kutil kelamin

Kutil Kelamin Apakah Bisa Disembuhkan Dengan Cepat?

Kutil kelamin adalah pertumbuhan berwarna seperti daging atau abu-abu yang ditemukan di area genital dan area anal pada pria dan wanita. Kutil terkadang disebut sebagai Condyloma Acuminata. Kutil adalah penyakit kelamin yang paling umum disebabkan oleh virus. Kutil disebabkan oleh virus. Kutil dapat mempengaruhi pria dan wanita dan dapat terjadi pada usia berapapun.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin adalah penularan dan pertumbuhan berdaging di area genital atau anal. Kutil adalah salah 1 jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil disebabkan oleh virus. Kutil terdiri dari pertumbuhan berlebih dan berserat yang ditutupi oleh lapisan luar yang menebal. Kutil dapat muncul di sekitar skrotum, anus dan penis pada pria atau pada culva, serviks (leher rahim), vagina atau anus pada wanita.

Kutil biasanya jinak atau non kanker akan tetapi beberapa jenis dapat menjadi kanker pada waktunya. Dalam penampilannya, kutil sering terlihat bengkak berwarna seperti daging atau abu-abu. Jika beberapa tumbuh secara bersamaan kemungkinan seperti bunga kol. Beberapa kemungkinan terlihat sangat kecil dan sulit terlihat oleh pandangan.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit ini?

Kutil kelamin seperti kutil lainnya yang disebabkan oleh lebih dari 100 jenis Human Papilloma Virus (HPV) yang mengiritasi lapisan atas kulit. Hanya sejumlah kecil strain yang dapat menyebabkan kutil. Virus ini yang menyebabkan kutil sangat menular dan ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang menderita HPV. Jenis HPV lain tidak memiliki sifat ini. Sebagian orang yang melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki kutil akan terinfeksi.

konsultasi

Apa Saja Tanda-Tanda Kutil Kelamin?

Meskipun kutil tidak menimbulkan rasa sakit, kemungkinan dapat menyusahkan karena area lokasinya, ukurannya atau karena rasa gatalnya. Pria dan wanita dengan kutil sering mengeluh adanya benjolan, terasa gatal dan keputihan atau cairan berwarna putih yang tidak menyakitkan. Perdarahan atau obstruksi urine kemungkinan merupakan masalah awal ketika kutil melibatkan uretra (lubang dimana urine keluar dari tubuh). Kutil lebih dari 1 area adalah hal yang biasa. Kemungkinan adanya riwayat penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya atau yang terjadi secara bersamaan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Dokter biasanya dapat mendiagnosis kutil kelamin dengan cara melihatnya. Pemeriksaan kemungkinan melibatkan ke dalam vagina atau anus. Dokter juga dapat melakukan biopsi kutil. Orang-orang dapat melakukan pemeriksaan jika:

• Seseorang yang memiliki kutil.
• Seseorang dengan gejala yang baru-baru ini melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan seksual yang baru.
• Seseorang dengan gejala atau pasangannya yang melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan seseorang di luar hubungannya.
• Pasangan dari seseorang dengan gejala IMS.
• Adanya gejala IMS.
• Penderita sedang hamil atau sedang program untuk hamil.

Dokter dapat menyarankan penderitanya untuk melakukan tes atau pengujian di kemudian hari, meskipun tidak ada kutil yang terdeteksi. Kutil yang terlihat kemungkinan tidak muncul cepat setelah infeksi. Beberapa kutil sangat kecil sehingga hanya dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan kolposkopi serviks (leher rahim) dan vagina atau pap smear. Colposcope adalah alat visual yang digunakan untuk memeriksa serviks (leher rahim) secara detail.

kutil kelamin

Cara Cepat Menyembuhkan Kutil Kelamin

Pengobatan topikal dapat menghilangkan sebagian besar kutil. Pengobatan topikal yaitu pengobatan yang diterapkan secara langsung ke kulit. Pengobatan dilakukan hanya pada kutil yang terlihat. Jenis pengobatan tergantung pada lokasi kutil, jumlah kutil dan penampilan kutil. Pengobatan berikut ini efekif untuk menghilangkan kutil, seperti:

• Pengobatan Topikal
Pengobatan secara langsung ke kutil selama beberapa hari setiap minggu nya. Pengobatan dapat berlanjut selama beberapa minggu.

• Cryotherapy
Membekukan kutil, proses pembekuan dapat menyebabkan lepuhan terbentuk di sekitar kutil. Saat kulitnya sembuh, luka akan terlepas dan kemungkinan kulit baru akan muncul. Terkadang pengobatan berulang sangat diperlukan.

• Electrocautery
Penghancuran kutil yang umumnya dibawah anestesi lokal.

• Pembedahan
Pemotongan kutil dengan anestesi lokal yang digunakan.

• Laser
Sinar cahaya intensif untuk menghancurkan kutil.

Untuk pengobatan kutil lebih jelas lagi. Anda bisa melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter di Klinik Apollo. Dengan begitu dokter akan merekomendasikan pengobatan terbaik berdasarkan tingkat keparahan yang dimiliki. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.