raja singa

Raja Singa Adalah Penyakit Sipilis Menular

Raja singa atau sipilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak langsung dengan luka sipilis pada kulit dan pada selaput lendir. Luka dapat terjadi pada vagina, anus, rektum, bibir dan mulut. Kemungkinan besar menyebar atau menular selama aktifitas seks oral, seks anal dan seks vaginal. Bisa juga ditularkan melalui ciuman.

Tanda pertama adalah nyeri tanpa rasa sakit pada alat kelamin, dubur, mulut atau permukaan kulit. Beberapa orang tidak memperhatikan luka karena tidak sakit. Luka ini sembuh dengan sendirinya, akan tetapi bakteri tetap ada di dalam tubuh jika tidak segera diobati. Bakteri dapat tetap aktif dalam tubuh selama beberapa dekade sebelaum kembali ke organ yang rusak termasuk otak.

konsultasi

Apa Itu Raja Singa?

Raja singa adalah penyakit sipilis yang dapat diobati pada tahap awal. Tanpa adanya pengobatan dapat menyebabkan kecacatan, gangguan neurologis dan kematian. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri. Ada beberapa tahapan yaitu tahap primer, tahap sekunder dan tahap tersier. Sebagian kasus mempengaruhi pria yang berhubungan seksual dengan pria atau pada pria yang berhubungan seksual dengan wanita. Raja singa dapat diobati dengan pengobatan antibiotik terutama pada tahap awal. Penyakit ini tidak akan hilang tanpa adanya pengobatan. Jika khawatir mengenai penyakit ini segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Tersebut?

Raja singa disebabkan ketika bakteri Treponema Pallidum berpindah dari 1 orang ke orang lain selama aktifitas seksual. Dapat juga ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau ke bayi selama persalinan dan disebut sipilis bawaan. Penyakit ini tidak dapat menyebar atau menular melalui kontak bersama dengan benda-benda seperti gagang pintu (kenop pintu) dan kursi toilet.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejalanya?

Raja singa dikategorikan oleh beberapa tahap dengan gejala yang bervariasi terkait dengan setiap tahapnya. Namun dalam beberapa kasus tidak ada gejala selama beberapa tahun. Tahap menular termasuk primer, sekinder dan terkadang laten. Tahap tersier tidak menular akan tetapi memiliki gekala yang paling berbahaya.

• Tahap Primer
Gejala-gejala tahap primer adalah dari luka tunggal atau berkelompok dan berbentuk bulat yang tidak menimbulkan rasa sakit yang disebut chancre. Muncul sekitar 3 minggu setelah paparan. Chancre menghilang dalam waktu 3 minggu hingga 6 minggu akan tetapi tanpa adanya pengobatan penyakit ini dapat berlanjut ke fase berikutnya.

• Tahap Sekunder
Gejalanya dapat meliputi ruam tidak gatal yang muncul pada batang tubuh dan menyebar atau menular ke seluruh tubuh termasuk telapak tangan dan telapak kaki. Kemungkinan berwarna merah atau cokelat kemerahan dan kasar, lukanya seperti kutil oral, anal dan genital, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, kerontokan rambut yang merata, sakit kepala, penurunan berat badan dan lelah. Gejala-gejala ini dapat sembuh beberapa minggu setelah muncul atau dapat kambuh beberapa kali dalam periode yang lebih lama. Tahap sekunder yang tidak segera diobati dapat berlanjut ke tahap laten dan tersier.

• Tahap Laten
Tahap laten dapat berlangsung beberapa tahun. Biasanya tanpa adanya gejala. Tahap tersier dapat berkembang atau gejalanya kemungkinan tidak pernah kambuh. Namun bakterinya tetap tidak aktif dalam tubuh dan selalu ada risiko kekambuhan. Pengobatan disarankan bahkan jika gejalanya tidak ada.

• Tahap Tersier
Tahap tersier dapat terjadi dalam 10 tahun hingga 30 tahun setelah munculnya infeksi, biasanya setelah periode tahap laten dimana tidak adanya gejala. Jika adanya gejala, dapat meliputi kerusakan pada jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Pembengkakan jaringan lunak yang terjadi di bagian tubuh dimana saja. Kerusakan organ yang berarti tahap tersier seringkali dapat berakibat fatal.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Raja Singa?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan mengenai riwayat seksual penderitanya sebelum melakukan tes atau pengujian klinis untuk mengkonfirmasi penyakit sipilis. Tes dan pengujiannya dapat meliputi:

• Tes Atau Pengujian Darah
Ini dapat mendeteksi infeksi, karena antibodi terhadap penyakit akan ada selama bertahun-tahun.

• Cairan Tubuh
Cairan dari chancre selama tahap primer atau tahap sekunder dapat di evaluasi untuk penyakit ini.

• Cairan Serebrospinal
Dapat dikumpulkan melalui tulang belakang dan dilakukan pemeriksaan untuk menguji dampak pada sistem saraf.

Jika didiagnosis penyakit sipilis, setiap pasangan seksual harus dilakukan tes dan pengujian untuk penyakit ini. Dokter juga merekomendasikan tes atau pengujian HIV.

raja singa

Cara Ampuh Mengobati Raja Singa

Raja singa dapat diobati pada tahap awal. Pengobatan ini sangat penting karena pajanan jangka panjang terhadap penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi yang dapat mengancam jiwa. Selama tahap primer, tahap sekunder atau tahap tersier, penderitanya biasanya akan menerima pengobatan intravena.

Pengobatan akan tergantung pada gejala dan saat seseorang tersebut terpapar. Tahap tersier akan membutuhkan banyak pengobatan intravena setiap minggunya. Neurosifilis diobati dengan pengobatan intravena setiap 4 jam selama 2 minggu untuk menghilangkan bakteremia dari sistem saraf pusat.

Menyembuhkan infeksi akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada tubuh dan praktek seksual yang aman dapat diterapkan akan tetapi tidak dapat membalikkan kerusakan yang telah terjadi. Seseorang yang memiliki alergi pengobatan terkadang dapat menggunakan pengobatan alternatif pada tahap awal. Selama kehamilan dan pada tahap tersier, seseorang yang alergi akan peka terhadap pengobatan.

Setelah melahirkan, bayi yang baru lahir dan terpapar sipilis di dalam rahim harus menjalani pengobatan antibiotik. Menggigil, demam, mula, nyeri pegal-pegal dan sakit kepala dapat terjadi pada saat pertama kali melakukan pengobatan. Pengobatan dapat dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor 081233881616
atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.