalin sebuah hubungan yang sehat yakni komunikasi dan terbuka satu sama lain, bagaimana ciri herpes oral. Apapun yang terjadi, memang sebaiknya Anda serta pasangan tidak menyembunyikan masalah apapun yang dihadapkan. Namun, kemungkinan masalahnya menjadi rumit jika Anda mengidap herpes di bibir atau herpes yang disebabkan oleh kegiatan seks melalui oral.

Baca juga: Komplikasi Dari Perkembangan Infeksi Herpes Genitalis

konsultasi

Apakah Terbuka Pada Pasangan Mengenai Ciri Herpes Oral Harus Dilakukan?

Memang bukan hal mudah untuk membicarakan hal yang sensitif atau penyakit yang sedang diderita. Apalagi jika penyakit tersebut mudah menular dan gejalanya terlihat jelas, seperti herpes oral.

Ketika terserang herpes di bibir, kondisi ini tentunya akan membuat Anda tidak merasa nyaman. Semua kalangan di sekitar Anda bisa melihat dengan jelas lepuhan berisi cairan yang muncul pada bibir, dagu bagian bawah, serta hidung.

Anda memang bisa menutupinya dengan mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan sariawan biasa. Bentuk sariawan dan herpes pada bibir memang sangat mirip, walaupun sebenarnya jika diperhatikan lebih jelas terdapat perbedaan.

Namun walau bagaimana pun, sebaiknya beri tahu pasangan ketia Anda mengalami herpes oral. Memberi tahu pasangan mengenai masalah ini bukan berarti Anda ingin mempermalukan diri. Namun justru Anda sedang menghargai pasangan dengan bersikap terbuka kepada mereka.

Seperti yang kalian tahu, penyakit herpes oral ini mudah menular pada orang lain. Jika tidak bersikap jujur, sama saja Anda mengulur waktu sampai pasangan mengidap infeksi yang sama.

konsultasi

 ciri herpes

Bagaimana Cara Penularan Herpes Oral Kepada Pasangan?

Kemunculan ciri herpes pada bibir disebabkan oleh jenis virus simpleks 1. Virus ini dapat dengan mudah berpindah pada pasangan melalui seks oral, dan pada akhirnya menyebabkan pasangan terserang herpes genital. Melakukan ciuman pada bibir dapat membuat pasangan mendapatkan gejala yang sama dalam beberapa waktu.

Sesekali jenis virus ini akan masuk kedalam tubuh, virus tersebut akan berjalan hingga sistem saraf dan berdiam diri disana. Pada kondisi ini pasangan Anda sebenarnya sudah bisa dinyatakan terserang herpes oral, walaupun gejalanya belum tentu muncul.

Ketika pasangan mengalami kelelahan atau stress, virus hsv 1 semula berdiam diri akan bergerak aktif dan menginfeksi mulut Anda. Lama kelamaan, muncul lepuhan kecil pada bibir dan gejala herpes oral lainnya akan segera dirasakan.

Resiko penularan ciri herpes oral tersebut akan terus meningkat jika Anda menyembunyikan kondisi ini dari pasangan. Tidak hanya melalui seks oral dan berciuman saja. Minum dari gelas atau sedotan yang sama dapat membuat pasangan tertular. Anda tentunya tidak ingin masalah ini terjadi bukan?

konsultasi

Bagaimana Cara Sampaikan Kepada Pasangan?

Bersikap jujur dan terbuka mengenai masalah yang sedang Anda hadapi memang tidak mudah. Namun sebaiknya Anda jangan menundanya lebih lama. Semakin lama Anda menutupi kondisi ini, maka mereka rentan tertular ciri herpes oral. Berikut tips yang bisa anda katakan kepada pasangan, bahwa anda mengidap herpes mulut:

1.Jangan sampaikan secara langsung

Sebagai langkah awal, Anda bisa ajak pasangan bicara dari hati ke hati. Sebaiknya jangan langsung pada intinya, namun mulai dengan pembahasan ringan. Misalnya seputar hubungan yang Anda jalin, sampaikan bahwa Anda nyaman bersamanya, dan lain sebagainya.

2.Bicarakan baik-baik

Setelah suasana menjadi cair, Anda bisa arahkan pembicaran pada intinya. Tatap mata pasangan dan bicara secara terus terang. Sampaikan semua mengenai kondisi yang Anda alami, mulai dari tanda, gejala, penyebab, dan pengobatannya. Anda bisa sampaikan, bahwa membicarakan masalah ini bukan untuk merusak hubungan, namun karena Anda ingin mencegahnya mengidap penyakit yang sama.

Untuk penanganan terjamin Anda bisa lakukan bersama kami Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi kontak person 081233881616. Demikian mengenai ciri herpes, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.