cara mengobati sipilis

Penanganan Dan Cara Mengobati Sipilis Yang Tepat

Bagaimana cara mengobati sipilis dengan benar? Sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian dan pengoban sesegera mungkin jika menderita sipilis, karena dapat menyebabkan masalah serius jika hanya dibiarkan dan tidak diobati dengan cepat. Cara mengobati sipilis dengan pengobatan antibiotik yang singat. Penularannya lebih dari 1 kali bahkan jika pernah diobati karena sipilis.

konsultasi

Apa Pengertian Sipilis Itu?

Sipilis adalah penyakit yang sangat menular juga dapat ditularkan, akan tetapi penularan lebih jarang terjadi melalui transfusi darah atau dari ibu ke janin di dalam rahim. Tanpa adanya pengobatan, sipilis dapat menyebabkan kerusakan secara permanen pada otak, saraf dan jaringan tubuh. Gejala-gejala sipilis dapat meniru berbagai penyakit.

Penyebab Utama Sipilis Menular

Sipilis adalah penyakit menular yang biasanya ditularkan secara seksual. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Bakteri ini dapat menembus kulit luka atau selaput lendir. Penularan paling sering terjadi ketika 1 orang bersentuhan dengan luka pada orang yang terinfeksi melalui aktifitas seksual. Pria lebih rentan terkena sipilis daripada wanita. Penyakitnya aktif dan ditemukan paling sering diantara pria dan wanita berusia 15 tahun hingga 39 tahun.

konsultasi

Ketahui Beberapa Tanda-Tanda Sipilis

Sipilis dapat berkembang melalui beberapa tahapan yang berbeda, yaitu dapat meliputi:

• Tahap Primer
Tahap primer biasanya muncul dengan luka di area infeksi. Luka ini disebut chancre. Luka ini biasanya muncul seperti kawah tanpa rasa sakit pada alat kelamin pria dan wanita, meskipun adanya bagian tubuh yang berisiko. Semua orang yang menyentuh luka yang terinfeksi maka dapat terinfeksi juga. Luka awal dapat berkembang dalam 2 minggu hingga 3 minggu setelah infeksi. Meskipun rasa sakitnya hilang, namun penyakitnya tidak dapat hilang namun dapat berkembang ke tahap sekunder.

• Tahap Sekunder
Tahap sekunder dapat berkembang dala 4 minggu hingga 10 minggu setelah chancre. Tahap ini memiliki banyak gejala. Kemungkinan terlihat seperti sejumlah penyakit lain. Tahap ini bisa hilang tanpa adanya pengobatan, akan tetapi penyakit ini kemudian dapat memasuki tahap selanjutnya. Kondisi ini adalah gejala tahap sekunder yang paling sering terjadi seperti demam, nyeri sendi, nyeri otot, sakit tenggorokan, gejala seperti flu, ruam di seluruh tubuh (pada telapak tangan dan telapak kaki), sakit kepala, nafsu makan menurun, kerontokan rambut yang merata dan pembengkakan kelenjar getah bening.

• Tahap Laten
Tahap awal (12 bulan pertama setelah infeksi) ditandai dengan tidak adanya gejala. Namun penderita pada tahap ini masih dapat menularkannya. Tahap laten lanjut adalah tahap tanpa adanya gejala ketika infeksinya terjadi lebih dari 12 bulan sebelumnya dan penderitanya umumnya tidak dapat menularkannya. Namun penularan infeksi dari ibu ke janin atau melalui transfusi darah.

• Tahap Tersier
Sebagian orang dengan sipilis tahap laten akan berkembang setelah bertahun-tahun (beberapa dekade) menjadi tahap tersier. Selama tahap ini, jantung, otak, kulit dan tulang sangat berisiko.

• Tahap Bawaan
Tahap bawaan terjadi setelah janin terinfeksi di dalam rahim. Bentuk sipilis ini dapat menyebabkan kelainan pada gigi, masalah tulang, pembesaran hati, limpa, ginjal, infeksi otak, kegagalan untuk tumbuh dan berkembang, pembengkakan kelenjar getah bening, kulit menguning (jaundice), jumlah darah rendah dan ruam pada kulit.

konsultasi

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?

Bagaimana cara mengobati sipilis dengan mendiagnosiskannya terlebih dahulu? Sipilis dapat serupa sebagai penyakit apapun. Dokter biasanya menanyakan mengenai penggunaan kondom dan pasangan seksual penderitanya yang menunjukkan gejala yang serupa. Dokter akan mencari luka tunggal tanpa rasa sakit pada alat kelamin pria atau wanita. Mulut, anus dan bagian lain dari tubuh juga dapat menjadi area infeksi awal. Kelenjar getah bening di dekat luka kemungkinan bengkak.

Selama tahap primer, kemungkinan sampel luka dan melakukan pemeriksaan mikroskop dilakukan. Tes atau pengujian ini kemungkinan berguna selama tahap sekunder. Tahap sekunder sering muncul dengan ruam difus dan pembengkakan kelenjar getah bening. Selain itu juga dengan menanyakan mengenai perkembangan ruam.

Luka pada telapak tangan dan pada telapak kaki dapat dibuat diagnosis sipilis. Tes atau pengujian darah adalah hasil diagnosis selama tahap sekunder. Selama tahap tersier, kemungkinan dengan sampel cairan tulang belakang untuk memeriksa infeksi dan untuk mengukur keberhasilan pengobatan.

cara mengobati sipilis

Bagaimana Cara Mengobati Sipilis Dengan Cepat?

Berbeda dengan diagnosis, cara mengobati sipilis dapat dilakukan cukup mudah. Selama tahap primer, tahap sekunder dan tahap laten, cara mengobati sipilis melalui intravena untuk menyembuhkan. Seseorang yang alergi terhadap pengobatan dapat diberikan pengobatan antibiotik oral selama 2 minggu.

Seseorang yang didiagnosis dengan tahap laten dan tahap tersier membutuhkan pengobatan intravena dengan dosis tambahan.Cara mengobati sipilis melalui oral biasanya diberikan pada penderita tahap ini dengan alergi terhadap pengobatan. Jika sipilis telah berkembang menjadi neurosifilis (keterlibatan otak), cara mengobati sipilis selama 10 hari hingga 14 hari yang diperlukan.

Pada wanita hamil dengan sipilis harus segera diobati, bahkan jika mengalami alergi terhadap pengobatan. Konsultasikan dengan dokter jika memiliki alergi pengoatan kemungkinan bisa direkomendasikan dengan pengobatan lain. Untuk lebih jelasnya lakukan pengobatan di Klinik Apollo. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.