Penyakit herpes kelamin wanita

Kenali Gejala Penyakit Herpes Kelamin Wanita

Tidak semua penyakit herpes kelamin wanita bisa diatasi hanya menggunakan sebuah kondom. Perubahan gaya atau kegiatan seksual membuat IMS seperti halnya herpes genital dengan mudah menularkan pada pasangan. Herpes genital merupakan penyakit yang ditandai oleh adanya bakteri HSV atau herpes simpleks virus yang terletak di kelamin.

Banyak kalangan yang tidak tahu perbedaan dari herpes zoster dan herpes genital. Jadi herpes zoster disebabkan oleh sebuah virus varicella zoster, ini menjadi penyebab adanya cacar air, namun tetap saja keduanya berbeda.

Terdapat beberapa penyebab herpes genital diantaranya HSV tipe 1 dan 2. HSV tipe 1 hanya akan berdiam diri dalam tubuh bagian atas dan menyebabkan herpes oral pada bagian bibir atau mulut. Gejala herpes pada umumnya memang sulit dibedakan dengan sariawan.

Baca juga: Jenis Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

konsultasi

Sedangkan HSV tipe 2 berada di tubuh bagian pinggang ke bawah. Jenis kedua yakni kondisi herpes di area kelamin atau genital. Namun karena perubahan kegiatan seksual, keberadaan kedua jenis virus ini bisa berbalik. HSV type 1 bisa ditemukan di area genital dan tipe 2 biasa ditemukan pada mulut atau bibir.

Penyakit herpes kelamin wanita tak hanya ditularkan melalui hubungan seksual saja, namun melalui seks antara mulut, kelamin, oral, dan ciuman. Dari kegiatan seksual tersebut, virus bisa masuk melalui mukosa atau selaput lendir di bagian bibir atau kelamin.

konsultasi

Kenali Gejala Penyakit Herpes Kelamin Wanita

Seseorang yang terserang virus tidak akan mengalami gejala ketika pertama kali tertular. Gejala diawali dengan rasa tidak nyaman pada tubuh seperti adanya sakit flu. Ketika pertama kali timbul gejala, rasanya sangat nyeri pada area kelamin tersebut. Rasa sakit tersebut dibarengi dengan munculnya lepuhan dengan ukuran kecil berisi air. Lepuhan tersebut akan pecah dan menimbulkan sejumlah luka. Bekas luka ini bisa hilang dalam beberapa waktu

Pada kalangan wanita, lepuhan akan muncul di sekitar serviks, vagina, antara vagina dan dubur. Sedangkan bagi pria, lepuhan timbul di bagian ujung penis, buang zakar, area penis, dan anus. Namun perlu Anda pahami bahwa tak semua penderita mengalami gejala yang sama. Penyakit herpes kelamin wanita asimtomatik tidak mempunyai gejala, namun tubuh mereka menyembunyikan virus jika dilihat dari hasil tes lab tersebut.

Seseorang menjadi kesulitan mengenali herpes jenis atipik yang tidak mempunyai gejala sama sekali. Tanda pada umumnya yakni bercak merah yang muncul secara berulang atau luka memanjang hingga cukup sulit dikenali. Sampai sekarang belum ditemukan jenis obat yang dapat membunuh virus. Karena mereka akan bersembunyi dalam sel-sel saraf. Sementara obat yang tersedia hanya berfungsi untuk kurangi kekambuhan.

konsultasi

Penyakit herpes kelamin wanita

Pencegahan Penyakit Herpes Kelamin Wanita

Pencegahan pada penyakit herpes kelamin wanita sama dengan infeksi menular seksual jenis lainnya. Caranya yakni dengan membatasi hubungan seksual hanya dengan satu kalangan yang tidak terinfeksi. Anda harus hindari kegiatan seksual bersama pasangan. Selain itu Anda bisa menggunakan pengaman ketika berhubungan seks atau hindari kontak intim apabila pasangan mempunyai gejala herpes di area genital atau tubuh lainnya.

Apabila Anda sedang hamil dan mencurigai adanya herpes, maka minta pemeriksaan dokter untuk penyakit tersebut. Segera informasikan dokter apabila Anda sudah mengetahui adanya tanda dan gejala pada tubuh. Jika terserang penyakit herpes, pada umumnya dokter akan sarankan konsumsi obat antivirus. Tujuannya tidak lain untuk mencegah terjadinya gejala menjelang persalinan.

Bersama kami Klinik Apollo semua masalah Anda akan segera ditangani oleh dokter yang ahli dalam bidangnya. Semua layanan terjamin, aman, dan professional. Anda bisa lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Demikian mengenai penyakit herpes kelamin wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.