penyebab kutil kelamin

Penyebab Kutil Kelamin Menyerang Ibu Hamil

Kehamilan merupakan salah satu masa membahagiakan dan dinantikan semua kalangan wanita, lalu bagaimana jika wanita hamil terserang penyebab kutil kelamin?. Selama hamil, setiap wanita akan berusaha untuk menjaga kondisi fisik demi buah hati dalam kandungan.

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk dijaga ketika hamil yakni kondisi organ kewanitaan. Karena resiko mengalami berbagai penyakit kelamin tetap dapat terjadi, bahkan meningkat ketika seorang wanita hamil. Salah satunya kutil kelamin.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengan Cepat?

konsultasi

Apa Penyebab Kutil Kelamin Menyerang Ibu Hamil?

Penyebab kutil kelamin atau biasa disebut dengan kondiloma akuminata umumnya disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus. Virus hpv terdiri dari berbagai jenis, namun yang menyebabkan kutil kelamin tipe 6 dan 11. Kutil kelamin tergolong penyakit menular seksual, yakni infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, baik secara vaginal, anal, maupun oral.

Karena pada umumnya penyebab kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual, maka setiap kalangan yang aktif berhubungan seksual beresiko mengalami infeksi ini. Infeksi virus HPV pada umumnya tak akan menimbulkan gejala yang terlihat jelas. Seseorang baru menyadari adanya kutil kelamin akibat infeksi HPV ketika timbul benjolan di area kemaluan.

Beberapa Tanda Dan Gejala Kutil Kelamin Pada Ibu Hamil

•Munculnya benjolan dengan warna pucat hingga merah

•Benjolan di area kelamin dengan ukuran yang bervariasi

•Pada beberapa penderita, kutil bisa tumbuh satuan atau bergerombol dan terlihat seperti kembang kol

•Permukaanya mempunyai bentuk seperti jengger ayam

Secara umum, penyebab kutil kelamin yang muncul ketika wanita sedang mengandung dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan seperti premature, resiko keguguran, dan berat bayi rendah.

Kutil kelamin jarang menimbulkan luka organ pada janin. Beberapa hal memang menyebutkan seorang wanita dengan infeksi HPV mempunyai resiko mengalami tekanan darah tinggi ketika hamil. Namun hal tersebut menjadi masalah yang jarang terjadi.

konsultasi

penyebab kutil kelamin

Walaupun demikian, bukan berarti kutil kelamin yang hadir saat hamil bisa dibiarkan begitu saja. Sebab jika semakin membesar dan bertambah banyak sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan sejak dini. Perdarahan yang berasal dari kutil kelamin dapat memicu pembukaan leher dan sang ibu mengalami kehamilan prematur.

Tidak hanya itu, Anda juga harus berdiskusi dengan dokter mengenai pilihan cara persalinan nantinya, apakah masih memungkinkan dilakukan secara normal atau harus dengan prosedur operasi.

Diskusi ini diperlukan mengingat terdapat berbagai resiko bayi mengalami sebuah kondisi seperti tumbuhnya benjolan seperti kutil di arena nafas tengah dan bawah, apabila persalinan di jalankan secara normal. Perlu Anda ketahui, kondisi ini memang jarang terjadi, namun apa salah untuk selalu waspada.

konsultasi

Bagaimana Pengobatan Dan Pencegahannya

Kutil kelamin bisa diatasi dengan beberapa obat atau proses pembedahan. Obat-obatan yang dipilih bersifat sitotoksik yang berfungsi menghancurkan sel. Metode pembedahan dijalankan pada kutil yang berpotensi menjadi ganas dan berkembang semakin banyak setiap waktunya, serta ada beberapa lokasi yang sulit di jangkau.

Pada masa kehamilan, pengobatan kutil pada umumnya harus ditunda hingga persalinan, kecuali pada kutil yang mengalami perdarahan. Jika ada perdarahan, dokter akan segera menjalankan tindakan lebih lanjut.

Walaupun demikian, infeksi HPV tetap bisa dicegah demi meminimalisir resikonya yakni dengan menjalankan hubungan seksual secara aman, tidak berganti-ganti pasangan dan menggunakan kondom ketika berhubungan seks. Kutil kelamin saat hamil memang tidak akan menyebabkan komplikasi, namun bukan berarti Anda boleh mengabaikan hal tersebut.

Segera konsultasikan dengan dokter di Klinik Apollo Jakarta jika Anda mengalami kondisi tersebut saat hamil untuk dapatkan penanganan terbaik, demi kesehatan Anda dan sang buah hati. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyebab kutil kelamin, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.