penyakit herpes

Penyakit Herpes Dan Cara Mengobatinya

Penyakit herpes adalah penyakit kulit yang sangat umum. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat mempengaruhi mulut (oral) dan area di sekitar penis atau vagina (genital), paha atau bokong bagian atas. Sebagian besar, sulit untuk melihat adanya penyakit ini, jadi pada kebanyakan orang tidak mengetahui saat memilikinya. Luka dan lepuhan demam adalah contoh penyakit herpes di mulut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes?

Penyakit herpes adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Virus ini dapat menyebabkan luka yang menyakitkan di berbagai bagian tubuh. Ada dua jenis utama virus yaitu:

• Virus tipe 1 yang biasanya menyebabkan luka di sekitar mulut (herpes oral).
• Virus tipe 2 yang biasanya menyebabkan luka di area genital (herpes genital).

Penyakit herpes menyebar atau menular melalui kontak langsung dengan luka. Virus tipe 2 biasanya menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal. Terkadang penyakit ini dapat menyebar atau menular bahkan jika tidak ada luka yang terlihat.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penyakit herpes genital ditularkan melalui kontak kulit ke kulit yang dekat. Terkadang dapat menyebar atau menular bahkan ketika seseorang tersebut dengan infeksi yang tidak memiliki gejala virus (tidak ada lepuhan atau luka). Herpes Simpleks Virus (HSV) juga dapat ditularkan selama seks oral dari luka di mulut ke area genital.

Virus memasuki tubuh melalui celah-celah yang kecil di kulit atau melalui lapisan lembut pda mulut, vagina, anus, uretra (saluran kemih) dan di bawah kulit khatan. Herpes genital paling menular dari tanda-tanda pertama luka berkembang (termasuk kesemutan dan mati rasa) hingga keropeng hilang. Penularan herpes tidak terjadi jika mengobatinya sejak dini kecuali memiliki kontak kulit ke kulit dengan area yang terinfeksi. Herpes genital dapat menjadi tidak aktif dalam tubuh untuk waktu yang lama dan pada kebanyakan orang tidak menyadari saat adanya virus. Herpes genital dapat terjadi bahkan dalam hubungan monogami jangka panjang.

konsultasi

Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Herpes

Pada kebanyakan orang yang menderita herpes memiliki gejala yang ringan atau tidak adanya gejala sama sekali, akan tetapi beberapa orang sangat terpengaruh. Gejalanya bervariasi dari orang ke orang, akan tetapi gejala klasik herpes genital adalah:

• Terasa menyengat atau kesemutan di area yang terkena.
• Lepuhan berisi cairan yang kecil yang biasanya pecah dalam beberapa hari lalu meninggalkan luka berwarna merah yang kecil dan menyakitkan.

Lepuhan, kulit yang pecah atau ruam ditemukan di area di mana ada kontak kulit ke kulit selama hubungan seksual, pada penis pada pria dan pada labia, klitoris dan vulva pada wanita. Infeksi juga dapat terjadi di anus atau di bokong dan paha bagian dalam. Gejala genital herpes yang pertama bisa menjadi yang terburuk dengan gejala seperti flu atau demam, sakit kepala dan kelenjar yang bengkak dan terkadang sulit kencing.

HSV tipe 1 cenderung dikaitkan dengan gejala yang kurang parah dan lebih jarang dibandingkan dengan HSV tipe 2. Gejala ini bisa bertahan selama 7 hari hingga 10 hari. Pada kebanyakan orang menemukan gejalanya cenderung menjadi lebih ringan dan lebih jarang dari waktu ke waktu dan pada kebanyakan orang akhirnya tidak memiliki gejala sama sekali.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Ada pengobatan untuk herpes genital dan gejalanya, akan tetapi tidak ada pengobatan untuk virusnya. Meskipun lukanya sembuh, virus tetap berada di saraf area kulit yang terinfeksi dan bisa mengalami lebih banyak gejala. Gejala pertama herpes genital biasanya diobati dengan pengobatan antivirus yang diresepkan oleh dokter.

Cara terbaik untuk melakukan pengobatan mulai dari 72 jam dari gejala untuk membantu menghilangkan gejalanya lebih cepat. Pada kebanyakan orang, gejalanya akan muncul kembali setidaknya sekali dalam seumur hidup. Ketika gejalanya kembali, kemungkinan tidak memerlukan pengobatan jika gejalanya ringan. Jika gejalanya sering dan parah, dokter akan meresepkan pengobatan antivirus untuk mengendalikannya. Pengobatan antivirus hanya dapat dilakukan pada saat gejalanya ada atau dengan dosis yang rendah dilakukan setiap hari untuk orang-orang yang sering mengalami gejala.

penyakit herpes

Cara Ampun Menangani Penyakit Herpes

Penyakit herpes tidak bisa disembuhkan. Setelah virus memasuki tubuh, pengobatan tidak bisa menyingkirkannya. Akan tetapi ada cara untuk mengobati herpes yang dapat menurunkan jumlah gejala herpes yang dimiliki. Herpes biasanya tidak berbahaya, akan tetapi dapat memudahkan untuk terpapar HIV jika terpajan.

Pengobatan antivirus oral dapat mempersingkat gejala herpes dalam 1 hari hingga melakukannya dalam waktu 24 jam dari tanda-tanda pertama gejala.. Pengobatan herpes juga dapat mengurangi jumlah kekambuhan dan mengurangi virus. Pengobatan dapat dengan aman melanjutkan rejimen pengobatan selama 3 tahun atau lebih, dengan sedikit efek samping.

Akan tetapi dokter merekomendasikan untuk mengevaluasi kembali penyakitnya setiap tahun, karena penyakitnya dapat berubah menjadi kurang umum seiring bertambahnya usia. Kenakan celana dalam berbahan katun dan jika memungkinkan pakaian longgar. Pengobatan antiinflamasi nonsteroid juga disarankan untuk meredakan demam, sakit kepala atau gejala nyeri lainnya.

Selama gejala, gunakan handuk terpisah pada alat kelamin daripada yang gunakan pada seluruh tubuh dan cuci setelah digunakan. Untuk menghindari iritasi pada luka genital, maka dapat mencoba menggunakan pengering rambut pada pengaturan rendah daripada handuk untuk mengeringkan area genital setelah mandi.

Untuk lebih jelasnya lakukan konsultasi atau pemeriksaan secara langsung dengan dokter di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikan melalui layanan dibawah ini. Tidak hanya itu biaya pengobatan yang dikeluarkan juga sangat terjangkau. Percayakan pengobatan herpes Anda di Klinik Apollo.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.