penyakit herpes kelamin adalah

Penyakit Herpes Kelamin Adalah Penyakit Dengan Luka Melepuh

Penyakit herpes kelamin adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus ini mempengaruhi genitalia eksternal, area anus, permukaan mukosa dan kulit di bagian lain di tubuh. Penyakit herpes kelamin adalah kondisi dalam jangka panjang. Namun pada kebanyakan orang tidak pernah memiliki gejala meskipun kondisinya pembawa virus. Gejalanya meliputi lepuhan, borok, nyeri saat kencing, luka dan keputihan atau cairan berwarna putih. Meskipun tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin ini, namun dapat diobati dengan menggunakan pengobatan atau obat-obatan yang efektif.

konsultasi

Arti Dari Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Penyakit herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum dan disebabkan oleh virus. Kontak seksual adalah cara utama penyebaran atau penularan virus. Setelah infeksi awal, virus ini tidak aktif ditubuh dan dapat diaktifkan kembali beberapa kali dalam 1 tahun. Penyakit herpes kelamin dapat menyebabkan rasa sakit, terasa gatal dan luka di area genital.

Akan tetapi kemungkinan tidak adanya gejala penyakit herpes kelamin. Jika terinfeksi, maka dapat menular meskipun tidak adanya luka yang terlihat. Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin, akan tetapi dengan melakukan pengobatan dapat meringankan gejalanya dan dapat mengurangi risiko penularan pada orang lain. Kondom juga dapat membantu mencegah penyebaran atau penulatan infeksi penyakit herpes kelamin.

Penyebab Utama Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Penyebab penyakit herpes kelamin adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. HSV tipe 1 yang biasanya menyebabkan luka dan HSV tipe 2 yang biasanya menyebabkan penyakit herpes kelamin. Virus masuk ke tubuh melalui selaput lendir. Selaput lendir adalah lapisan yang tipis jaringan yang melapisi bukaan pada tubuh. Selaput lendir ini ditemukan di hidung, di mulut dan di alat kelamin.

Setelah virusnya berada di dalam tubuh, kemudian masuk ke dalam sel dan kemudian berada di sel-sel saraf panggul (pelvic). Virus cenderung berkembang biak atau beradaptasi dengan lingkungannya yang membuat sulit untuk diobati. HSV tipe 1 atau HSV tipe 2 dapat ditemukan dalam cairan tubuh seseorang yang terinfeksi termasuk pada air liur, air mani dan sekresi vagina.

konsultasi

Apa Saja Tanda Tanda Penyakit Herpes Kelamin?

Beberapa orang dengan penyakit herpes kelamin tidak memiliki gejala, akan tetapi biasanya gejalanya muncul dalam beberapa minggu setelah infeksi. Gejala beberapa orang sangat ringan sehingga tidak disadari jika mengalami paparan. Gejalanya dapat termasuk:

• Lepuhan
Rasa nyeri dan gatal dari luka dapat muncul pada area di sekitar vagina, penis, mulut, anus atau pada bagian lain dari tubuh. Setelah lukanya pecah, maka akan sangat sakkt. Lepuhan biasanya sembuh dalam 7 hari hingga 10 hari. Virus akan tetap berada di tubuh sehingga luka bisa kambuh kembali terutama jika sedang stress, bahka tanpa melakukan hubungan seksual. Gejalanya dapat dipicu oleh menstruasi, stress atau cedera. Gejalanya cenderung tidak separah saat pertama kali muncul.

• Gejala Lainnya
Kemungkinan merasakan perasaan seperti kesemutan sebelum gejalanya terasa. Infeksi yang pertama dapat menyebabkan rasa sakit, terasa gatal, demam, perasaan terbakar saat kencing, nasfu makan menurun, perasaan tidak sehat secara umum, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha, keputihan atau adanya cairan yang berwarna putih.

konsultasi

Apakah Bisa Penyakit Herpes Kelamin Didiagnosis?

Dokter biasanya dapat mendiagnosis infeksi penyakit herpes kelamin dengan melakukan pemeriksaan visual dari penyakit herpes kelamin. Meskipun tidak selalu diperlukan, dokter dapat mendiagnosisnya melalui tes atau pengujian di laboratorium. Tes atau pengujian darah juga dapat mendiagnsois HSV sebelum mengalami gejala. Konsultasikan dengan dokter jika merasa telah terpapar penyakit herpes kelamin meskipun belum mengalami adanya gejala apapun.

penyakit herpes kelamin adalah

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Kelamin?

Pengobatan penyakit herpes kelamin adalah pengobatan yang dapat mengurangi gejala, akan tetapi tidak dapat menyembuhkan dari HPV. Penyakit herpes kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan harus diobati dengan pengobatan antivirus. Berikut pengobatannya:

• Obat-Obatan
Pengobatan antivirus dapat membantu mempercepat waktu penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit. Pengobatan dapat dilakukan pada tanda-tanda pertama gejala (seperti kesemutan, terasa gatal dan gejala lainnya) untuk mengurangi gejala yang ada. Orang-orang yang trekena gejala kemungkinan juga diresepkan pengobatan untuk mengurangi terkena gejala di masa yang akan datang (kekambuhan).

• Pengobatan Lainnya
Dengan menggunakan pembersih yang ringan saat mandi atau dengan air hangat. Selalu menjaga area yang terinfeksi tetap bersih dan tetap kering. Selalu kenakan pakaian berbahan katun dan longgar untuk menjaga area tetap nyaman.

Untuk lebih jelas mengenai pengobatan ini. Segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter di Klinik Apollo. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Selain biayanya yang terjangkau, pelayanannya juga sangat baik dan sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.