kutil kemaluan wanita

Kutil Kemaluan Wanita, Berbahaya?

Kutil kemaluan wanita ditandai dari benjolan yang tumbuh disekitar kelamin, anus, tenggorokan dan mulut. Kutil kelamin bisa terjadi disebabkan oleh virus menular seksual, yakni human papilloma atau HPV yang terdiri dari berbagai jenis. Kalangan yang rentan terserang kasus kutil kelamin rentan berusia 17 sampai 33 tahun. Baik wanita atau pria dapat memperoleh kasus tersebut.

Baca juga: Kutil Kelamin Apakah Bisa Disembuhkan Dengan Cepat?

konsultasi

Apakah Kutil Kemaluan Wanita Berbahaya?

Walau tidak mengancam nyawa, namun virus tersebut bisa menyebabkan komplikasi termasuk beberapa type kanker tertentu. Masalah menjadi tidak nyaman jika Anda mengidap kutil kemaluan wanita dan mengalami gejala gatal, sehingga Anda harus lindungi diri dari penularan virus tersebut.

Penanganan kutil kelamin ditentukan berdasarkan diagnosis dari dokter. Kutil kelamin biasanya akan sembuh tanpa pengobatan, namun penyakit ini dapat menyebar. Kebanyakan kalangan memutuskan mengambil kutil karena munculnya gangguan atau risih melihat kutil tersebut. Namun jika Anda tidak merasakan adanya tanda dan gejala mengenai kutil kemaluan wanita, Anda bisa menunggu sampai infeksi sembuh dengan sendirinya.

Jika Anda merasakan hal yang tidak nyaman dengan kehadiran kutil dan memutuskan untuk mengobati masalah tersebut, maka segera diskusikan dengan dokter mengenai perawatan terbaik. Ada beberapa jenis obat yang bisa dioleskan ke bagian kutil atau dokter bisa ambil kutil tersebut dengan proses laser, membekukan kutil atau bedah operasi.

Meskipun Anda menyadari kutil dapat sembuh tanpa adanya pengobatan, namun virus HPV masih bisa menetap dalam sel tubuh sehingga memungkinkan pasien untuk menyebarkan kutil kelamin pada pasangan, bahkan jika pasien tidak mempunyai tanda adanya kutil lagi.

konsultasi

kutil kemaluan wanita

Bagaimana Metode Mencegah Infeksi Kutil Kelamin?

Metode terbaik untuk menjaga dari tertularnya kutil kemaluan wanita atau infeksi menular seksual lainnya yakni dengan berhubungan seks aman. Seks yang aman diantaranya:

•Kondom bisa membantu kurangi resiko penyebaran kutil kelamin, namun mereka tidak melindungi seluruh area vital pada kontak langsung kulit ke kulit.

•Sebelum Anda melakukan hubungan seksual dengan seseorang, berbicaralah dengan mereka mengenai penyakit menular seksual yang Anda idap. Cari tahu apakah ia berisiko tertular atau tidak. Ingat bahwa seseorang bisa terserang infeksi tanpa menyadarinya.

konsultasi

•Jika Anda mempunyai gejala imfeksi menular seksual, sebaiknya jangan jalankan hubungan seksual sementara waktu

•Jangan sembarangan berhubungan seksual dengan siapapun yang mempunyai tanda dan gejala terkena IMS

•Anda harus setia kepada pasangan dengan cara melakukan hubungan seksual hanya dengan satu orang saja. Jika mempunyai beberapa pasangan seks, maka berisiko besar penularan infeksi akan terjadi.

Jika Anda sudah masuk usia dewasa atau lebih muda, Anda bisa memperoleh suntikan vaksin HPV. Vaksin mampu melindungi dua jenis HPV yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker serviks. Selain itu, Gardasil juga akan melindungi pada dua jenis kondisi yang menyebabkan kutil kelamin.

Jika Anda belum terlalu paham dan mempunyai banyak pertanyaan mengenai kutil kelamin atau jenis infeksi lainnya. Jangan ragu untuk diskusikan dengan dokter atau ahli medis. Pada zaman yang semakin modern sekarang, Anda bisa berkonsultasi menggunakan live chat atau secara online. Semua pertanyaan atau masalah yang Anda utarakan mengenai penyakit kelamin akan dijawab dengan jelas dan tepat.

Jika Anda merasa terganggu segera berkunjung untuk mendapatkan penanganan pertama bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan artikel kali ini mengenai kutil kemaluan wanita, semoga berikan banyak manfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.