penyakit sipilis

Penyakit Sipilis Menular Apakah Berbahaya?

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera diobatu. Penyakit sipilis dibagi menjadi beberapa tahapan. Ada berbagai tanda dan gejala yang terkait dengan setiap tahapnya. Penyakit ini mudah diobati dan dapat disembuhkan pada tahap awal, akan tetapi jika tidak melakukan pengobatan maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk kesusakan pada jantung dan otak yang dapat ureversibel (permanen).

konsultasi

Pengertian Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian dan pengobatan sesegera mungkin jika kemungkinan menderita sipilis, karena dapat menyebabkan masalah serius jika dibiarkan tidak diobati. Biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik jangka pendek.

Apa Penyebab Penyakit Ini?

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Penularan sipilis terjadi dengan kontak langsung dengan luka sipilis selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Luka dapat ditemukan di sekitar penis, vagina atau anus atau di dubur, di bibir atau di mulut. Sipilis dapat menyebar atau menular dari ibu yang terinfeksi ke bayinya yang belum lahir.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis?

Gejala-gejala sipilis tidak selalu jelas dan pada akhirnya kemungkinan hilang. Akan tetapi biasanya akan tetap terinfeksi kecuali melakukan pengobatan. Beberapa orang dengan penyakit ini tidak memiliki gejala. Gejalanya dapat termasuk:

• Luka atau bisul yang kecil tanpa rasa sakit yang biasanya muncul di penis, vagina atau di sekitar anus akan tetapi jarang terjadi di area lain seperti mulut.
• Ruam berwarna merah bernoda yang sering mempengaruhi telapak tangan atau telapak kaki.
• Pertumbuhan kulit yang kecil (mirip dengan kutil kelamin) yang dapat berkembang pada vulva pada wanita atau di sekitar anus pada pria dan wanita.
• Adanya bercak berwarna putih di mulut.
• Kelelahan, sakit kepala, nyeri sendi, demam dan kelenjar membengkak di leher, pangkal paha dan ketiak.

Jika tidak segera diobati selama bertahun-tahun, sipilis dapat menyebar atau menular ke otak atau ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan masalah serius dalam jangka panjang.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Dokter dapat melakukan pemeriskaan area genital, mulut dan tenggorokan serta melakukan pemeriksaan ruam atau pertumbuhan lainnya. Ada juga tes atau pengujian darah dan jika memiliki luka, metode usap dapat dilakukan. Jika menderita sipilis, maka harus dilakukan tes atau pengujian untuk IMS lainnya. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan tes dan pengujian agar bisa diobati. Pada kebanyakan orang yang mengalami infeksi tidak melihat adanya gejala.

penyakit sipilis

Cara Umum Mengobati Penyakit Sipilis

Sipilis biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik, pada kebanyakan orang membutuhkan pengobatan dosis tunggal. Pengobatan antibiotik bisa diberikan secara oral maupun secara intravena dan biasanya berlangsung selama 2 minggu hingga 4 minggu tergantu pada berapa lama menderita penyakit ini.

Usahakan hindari semua jenis aktifitas seksual atau menutup semua kontak seksual dengan orang lain setidaknya 2 minggu setelah pengobatan selesai. Pengobatan ini harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Untuk lebih jelasnya segera hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor telepon 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Dengan begitu penyakit Anda bisa segera ditangani dengan pengobatan terbaik di Klinik Apollo.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.