epididimis

Penyebab Terjadinya Peradangan Pada Epididimis

Apakah Anda pernah mendengar istilah epididimitis? Jadi kondisi ini merupakan sebuah peradangan di area epididimis atau saluran tempat menyimpan sperma. Timbulnya peradangan ini pada umumnya disebabkan oleh penyakit atau infeksi menular seksual.

Jadi epididymis terdiri dari kepala, badan dan ekor. Kepala epididymis berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma. Sedangkan tubuh mempunyai pernah untuk tempat pematangan sperma yang memakan waktu kurang lebih seminggu. Sedangkan ekor bertugas untuk menyalurkan sperma ke saluran ejakukasi.

Baca juga: Komplikasi Dari Penyakit Epididimitis

konsultasiTanda Dan Penyebab Terjadinya Peradangan Pada Epididimis

Jadi epididymis ada di belakang penis dan menyambung dengan vas deferens. Hingga berlanjut ke saluran ejakulasi, saluran kencing dan prostat ketika ejakulasi. Ketika seorang pria mengalami epididimitis, saluran menjadi bengkak, sehingga menimbulkan nyeri. Peradangan ini bisa menyebar hingga kebagian penis.

Epididymitis pada umumnya ditandai dengan nyeri atau pembengkakan skrotum yang bersifat berat atau sebaliknya. Jika peradangan menjadi semakin parah, biasanya akan mengakibatkan penderita tidak mampu berjalan, akibat rasa nyeri tersebut. Infeksi bisa menjadi sangat berat dan menyebar ke penis yang berdekatan.

Rasa nyeri karena infeksi ini bisa mengakibatkan demam dan keluarnya nanah. Berikut tanda dan gejala lain yang mungkin Anda temukan, diantaranya:

•Nyeri yang Anda rasakan pada sisi penis

•Skrotum Anda akan membengkak, nyeri ketika disentuh dan terasa hangat

•Penis terasa nyeri ketika buang air kecil

•Adadanya darah pada cairan sperma

•Munculnya benjolan disekitar penis yang disebabkan oleh penumpukan cairan

•Adanya sensasi nyeri ketika berhubungan seksual atau ejakulasi dini

•Lebih sering buang air kecil dari biasanya disertai rasa tidak tuntas

•Salah satu sisi selangkangan akan membengkak

•Rasa tidak nyaman atau nyeri dibagian perut bagian bawah atau area panggul

•Ujung penis mengeluarkan sekresi abnormal, biasanya hal ini terjadi karena berhubungan dengan penyakit menular seksual

•Membesarnya kelenjar getah bening di bagian pangkal paha

konsultasi

epididimis

Jadi kasus pada epididimitis sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri yang dimulai dari prostat, uretra, dan kandung kemih. Berikut ini merupakan penyebab penyakit epididimitis diantaranya:

Penyebab utama epididimitis pada pria muda yakni infeksi menular seksual, seperti gonore dan klamidia. Jadi klamidia merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis.

Sedangkan kencing nanah atau gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang cukup umum dan disebabkan oleh bakteri dengan nama neisseria gonorrhoeae atau gonococcus.

Infeksi bakteri non seksual juga bisa menyebabkan epididimitis, virus ini dengan mudah berpindah dari area yang terinfeksi menuju epididimis jika seseorang mempunyai infeksi saluran kencing atau prostat.

Hal ini terjadi karena adanya pengendapan urin pada epididimitis, hal ini terjadi jika ada aliran urin yang mengarah ke arah sebaliknya akibat mengangkat barang atau terlalu mengejan. Ada juga beberapa jenis obat jantung yang bisa menyebabkan peradangan pada epididimis.

konsultasi

Terdapat Trauma Akibat Cedera Yang Dialami Pada Paha

Pada kasus yang langka, infeksi tuberkulosis juga dapat menjadi salah satu faktor adanya epididimitis. Pada beberapa kasus, infeksi bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya epididimitis, kondisi ini mempunyai beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang untuk mengidap kondisi epididymitis.

Nah berikut merupakan faktor yang bisa meningkatkan resiko terserangnya epididymitis, diantaranya:

•Menjalankan hubungan seksual dengan seseorang yang mengidap penyakit menular seksual tanpa pengaman

•Seorang pria yang tidak disunat

•Mempunyai gangguan pada saluran kemih

•Terserang penyakit pembesaran prostat

Jadi sebenarnya epididimis merupakan kondisi umum yang terjadi pada pria dengan usia 19 sampai 35 tahun. Jika Anda menemukan beberapa tanda dan gejala segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terjamin. Lakukan reservasi dengan mudah di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai epididimis, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.