penyakit jengger ayam

Penyakit Jengger Ayam Atau Kondiloma Akuminata

Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah kondisi yang sangat umum disebabkan oleh tipe virus tertentu. Kutil ini bisa sangat menyebalkan, akan tetapi bisa diobati dan tidak terlalu berbahaya. Penyakit jengger ayam adalah benjolan berwarna kulit atau berwarna putih yang muncul pada alat kelamin atau pada anus. Selain itu juga adanya virus yang dapat menyebabkan kutil akan tetapi tidak memiliki gejala yang terlihat.

konsultasi

Pengertian Umum Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam adalah pertumbuhan lunak yang muncul pada alat kelamin. Kutil ini adalah infeski menular seksual (IMS) yang disebabakn oleh strain virus tertentu. Penyakit jengger ayam dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan terasa gatal-gatal. Virus ini adalah virus yang paling umum dari semua IMS.

Pria maupun wanita yang aktif secara seksual rentan terhadap komplikasi virus termasuk kutil kelamin. Infeksi virus ini sangat berbahaya pada wanita karena beberapa jenis virus juga dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) dan kanker vulva. Dengan pengobatan bisa mengelola infeksi ini.

Apa Yang Menjadi Penyebab Utama Penyakit Ini?

Penyakit jengger ayam muncul pada kulit di sekitar alat kelamin dan anus. Kutil ini disebabkan oleh bebenara jenis Human Papilloma Virus (HPV). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker, akan tetapi bukan jenis yang sama yang menyebabkan kutil kelamin. HPV bisa menjadi penyakit kelamnin yang sangat rumit untuk dimengerti.

Ini adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum, akan tetapi sebagian besar dapat hilang dengan sendirinya. Terkadang beberapa jenis berisiko tinggi. HPV dapat berkembang menjadi kanker jika tidak segera ditangani. Jenis HPV berisiko rendah lainnya dapat menyebabkan kutil pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), dubur, anus, penis atau skrotum. Kutil sangat umum dan pada kebanyakan orang mengalami setiap tahunnya.

konsultasi

Apa Saja Tanda Gejala Penyakit Jengger Ayam?

Kutil kelamin terlihat seperti benjolan berwarna kulit atau berwarna putih yang muncul pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), penis, skrotum atau anus. Kutil ini terlihat seperti bunga kol. Kutil dapat tumbuh secara tunggal atau berkelompok dan besar atau kecil. Kemungkinan juga terasa gatal, akan tetapi sebagian besar tidak terasa sakit. Tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil. Ada infeksi lain dan kondisi kulit normla yang kemungkinan terlihat seperti kutil akan tetapi ada sesuatu yang lainnya. Jika merasakan memiliki kutil kelamin maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter menanyakan mengenai kesehatan dan riwayat seksual. Tremasuk gejala yang pernah dialami dan setiap kali melakukan hubungan seksual termasuk seks oral tanpa kondom atau bendungan oral. Dokter juga melakukan pemeriksaan fisik pada area manapun yang terdapat kutil.

Pada wanita, kutil dapat tumbuh di dalam tubuh oleh karena itu dilakukan pemeriksaan panggul (pelvic). Selain itu juga dengan melakukan tes atau pengujian pap smear yang melibatkan pengambilan swab dan area tersebut untuk mendapatkan sel-sel dari serviks (leher rahim). Sel-sel ini kemudian dapat dilakukan tes dan pengujian untuk keberadaan HPV.

Jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal (tidak normal) pada tes pap yang dapat mengindikasi perubahan prekanker. Jika dokter mendeteksi kelainan ini, kemungkinan harus melakukan skrining lebih sering untuk memantau setiap perubahan atau prosedur khusus yang disebut kolposkopi. Jika seorang wanita merasa khawatir memiliki HPV yang diketahui penyebab kanker serviks (leher rahim), dokter kemungkinan dapat melakukan tes atau pengujian DNA. Untuk menentukan jenis HPV yang dimiliki. Tes atau pengujian HPV untuk pria belum tersedia.

penyakit jengger ayam

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam Dengan Benar?

Ada beberapa cara berbeda untuk mengobati kutil kelamin tergantung dimana kutil berada dan seberapa banyak kutil yang menutupi. Semua pengobatan dan semua prosedur dapat memiliki efek samping, biaya dan manfaat yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter untuk memutuskan pengobatan kutil yang terbaik. Pengobatannya diantaranya:

• Pengobatan untuk kutil agar hilang dan berhenti tumbuh. Biasanya pengobatannya dalam 1 minggu 1 kali selama beberapa minggu.
• Pengobatan resep dokter selama beberapa minggu.
• Membekukan kutil (Cryotherapy).
• Membakar kutil.

Beberapa pengobatan ini kemungkinan terdengar menakutkan, akan tetapi semuanya dapat menghilangkan kutil yang menghilangkan gejala apapun dan dapat menurunkan peluang untuk menghindari infeksi HPV yang menularkan ke orang lain. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan untuk mematikan rasa dan membuat lebih nyaman.

Meskipun tidak ada pengobatan untuk jenis HPV yang menyebabkan kutil, namun ada pengobatan vaksin yang dapat mencegah sebagian besar kutil kelamin dan jenis kanker tertentu. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengobatan ini, hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.