sipilis pada pria

Kenali Beberapa Tanda Umum Sipilis Pada Pria

Sipilis pada pria adalah infeksi bakteri yang melewati selaput lendir dari seseorang yang memiliki infeksi. Infeksi memiliki beberapa tahap. Sipilis pada pria adalah infeksi yang serius. Ditularkan dari 1 orang ke orang lain saat berhubungan seksual. Sipilis disebabkan oleh bakteri atau kuman. Penularan sipilis dengan menyentuh darah atau luka seseorang yang menderita sipilis terutama luka pada mulut, penis, vagina atau anus orang tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sipilis?

Sipilis pada pria adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera diobati. Sipilis dibagi menjadi beberapa tahap dan ada tanda serta gejala berbeda yang terkait dengan setiap tahapannya. Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat disebabkan oleh bakteri. Tingkat sipilis meningkat pada pria dan pada wanita, akan tetapi lebih sering terjadi pada pria.

konsultasi

Ketahui Penyebab Mendasar Sipilis

Penularan sipilis pada pria terjadi di mana adanya kontak kulit ke kulit atau pertukaran cairan tubuh dengan seseorang yang menderita sakit atau luka dan ruam sipilis menular. Sipilis dapat disebabkan oleh salah 1 jenis bakteri yang bernama Treponema Pallidum atau Spirochete. Ini dapat terjadi melalui kontak dekat atau kontak seksual dengan mulut, alat kelamin atau dubur seseorang ketika adanya luka atau ruam sipilis. Sipilis juga dapat ditularkan ke bayi dari ibunya selama kehamilan atau saat kelahiran.

Sementara seorang pria dapat memperoleh sipilis, sebagian besar yang didiagnosis adalah pria yang mengidentifikasi sebagai gay, biseksual atau pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Tingkat sipilis telah meningkat pesat, sebagian besar di antaranya ber usia 20 tahun hingga 24 tahun. Jika memiliki infeksi menular seksual (IMS) lain, maka dapat memiliki risiko lebih besar terkena sipilis.

Sipilis menular selalu melewati hubungan seksual. Itu juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan. Sipilis terkadang dapat dihindari melalui hubungan seksual yang lebih aman dengan menggunakan kondom dan menggunakan bendungan gigi selama seks oral. Luka sipilis harus ditutup dengan perban agar infeksi tidak menyebar atau menular.

Baca Juga : Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Pada Remaja

konsultasi

Apa Saja Gejala Sipilis Pada Pria?

Sipilis pada pria adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh jenis bakteri. Pada tahap paling awal, sipilis menghasilkan sakit terbuka (bisul) yang bocor berisi cairan dengan bakteri sipilis. Sipilis dapat ditularkan melalui kontak dengan ulkus ini atau luka infeksi lain yang terbentuk kemudian pada penyakit, biasanya selama berhubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal. Jika tidak segera diobati, sipilis dapat bergerak melalui serangkaian tahapan yang mempengaruhi berbagai bagian tubuh, meskipun tahapan tersebut bisa tumpang tindih:

• Tahap Primer
Pada tahap pertama ini, sipilis menyebabkan ulkus tanpa rasa sakit yang disebut chancre, biasanya di area genital tempat bakteri sipilis masuk ke dalam tubuh. Tahap ini muncul dalam 10 hari hingga 90 hari (rata-rata 3 minggu) setelah seseorang terpapar pada seseorang dengan sipilis. Luka hilang tanpa pengobatan dalam waktu sekitar 4 minggu hingga 8 minggu.

• Tahap Sekunder
Pada tahap ini, bakteri sipilis menyebar atau menular ke seluruh tubuh. Ini biasanya menyebabkan ruam di sebagian besar tubuh bersamaan dengan demam, sakit dan nyeri dan gejala lainnya. Tahap ini muncul dalam 6 minggu hingga 8 minggu setelah seseorang terpapar sipilis dan berlangsung hingga 1 tahun.

• Tahap Laten
Tahap ini muncul ketika tahap sekunder berakhir. Meskipun tidak ada gejala, seseorang tersebut tetap terinfeksi. Tahap ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan seumur hidup seseorang. Sebagian dari kasus tahap laten berkembang menjadi tahap tersier.

• Tahap Tersier
Pada tahap ini, bakteri sipilis dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada banyak organ internal yang berbeda, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya muncul dalam 10 tahun infeksi dan dapat berakhir dengan kematian.

konsultasi

Bagaimana Cara Akurat Mendiagnosis Sipilis?

Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan tes atau pengujian untuk didiagnosis dimana darah dan luka apa pun akan diuji dan dites. Dianjurkan agar tes atau pengujian sipilis dilakukan setiap 3 bulan hingga 6 bulan atau setelah memiliki gejala, seperti sakit atau ruam. Skrining untuk sipilis direkomendasikan sebagai bagian dari skrining prenatal untuk wanita hamil.

sipilis pada pria

Cara Tepat Mengobati Sipilis Pada Pria

Selama tahap apa pun, sipilis pada pria dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan yang telah disebabkan oleh sipilis pada pria pada tahap laten akhir, akan tetapi dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Setelah pengobatan, maka harus melakukan tes atau pengujian darah untuk memastikan pengobatannya bekerja.

Setiap pasangan seksual harus melakukan pemeriksaan, diuji atau dites dan jika terinfeksi, diobati untuk sipilis. Usahakan tidak berhubungan seksual hingga 2 minggu setelah Anda dan pasangan seksual Anda menyelesaikan pengobatan yang efektif. Pengobatan diberikan sebagai intravena. Jika menderita sipilis kurang dari 1 tahun, maka hanya perlu mengobati dengan pengobatan intravena tunggal.

Akan tetapi jika menderita sipilis selama lebih dari 1 tahun, maka memerlukan pengobatan intravena lebih dari 1 kali selama 3 minggu. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, selalu pastikan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. Jika memiliki kasus sipilis tingkat lanjut, kemungkinan memerlukan pengobatan yang lebih kuat.

Pengobatan intravena dilakukan setiap hari selama 10 hari. Pengobatan ini harus dilakukan sesuai dengan resep dokter. Tidak hanya itu, pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan ditangani secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Biaya pengobatannya juga sangat terjangkau. Untuk info lebih lanjut hubungi nomor kami di 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Penularan Sipilis Saat Aktifitas Seksual

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.