gejala herpes

Memahami Tanda Dan Gejala Herpes

Gejala herpes memang identik dengan penyakit kelamin yang dapat menular dengan berhubungan seksual, namun dengan tingkat sanitasi yang kurang. Seseorang menjadi mudah tertular melalui tempat lain seperti menggunakan handuk bersama, sikat gigi bahkan toilet duduk yang sama dengan penderita.

Baca juga: Melakukan Vaksin Dapat Atasi Herpes Genital Berulang?

konsultasi

Apa Itu Penyakit Herpes?

Herpes merupakan sekelompok virus yang menimbulkan luka, kulit kering dan lepuhan pada area kulit. Virus yang umum dijumpai yakni:

Herpes zoster

Penyakit ini hadir karena adanya virus Varicella Zoster yang menyebabkan Anda terkena cacar air. Pada umumnya cacar akan terjadi pada balita dan anak-anak, namun pada seseorang yang pernah terpapar virus dan mengalami penurunan kekebalan tubuh, mereka berisiko menderita herpes zoster di kemudian hari.

Virus herpes simpleks type 1

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks 1 yang pada umumnya hadir di area mulut, namun bisa menyebabkan herpes genital jika penderita melakukan hubungan intim secara oral. Gejala lain yang sering terjadi yakni demam, sensasi seperti terbakar pada area peradangan, dan munculnya blister.

Virus herpes simpleks

Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang menyebabkan herpes genital. Setelah Anda terserang infeksi, virus akan tetap tinggal dalam tubuh sepanjang hidup, kondisi ini bisa kambuh kapan saja. gejala herpes sering terjadi yakni nyeri ketika berkemih, adanya cairan yang keluar dari vagina, rasa gatal dan munculnya benjolan di area selangkangan. Pada kalangan yang sering berganti-ganti pasangan dan mempunyai sistem imun rendah, berisiko terjangkit virus jenis ini.

konsultasi

gejala herpes

Bagaimana Tanda Dan Gejala Herpes Terjadi?

Banyak kalangan yang terserang herpes namun tidak mempunyai gejala jenis apapun. Terkadang gejala herpes ringan, bahkan dokter keliru mendiagnosa dengan kondisi kulit seperti ini. Beberapa gejala lain yang harus Anda curigai yakni diantaranya:

Timbulnya luka yang menyakitkan di area kelamin, paha, anus atau pantat

Gatal

Buang air kecil yang menyakitkan

Nyeri ketika buang air kecil

Timbul keputihan

Terdapat benjolan lunak di area selangkangan

konsultasi
Ketika Anda terserang untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan mengalami tanda dan gejala herpes mirip seperti flu. Tandanya seperti nyeri pada tubuh, demam, dan sakit kepala. Banyak kalangan yang mengalami infeksi herpes dan mengalami gejala tersebut dari waktu ke waktu. Tanda yang timbul selanjutnya tidak akan separah ketika pertama kali Anda terserang herpes. Seiring berjalannya waktu, bakteri dalam tubuh akan menurun.

Virus yang menyebabkan herpes genital biasanya akan berkembang dan menyebar dari satu kalangan ke lainnya melalui hubungan seks, baik melalui oral, anal, atau vagina. Virus akan masuk ke tubuh Anda melalui luka yang ada pada kulit.

Virus tersebut bisa juga masuk melalui penis, vagina, mulut, saluran kemih atau anus. Herpes paling mudah menyebar ketika adanya luka pada orang yang terserang infeksi. Namun herpes bisa menyebar kapanpun, bahkan ketika seorang penderita tidak mengalami gejala jenis apapun.

Herpes bisa menyebar dari satu tempat ke tubuh bagian yang lain. Jika Anda menyentuh luka di area kelamin tersebut, Anda bisa membawa virus di jari-jari tersebut. Kemudian bisa memasukan kembali ke bagian tubuh lainnya, termasuk mata dan mulut.

Nah bagi Anda kalangan yang mengalami tanda dan gejala herpes, segera konsultasikan semua masalah kepada kami Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616, demikian kami sampaikan mengenai gejala herpes, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.