penyakit gonore adalah

Penyakit Gonore Adalah Kencing Nanah Menular

Penyakit gonore adalah infeksi yang menyebar atau infeksi yang menular melalui kontak seksual dengan orang lain. Kuman penyakit gonore ditemukan di area lendir tubuh (vagina, penis, tenggorokan dan dubur). Penyakit gonore terkadang disebabkan oleh jenis bakteri tertentu dan paling sering menginfeksi penis atau vagina, akan tetapi juga dapat menginfeksi dubur, tenggorokan dan mata.

konsultasi

Pengertian Penyakit Gonore Adalah

Penyakit gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) ke 2 yang paling umum setelah klamidia. Infeksi penyakit gonore disebabkan oleh bakteri dan menyebar atau menular melalui kontak seksual. Seseorang dapat tertular infeksi penyakit gonore melalui selaput lendir (area kulit luar bertemu jairngan lunak, lembab dan dalam). Termasuk saluran reproduksi wanita, anus, bagian dalam kelopak mata, uretra dan tenggorokan.

Penyebab Umum Penyakit Gonore Adalah

Penyebab umum penyakit gonore adalah bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang hidup di area tubuh yang lembab seperti vagina, penis, mata, tenggorokan dan dubur. Penularan penyakit gonore dari kontak dengan salah 1 area yang terinfeksi yang mencakup semua jenis seks termasuk seks oral, seks vaginal dan seks anal.

Penyakit gonore adalah infeksi bakteri. Seseorang dapat terinfeksi ketika bakterinya memasuki celag apapun di tubuh termasuk penis, anus, vagina atau mulut. Area infeksi yang paling umum pada wanita adalah serviks (leher rahim), lubang dari vagina ke rahim. Pada pria, infeksi paling sering muncul di uretra yaitu tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh.

konsultasi

Tanda-Tanda Pada Penyakit Gonore

Pria yang terinfeksi penyakit gonore akan merasakan seperti terbakar saat kencing dan adanya cairan berwarna putih kekuningan dari penis. Dan beberapa wanita dengan gejala tersebut akan merasakan cairan yang keluar dari vagina dan kemungkinan beberapa terasa seperti terbakar saat kencing. Infeksi di tenggorokan dan di rektum dapat menyebabkan beberapa gejala.

Gejala infeksi penyakit gonore berbeda pada pria dan wanita. Sese orang dengan infeksi penyakit gonore terutama wanita kemungkinan tidak memiliki gejala sama sekali. Namun jika gejalanya muncul, biasanya muncul antara 2 hari hingga 7 hari setelah infeksinya tertular. Pada pria yang memiliki gejala antara lain:

• Sensasi terbakar saat kencing.
• Cairan berwarna kekuningan atau putih dari penis.
• Terasa terbakar atau terasa gatal pada pembukaan penis.
• Testis yang menyakitkan atau bengkak.

Pada wanita, gejala awal penyakit gonore adalah seringkali terasa ringan dan tidak spesifik dan sering keliru dengan gejala infeksi kandung kemih atau gejala infeksi vagina dan banyak yang terinfeksi tidak memiliki gejala sama sekali. Pada wanita yang mengalami gejala antara lain adalah:

• Sensasi terbakar saat kencing.
• Keputihan.
• Terasa sakit di perut bagian bawah.
• Rasa sakit saat berhubungan seksual.
• Perdarahan vagina antar periode atau setelah berhubungan seksual.

Pada wanita dengan gejala yang ringan atau tanpa adanya gejala masih berisiko mengalami komplikasi serius akibat infeksi. Pada pria dan wanita, penyakit gonore dapat menginfeksi rektum. Gejala infeksi dubur dapat meliputi:

• Terasa gatal pada anal.
• Rasa sakit.
• Berdarah.
• Buang air besar (BAB) yang menyakitkan.

Seseorang yang terinfeksi melalui seks oral kemungkinan menderita sakit tenggorokan, namun biasanya tidak memiliki gejala lain. Bahkan tanpa adanya gejala, penyakit gonore dapat ditularkan ke orang lain. Seseorang yang berisiko harus melakukan tes dan pengujian. Pengujian untuk penyakit gonore dapat dilakukan dengan tes atau pengujian urine sederhana atau swab. Namun penyakit gonore dapat diobati dengan pengobatan antibiotik.

konsultasi

Penyakit Gonore Dan Cara Mendiagnosisnya

Tes atau pengujian urine yang sederhana dan tidak menyakitkan dapat dilakukan pada penderita penyakit gonore. Dokter kemungkinan menyarankan untuk sampel usap dari vagina, serviks (leher rahim), uretra, rektum atau tenggorokan selama pemeriksaan fisik. Sejumlah tes dan pengujian di laboratorium dapat dilakukan untuk mendiagnosis penyakit gonore.

Dokter dapat mengambil sampel cairan dari serviks (leher rahim) atau penis dan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Tes atau pengujian urine juga dapat dilakukan. Jika bayi baru lahir terdapat cairan yang keluar dari matanya maka harus dilakukan tes atau pengujian mikroskopik dan kultur.

Ketika penyakit gonore didiagnosis, penderitanya harus melakukan tes atau pengujian untuk infeksi. Ketika penyakit gonore diuji untuk IMS seperti sipilis (raja singa), HIV, infeksi klamidia atau hepatitis B. Infeksi penyakit gonore dan klamidia sering terjadi pada saat yang bersamaan. Pasangan seksual dari seseorang yang terinfeksi juga harus melakukan tes atau pengujian untuk IMS.

penyakit gonore adalah

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Gonore?

Penyakit gonore adalah penyakit yang diobati dengan pengobatan antibiotik. Semua jenis penyakit gonore dapat dismebuhkan akan tetapi beberapa jenis menjadi lebih kebal terhadap banyaknya pengobatan. Pada kebanyakan strain penyakit gonore, banyak yang kebal terhadap pengobatan yang direkomendasikan sebelumnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit gonore, maka harus meningkatkan resistensi antimikroba juga.

Jika didiagnosis menderita penyakit gonore, selalu pastikan untuk mengobatinya dengan dokter dan direkomendasikan pengobatan tindak lanjut. Pasangan seksual juga membutuhkan pengobatan. Untuk menghindari infeksi berulang, penting juga untuk menghindari aktifitas seksual tanpa kondom dengan pasangan seksual sehingga bisa menyelesaikan pengobatan dengan cepat.

Kondom bisa menjadi pelindung terbaik, namun tidak sepenuhnya. Lakukan konsultasi di Klinik Apollo untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pengobatan penyakit gonore. Anda bisa menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi seperti dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.