gejala kutil kelamin

Kenali Beberapa Ciri Dan Gejala Kutil Kelamin Yang Umum

Kutil kelamin disebabkan oleh virus. Kenali setiap gejala kutil kelamin yang umum. Ada lebih dari 100 jenis virus yang berbeda. Beberapa jenis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dubur atau serviks (leher rahim), namun berbeda dari jenis virus yang menyebabkan kutil kelamin. Tidak ada hubungan antara kutil kelamin dan kanker.

Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang kecil dan terangkat, biasanya tanpa rasa sakit yang terkadang terlihat sedikit seperti bunga kol. Tidak seperti luka, pertumbuhan ini biasanya tidak menyakitkan dan tidak berdarah atau nanah. Kutil dapat muncul sebagai kutil tunggal atau sebagai kelompok.

konsultasi

Ketahui Fakta Unik Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah pertumbuhan berdaging yang kecil atau benjolang dan perubahan kulit yang muncul disekitar area genital atau anal. Kutil kelamin sangat umum. Kutil adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) ke 2 yang paling umum setelah klamidia. Kutil kelamin adalah hasil dari infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Kutil biasanya tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Akan tetapi bisa menjadi tidak menyenangkan untuk dilihat dan dapat menyebabkan tekanan psikologis.

Penyebab Umum Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV bukan virus tunggal, akan tetapi lebih dari 100 jenis virus yang berbeda. Namun sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus tipe 6 dan tipe 11. Sebagian besar kasus infeksi HPV tidak memiliki gejala kutil kelamin yang terlihat, sehingga pada kebanyakan orang dapat terinfeksi HPV tanpa disadari.

Baca Juga : Waspadai Munculnya Atau Tumbuhnya Kutil Kemaluan

konsultasi

Tanda Dan Gejala Kutil Kelamin

Pada kebanyakan orang yang memiliki infeksi HPV tidak akan mengembangkan gejala kutil kelamin yang terlihat. Jika kutil kelamin muncul, kemungkinan dalam beberapa minggu, beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun setelah pertama kali bersentuhan dengan virus. Kutil dapat muncul sebagai pertumbuhan yang kecl, berdaging, benjolan atau perubahan kulit dimana saja pada alat kelamin atau disekitar anus. Dalam beberapa kasus, kutil sangat kecil sehingga sulit untuk diketahui. Seseorang dapat memiliki kutil tunggal atau sekelompok kutil yang tumbuh secara bersamaan untuk membentuk seperti bunga kol.

• Gejala Kutil Kelamin Pada Wanita
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada wanita adalah di sekitar vulva (pembukaan rahim), di serviks (leher rahim), di dalam vagina, di sekitar atau didalam anus dan di paha atas.

• Gejala Kutil Kelamin Pada Pria
Area yang paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada pria adalah di mana saja pada penis, di skrotum, di dalam uretra (tabung keluarnya urine), disekitar atau didalam anus dan di paha atas.

• Gejala Kutil Kelamin Lainnya
Kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun pada beberapa orang dapat menjadi rasa gatal dan meradang. Jika kutilnya meradang maka dapat menyebabkan perdarahan dari uretra, vagina dan anus. Uretra adalah tabung yang terhubung ke kandung kemih yang dilewati urine. Kutil yang berkembang didekat atau didalam uretra juga dapat mengganggu aliran urine yang normal.

konsultasi

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?

Jika merasa memiliki kutil kelamin, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter dapat mendiagnosis kutil kelamin dan menyarankan pengobatan tertentu. Tidak ada tes atau pengujian darah untuk memeriksa infeksi HPV yang aktif. Kutil kelamin biasanya dapat dengan mudah didiagnosis dengan melakukan pemeriksana sederhana. Pada pemeriksaan, dokter melakukan pemeriksaan kutil dengan mikroskop. Kemungkinan disarankan untuk melakukan pemeriksaan bagian lain dari kutil kelamin seperti didalam vagina atau disekitar anus.

gejala kutil kelamin

Obat-Obatan Untuk Kutil Kelamin Menular

Jika merasa memiliki kutil kelamin, maka konsultasikan dengan dokter karena harus melakukan pengobatan. Pada kebanyakan pengobatan topikal cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih lunak, dan ablasi fisik cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih keras dan lebih kasar. Terkadang kombinasi pengobatan topikal sangat dianjurkan.

Pada sebagian orang, pengobatan kutil kelamin ini bisa memakan waktu beberapa bulan untuk menghilangkannya. Kemungkinan juga akan disarankan untuk menghindari sabun pewangi, busa saat mandi atau lotion saat menjalani pengobatan untuk kutil karena terkadang dapat mengiritasi kulit. Namun untuk lebih jelas mengobati penyakit ini hanya di Klinik Apollo. Klinik yang sangat terpercaya dalam menangani berbagai penyakit kelamin. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo.

Baca Juga : Kutil Kemaluan Wanita, Berbahaya?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.