tanda-tanda penyakit sipilis lelaki

Kenali Setiap Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Lelaki Yang Umum

Ketahui setiap tanda-tanda penyakit sipilis lelaki secara umum. Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini mirip dengan penyakit lainnya, karena tanda-tanda penyakit sipilis lelaki yang tidak dapat dibedakan dengan penyakit lainnya. Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya menyebar atau menular melalui kontak seksual.

Penyakit ini muncul sebagai luka yang tidak menyakitkan dan biasanya pada alat kelamin, dubur atau mulut. Penyakit sipilis menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka ini. Setelah infeksi awal, bakteri penyakit sipilis dapat tidak aktif didalam tubuh selama beberapa dekade sebelum menjadi aktif kembali (kambuh). Penyakit sipilis dini dapat disembuhkan, terkadang dengan pengobatan intravena tunggal. Tanpa adanya pengobatan, penyakit sipilis dapat sangat merusak jantung, otak atau organ-organ lain dan dapat mengancam jiwa atau ditularkan dari ibu ke anaknya yang belum lahir.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis adalah penyakit yang sangat menular yang menyebar terutama melalui aktifitas seksual termasuk seks oral dan seks anal. Terkadang penyakit ini dapat ditularkan ke orang lain melalui ciuman yang lama atau melalui kontak tubuh yang dekat. Meskipun penyakit ini menyebar atau menular dari luka, sebagian besar luka tidak dikenali. Seseorang yang terinfeksi sering tidak menyadari penyakit ini dan tanpa sadar dapat menularkan ke pasangan seksualnya.

Apa Penyebab Utama Penyakit Sipilis?

Bakteri Treponema Pallidum penyakit sipilis ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka penyakit sipilis (chancre). Luka muncul terutama pada alat kelamin luar yaitu di vagina, di anus dan di dubur. Luka dapat terjadi pada bibir dan di mulut (area yang ditutupi oleh selaput lendir). Penularan bakteri terjadi pada saat seks vaginal, seks anal dan seks oral. Seseorang dengan penyakit sipilis tahap awal dapat menularkan penyakitnya. Penyakit sipilis tidak dapat ditularkan melalui kontak biasa seperti kursi toilet, kenop atau gagang pintu, kolam renang, baik air panas, bak mandi, pakaian bersama atau peralatan makan lainnya.

konsultasi

Apa Saja Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Lelaki?

Ada 4 tahapan tanda-tanda penyakit sipilis lelaki. Tanda-tanda penyakit sipilis lelaki yang dimiliki tergantung pada tahapan penyakit yang menginfeksi. Akan tetapi tahap-tahap tersebut bisa terjadi secara tumpang tindih dan tanda-tanda penyakit sipilis lelaki tidak selalu berkembang dalam urutan yang sama.

Bahkan dapat terinfeksi dengan PMS ini dan tidak memiliki tanda-tanda penyakit sipilis lelaki selama bertahun-tahun. Akan tetapi jika tidak adanya tanda-tanda penyakit sipilis lelaki, namun masih bisa menularkan ke pasangan seksual lainnya. Oleh karena itu segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Tahapannya dapat meliputi:

• Tahap Primer
Gejala untuk tahap primer ini biasanya muncul dalam 10 hari hingga 3 bulan setelah terpapar penyakit sipilis. Kemungkinan adanya kelenjar getah bening di dekat pangkal paha yang membesar. Biasanya terlihat adanya luka yang kecil dan tidak nyeri (chancre) pada kulit (beberapa luka). Dan muncul di area bakteri memasuki tubuh. Luka tidak terasa sakit dan kemungkinan bersembunyi di dalam dubur atau vagina dan tidak mengetahui saat memilikinya. Luka akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu hingga 6 minggu. Akan tetapi bukan berarti infeksinya telah hilang, namun dapat memasuki tahap berikutnya.

• Tahap Sekunder
Sekitar 2 minggu hingga 10 minggu setelah rasa sakit yang pertama muncul. Biasanya mengembangkan beberapa tanda-tanda penyakit sipilis lelaki seperti ruam kulit yang menyebabkan luka kecil berwarna cokelat kemerahan, luka di mulut, di vagina atau di anus, demam, kelenjar membengkak, penurunan berat badan, rambut rontok, sakit kepala, kelelahan yang ekstrem dan nyeri otot. Kondisi ini bisa terjadi hingga 1 tahun. Bahkan jika gejala penyakit sipilis tidak kambuh, namun infeksinya masih tetap hidup di tubuh. Penyakit sipilis akan memburuk dan masih dapat menginfeksi pasangan seksualnya.

• Tahap Laten
Jika tidak segera diobati pada tahap sekunder, penyakit ini dapat berlanjut ke tahap laten. Tidak semua orang yang menderita penyakit sipilis akan melalui tahap ini. Jika melalui, maka tidak akan mengalami gejala apapun, kemungkinan selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, gejalanya tidak akan pernah terlihat. Akan tetapi infeksinya tidak hilang, bakteri tidak aktif di dalam tubuh. Beberapa kasus tahap laten dapat berkembang ke tahap tersier.

konsultasi

Bagaimana Pria Dengan Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Penyakit sipilis adalah PMS yang terpapar dari hubungan seksual dengan seseorang yang memilikinya. Kondisi ini mudah diobati dengan pengobatan antibiotik akan tetapi dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Dokter dapat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik, memeriksa alat kelamin dan mencari ruam kulit atau luka (chancre). Selain itu juga dengan menjalani tes atau pengujian darah. Tes atau pengujian darah untuk mengetahui tubuh dalam membuat antibodi untuk melawan infeksi. Selain itu dengan mendiagnosis penyakit sipilis melalui cairan dari luka namun jarang dilakukan.

tanda-tanda penyakit sipilis lelaki

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis?

Sangat buruk jika membiarkan penyakit sipilis ini tidak diobati selama bertahun-tahun. Karena dapat merusak jantung, pembuluh darah, otak dan sistem saraf. Penyakit sipilis dapat menyebabkan kebutaan atau kelumpuhan. Selain itu dapat meningkatkan peluang mendapatkan atau menularkan HIV atau virus yang menyebabkan AIDS.

Seiring waktu dapat merusak organ dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Jika tidak diobati dapat menularkan ke pasangan seksual. Oleh karena itu lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk menghentikan beberapa kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.