penyakit sipilis pada pria

Obati Sejak Awal Tanda Penyakit Sipilis Pada Pria

Penyakit sipilis pada pria adalah infeksi serius yang ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui kontak seksual. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri (kuman). Seseorang bisa tertular penyakit sipilis dari menyentuh darah atau luka seseorang yang menderita penyakit sipilis terutama luka pada mulut, penis atau anus seseorang tersebut.

Mengenal Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis pada pria adalah infeksi menular seksual (IMS) serius yang cukup umum dikalangan pria gay dan biseksual. Perjalanan infeksi penyakit sipilis terdiri dari beberapa tahapan. Jika tidak segera diobati dengan pengobatan yang tepat pada waktunya, penyakit sipilis dapat memiliki konsekensi yang sangat serius.

konsultasi

Penyebab Umum Penyakit Sipilis

Penularan penyakit sipilis oleh bakteri Treponema Pallidum dari melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi (bersentuhan langsung dengan luka penyakit sipilis). Penyakit sipilis pada pria adalah penyakit menular seksual (PMS). Bakteri ini menyebabkan infeksi ketika masuk ke kulit yang rusak atau selaput lendir biasanya pada alat kelamin.

Penyakit sipilis paling sering ditularkan melalui kontak seksual, meskipun dapat ditularkan dengan cara lain. Penyakit sipilis terjadi di seluruh dunia dan paling umum di area perkotaan. Jumlah kasus meningkat cepat pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Pada seseorang yang berusia 20 tahun hingga 35 tahun adalah risiko tertinggi. Karena seseorang tersebut kemungkinan tidak menyadari saat terinfeksi penyakit sipilis.

konsultasi

Gejala-Gejala Penyakit Sipilis Pada Pria

Gejala penyakit sipilis pada pria dapat menyerupai penyakit lainnya. Gejala penyakit sipilis dapat bervariasi tergantung pada tahapan infeksinya. Ada beberapa tahapan yang berbeda-beda yaitu tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Tahap primer dan tahap sekunder dari penyakit ini adalah tahap yang paling menular ketika kemungkinan besar akan menyebar atau menular ke orang lain yang memiliki kontak dengan luka penyakit sipilis.

• Tahap Primer
Gejala pertama penyakit sipilis biasanya berupa luka yang kecil, berbentuk bundar tanpa rasa sakit (chancre) yang muncul di area bakteri pertama kali memasuki tubuh seseorang. Luka penyakit sipilis biasanya berkembang sekitar 3 minggu setelah terpapar infeksi dan biasanya berlangsung 3 minggu hingga 6 minggu.

Bahkan jika seseorang dengan chancre biasanya sembuh dengan sendirinya, namun bukan berarti penyakitnya hilang. Lukanya kemungkinan muncul di area yang terlihat seperti pada mulut atau pada bibir. Akan tetapi bisa juga tidak terlihat karena berada didalam rongga tubuh atau di area yang tersembunyi dari pandangan seperti disekitar penis, anus atau didalam rektum.

• Tahap Sekunder
Selama tahap sekunder, bakterinya telah menyebar atau menular ke aliran darah. Seseorang kemungkinan memiliki ruam tubuh di telapak tangan dan di telapak kaki. Ruam tersebut kemungkinan terlihat seperti gigitan serangga dan tidak terasa gatal. Selain di tangan dan di kaki, ruam juga dapat muncul di leher dan di dada.

Keluhan umum lain dari seseorang dengan penyakit ini kemungkinan seperti sakit flu dengan gejala demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, kelelahan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tahap sekunder infeksi biasanya berlangsung beberapa minggu hingga beberapa bulan. Meskipun gejala-gejala ini dapat hilang seiring waktu, seseorang yang tidak melakukan pengobatan untuk penyakit ini akan berpindah ke tahap selanjutnya.

• Tahap Laten
Selama tahap laten penyakit sipilis, seseorang kemungkinan tidak memiliki gejala infeksi yang terlihat. Akan tetapi meskipun tidak visibilitas, bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis masih bersembunyi di dalam tubuh. Sebagian orang dengan infeksi kembali (kambuh) ke tahap sekunder, sementara yang lainnya dapat ettap dalam tahap laten ini selama 10 tahun hingga 20 tahun atau hingga penyakitnya diobati.

• Tahap Tersier
Tahap infeksi ini memiliki masalah medis paling parah yang terkait dengan penyakitnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi banyak organ yang berbeda seperti otak, jantung, sumsum tulang belakang, hati, tulang dan sendi. Tahap tersier dapat menyebabkan kerusakan luas pada banyak organ internal dan dapat menyebabkan kematian.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Tes atau pengujian darah dapat memastikan penderita penyakit sipilis pada pria. Terkadang tes atau pengujian lain dapat menunjukkan penyebaran atau penularan penyakit sipilis. Alasan dilakukan tes dan pengujian untuk melihat adanya cairan tulang belakang adalah untuk melihat bakteri penyakit sipilis telah menyebar atau menular ke sistem saraf.

penyakit sipilis pada pria

Cara Tepat Dalam Mengobati Penyakit Sipilis Pada Pria

Penyakit sipilis pada pria dapat disebuhkan dengan pengobatan yang merupakan pengobatan antibiotik. Pengobatan diberikan melalui intravena. Jika menderita penyakit sipilis selama 1 tahun atau kurang, maka biasanya dengan dosis pengobatan intravena yang ringan. Namun jika menderita penyakit sipilis lebih dari 1 tahun, maka membutuhkan beberapa dosis pengobatan intravena.

Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, selalu pastikan lakukan konsultasi dengan dokter. Jika memiliki kasus penyakit sipilis tingkat lanjut, kemungkinan memerlukan pengobatan yang lebih kuat lagi. Pengobatan intrabena dilakukan setiap harinya selama 10 hari. Untuk lebih jelas mengenai pengobatan penyakit sipilis. Hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.