penyakit gonore

Penyakit Gonore Bisa Diobati Dengan Pengobatan Yang Ampuh

Penyakit gonore adalah infeksi bakteri yang dapat menginfeksi selaput lendir saluran reproduksi termasuk serviks (leher rahim), uterus dan saluran tuba pada wanita serta uretra pada wanita dan pria. Infeksi bakteri ini juga dapat menginfeksi selaput lendir mulut, tenggorokan, mata dan dubur. Penyakit gonore adalah infeksi bakteri yang ditularkan selama aktifitas seksual.

Wanita yang terinfeksi penyakit ini kemungkinan tidak memiliki gejala apapun. Gejala nya yang umum termasuk keputihan dan rasa sakit saat kencing. Penyakit ini diobati dengan pengobatan antibiotik. Penyakit ini dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID), tubo ovarium abses dan infertilitas atau kemandulan.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Gonore

Penyakit gonore adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh organisme yang ditularkan selama hubungan seks tanpa kondom. Penyakit ini adalah salah 1 PMS tertua yang diketahui. Diantara seseorang yang terinfeksi penyakit ini juga akan terinfeksi klamidia yaitu jenis bakteri lain yang dapat menyebabkan PMS lain.

Penyakit ini tidak dapat ditularkan dari kursi toilet atau gagang pintu. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk pertumbuhan dan reproduksi. Tidak bisa hidup diluar tubuh selama lebih dari beberapa detik atau beberapa menit, juga tidak bisa hidup di kulit tangan, lengan atau kaki.

Bakteri ini hanya dapat bertahan pada permukaan yang lembab di dalam tubuh dan ditemukan paling umum di vagina dan di serviks (leher rahim). Selain itu juga bisa hidup di dalam tabung (uretra) area urine mengalir dari kandung kemih. Bakteri ini bisa berada di tenggorokan (seks oral) dan di dubur (seks anal).

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penyakit gonore ditularkan melalui kontak seksual dengan penis, vagina, mulut atau anus dari pasangan yang terinfeksi oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Ejakulasi tidak harus terjadi untuk menularkan penyakit ini. Penyakit ini juga dapat menyebar atau menular dari ibu ke bayinya selama persalinan. Seseorang yang pernah menderita penyakit ini maka harus melakukan pengobatan namun bisa terinfeksi kebali jika melakukan kontak sekusal dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini.

Baca Juga : Apakah Gonorhea Dapat Diobati Dan Dicegah?

konsultasi

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Gonore

Sebagian besar wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala terutama pada tahap awal infeksi. Gejala dan tanda penyakit gonore dapat meliputi:

• Terasa terbakar.
• Sering kencing yang menyakitkan.
• Keputihan atau cairan yang berwarna kekuningan.
• Kemerahan dan pembengkakan pada alat kelamin.
• Rasa terbakar atau gatal di area vagina.
• Sakit tenggorokan.

Jika penyakit ini tidak segera diobati maka dapat menyebabkan infeksi panggul (pelvic) yang parah dengan radang saluran telur dan ovarium. Infeksi ini pada tuba fallopi dapat menyebabkan infeksi panggul (pelvic) yang serius dan menyakitkan yang dikenal dengan penyakit radang panggul (PID) PID dapat terjadi pada kebanyakan wanita dengan infeksi serviks (leher rahim) uterus.

Gejala infeksi panggul (pelvic) termasuk demam, kram panggul (pelvic), nyeri panggul (pelvic) atau nyeri saat berhubungan seksual. Infeksi panggul (pelvic) dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil bahkan infertilitas atau kemandulan karena kerusakan atau obstruksi tuba. Terkadang jika infeksinya cukup parah, area infeksi lokal dan keluarnya nanah (abses) terbantuk (abses tubo ovarium) yang dapat mengancam jiwa dan operasi besar kemungkinan diperlukan. Infeksi penyakit pada seseorang dengan kondisi yang menyebabkan fungsi kekebalan tubuh tertekan serius seperti AIDS atau Imunosupresif dapat menjadi lebih serius.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Tes atau pengujian untuk penyakit ini dilakukan dengan metode usap area yang terinfeksi seperti rektum, tenggorokan dan serviks (leher rahim) dan mengidentifikasi bakteri di laboratorium baik melalui pembiakan bahan dari swab (tumbuhnya bakteri) atau mengidentifikasi bahan genetik dari bakteri.

Terkadang tes atau pengujian tidak menunjukkan bakteri karena kesalahan pengambilan sampel atau kesulitan teknis lainnya bahkan ketika memiliki infeksi. Tes atau pengujian untuk mendiagnosis penyakit ini melibatkan penggunaan probe DNA atau teknik amplifikasi untuk mengidentifikasi bahan genetik bakteri.

penyakit gonore

Cara Mengobati Penyakit Gonore Dengan Cepat

Dokter mengobati penyakit ini dengan pengobatan antibiotik. Membutuhkan 2 pengobatan antibiotik karena kuman penyakit ini tidak dapat dibunuh hanya dengan 1 pengobatan antibiotik. Pengobatan antibiotik yang pertama diberikan sebagai pengobatan intravena dan pengobatan antibiotik yang ke 2 diberikan sebagai pengobatan oral.

Semua pasangan seksual harus melakukan pengobatan bahkan jika tidak memiliki gejala. Jika seseorang masih memiliki gejala setelah melakukan pengobatan, kemungkinan harus melakukan pengobatan dengan pengobatan antibiotik yang berebda atau kemungkinan telah terinfeksi penyakitnya lagi.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatannya bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan online kami seperti dibawah ini. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan terbaiknya. Selain itu biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Pencegahan Penularan Infeksi Gonore

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.