penyakit sifilis

Munculnya Penyakit Sifilis Diawali Dengan Luka

Penyakit sifilis adalah penyakit menular atau penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka yang dikenal sebagai chancre. Luka ini dapat ditemukan pada alat kelamin, vagina, anus, rektum, bibir dan mulut. Wanita hamil dapat menularkan penyakit ini ke anaknya yang belum lahir. Penyakit sifilis dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Fakta Umum Mengenai Penyakit Sifilis

Penyakit sifilis adalah salah 1 lPMS yang paling umum. Ini adalah infeksi bakteri yang menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal dengan seseorang yang terinfeksi. Penyakit ini juga berkembang dalam beberapa tahap yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Penyakit ini biasanya muncul dengan luka yang kecil dan tidak nyeri disebut chancre pada alat kelamin, anus atau mulut. Pada tahap selanjutnya, kemungkinan adanya gejala seperti flu atau ruam. Tahap lanjut penyakit ini dapat merusak otak, jantung, sumsum tulang belakang dan organ lainnya. Tes atau pengujian penyakit ini dapat membantu mendiagnosis penyakit ini pada tahap awal infeksi, saat penyakit ini paling mudah diobati.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Bakteri yang disebut Treponema Pallidum atau Spirochete dapat menyebabkan penyakit ini. Bakteri ini biasanya ditularkan secara seksual dan kemudian dibawa melalui aliran darah ke setiap organ tubuh. Karena hidup di dalam darah, pengguna obat-obatan terlarang melalui suntikan dan berbagi jarum juga dapat berisiko terinfeksi.

Bakteri ini tidak dapat bertahan lama di luar tubuh, infeksi ini dapat ditularkan dari 1 wanita ke wanita lainnya saat berhubungan seksual. Seorang wanita hamil dengan penyakit ini dan tidak diobati dapat menularkan infeksi ke janinnya sebelum melahirkan. Neurosifilis memiliki 2 bentuk utama yaitu sifilis meningovaskular dan neurosifilis parenkim.

Baca Juga : Ciri Ciri Sipilis Menyerang Tubuh

konsultasi

Tanda-Tanda Penyakit Sifilis

Penyakit ini dapat terjadi dalam beberapa tahap, diantaranya:

1. Tahap Primer
Tahap primer mulai muncul dalam 10 hari hingga 90 hari setelah infeksi. Maag atau luka yang disebut chancre muncul di alat kelamin, bibir, anus atau di dalam mulut. Penyakit ini tidak menyakitkan dan biasanya hilang dengan sendirinya. Terkadang seseorang tidak memperhatikan luka atau chancre yang muncul.

2. Tahap Sekunder
Kemungkinan muncul dalam 4 minggu hingga 10 minggu setelah chancre muncul. Jika tahap primer tidak segera diobati secara efektif. Ruam kemungkinan muncul di tangan atau di telapak kakai atau di area tubuh lainnya. Gejala lain yang kemungkinan termasuk adalah:

• Kerontokan rambut yang merata.
• Terasa nyeri di otot dan di sendi.
• Kelenjar yang membengkak.
• Demam.

Gejala-gejala ini dapat menghilang tanpa adanya pengobatan.

3. Tahap Tersier
Ini adalah tahap dimana penyakitnya sangat serius yang kemungkinan terjadi dalam beberapa tahun setelah infeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan demensia dan kerusakan secara permanen pada sistem saraf, jantung atau otak. Ini juga dapat menyebabkan radang sendi yang melemahkan.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Jika adanya chancre, dengan metode usap luka akan menunjukkan adanya bakteri saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Tes atau pengujian darah juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit ini, namun kemungkinan dalam 2 minggu hingga 12 minggu setelah infeksi sebelum tes atau pengujian ini dapat mendeteksi infeksi penyakit ini. Selain tes atau pengujian fisik dan laboratorium ini, dokter kemungkinan menanyakan mengenai riwayat medis dan riwayat seksual untuk membuat diagnosis secara akurat.

penyakit sifilis

Atasi Penyakit Sifilis Dengan Cepat

Penyakit sifilis dapat disembuhkan dan dapat dengan mudah diobati dengan pengobatan intravena atau pengobatan antibiotik lain jika adanya alergi. Sangat penting untuk melakukan semua pengobatan, dengan pengobatan dapat menahan pengembangan tahap lanjut penyakit ini. Sangat penting juga untuk melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan penyakitnya tidak berkembang ke tahap lanjut.

Konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan yang lebih baik lagi. Pengobatan ini dapat dilakukan di Klinik Apollo. Salah 1 klinik yang menangani penyakit kelamin. Dengan ditangani secara langsung oleh dokter yang bersangkutan, selain itu juga dibantu dengan peralatan medis yang sudah canggih dan modern. Hubungi kami segera melalui nomor 081233881616 atau dengan layanan konsultasi online kami seperti dibawah ini.

Baca Juga : Hindari Komplikasi Dengan Cara Mengobati Sipilis Sejak Dini

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.