penyakit reproduksi

Penyakit Reproduksi Seksual Rentan Pada Wanita

Penyakit reproduksi tidak hanya terjadi akibat hubungan seksual yang dijalankan oleh pasangan saja, namun penyebarannya bisa terjadi dari seorang ibu ke janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, perkembangan terjadi pada seseorang yang menggunakan jarum suntik secara bergantian atau berulang kali dengan beberapa kalangan.

Baca juga: Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Pria

konsultasi

Beberapa Penyakit Reproduksi Seksual Rentan Pada Wanita

Sebagai wanita, Anda harus selalu waspada dengan penyakit menular seksual yang terkadang datang dengan berbagai gejala yang tidak disadari. Berikut beberapa jenis penyakit menular seksual yang sering dialami kalangan wanita.

Penyakit reproduksi seksual menular dapat disebut dengan penyakit kelamin. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi yang mudah ditularkan melalui hubungan seksual tidak sehat dan aman. Penyebarannya sendiri bisa melalui cairan, darah, sperma, vagina, atau cairan tubuh lainnya.

Gonore atau kencing nanah

Kencing nanah menjadi salah satu jenis penyakit reproduksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Selain terjadi pada kelamin, infeksi ini bisa menular pada tubuh bagian lain melalui cairan sperma atau vagina. Biasanya bagian tubuh yang beresiko terserang vagina yakni rectum, tenggorokan dan mata.

Gejala gonore yang muncul yakni sering buang air kecil, sekresi vagina yang encer, dan berwarna kuning atau hijau, terdapat sensasi perih dan nyeri ketika buang air kecil, perdarahan sebelum atau setelah berhubungan seksual, rasa nyeri pada perut bagian bawah ketika berhubungan seksual dan rasa gatal pada area sekitar vagina.

konsultasi

 penyakit reproduksi

Klamydia

Salah satu tanda seseorang mengidap kondisi ini yakni adanya perubahan pada sekresi vagina. Penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri klamidia trachomatis. Klamidia ini merupakan jenis penyakit reproduksi seksual menular yang sering terjadi. Bahkan beberapa penderita dapat dengan mudah menularkan bakteri kepada pasangan seksualnya tanpa disadari.

Klamidia pada kalangan wanita menimbulkan gejala seperti mengalami pendarahan ketika menstruasi lebih banyak dari biasanya, pendarahan yang terjadi di luar siklus haid, nyeri pada perut bagian bawah, adanya sensasi panas, perih dan sakit ketika buang air kecil serta rasa nyeri ketika berhubungan seksual.

Chancroid

Infeksi menular seksual ini disebabkan bakteri jenis haemophilus ducreyi. Tanda dan gejala awal pada penderita kondisi ini pada umumnya timbul bisul kecil di kelamin yang muncul kurang lebih 14 hari setelah seseorang terserang bakteri. Lalu benjolan ini akan berubah menjadi luka keesokan harinya.

konsultasi

Sifilis

Sipilis mempunyai nama lain raja singa, yakni sebuah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh jenis bakteri treponema pallidum. Kondisi ini akan memberi gejala awal luka pada kelamin atau mulut. Luka tersebut memang tidak akan terasa nyeri, namun dari lesi tersebut dapat menularkan infeksi kepada orang lain.

Luka ini akan bertahan setidaknya selama setengah bulan, setelahnya akan menghilang dengan sendirinya. Infeksi tersebut bisa berlanjut pada tahap yang semakin parah dalam jangka waktu kurang lebih 10 minggu jika tidak segera ditangani. Gejala lain yang timbul yakni nyeri pada sendi, demam, dan rasa nyeri di bagian kepala.

Anda dapat mencegah kondisi tersebut dengan cara tidak menjalankan hubungan seksual bersama banyak kalangan dan jangan lupa gunakan pengaman ketika berhubungan seksual.

Jika Anda mempunyai salah satu gejala infeksi menular, segera konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk dapatkan penanganan terjamin. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit reproduksi, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.