penyakit herpes kelamin pada pria

Jenis Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

Penyakit herpes kelamin pada pria disebabkan oleh virus simpleks, yakni sejenis penyakit yang menyerang alat kelamin, kulit, dan mulut. Penyakit tersebut menyebabkan kulit melepuh dan terasa nyeri di bagian otot atau area yang terjakit lainnya. Herpes mudah menyebar ketika luka dingin hadir, namun herpes juga bisa menyebar dalam beberapa waktu lainnya. Beberapa kalangan akan memperoleh rasa gatal atau kesemutan sebelum pada akhirnya muncul tanda pada kulit mereka.

Baca juga: Melakukan Vaksin Dapat Atasi Herpes Genital Berulang?

konsultasi

Beberapa Jenis Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

Hampir setiap kalangan pernah terpapar cacar air dalam hidupnya, biasanya ketika masih anak-anak. Beberapa sumber mengatakan bahwa virus tersebut tak sepenuhnya akan pergi setelah cacar air menghilang. Sejumlah virus akan tetap bertahan di akar saraf penderitanya. Virus tersebut tidak akan menimbulkan tanda dan gejala. Karena beberapa hal, maka virus akan segera berkembang dan masuk dalam kulit, sehingga menyebabkan terjadi penyakit herpes kelamin pada pria jenis zoster.

1.Penyakit herpes genital atau kelamin

Proses penularan melalui kontak kulit secara langsung yakni dari area yang sedang terinfeksi ke daerah yang tertular. Misalnya ketika seseorang terinfeksi mencium atau berhubungan seksual secara vagina, oral, dan dubur, maka akan menyebabkan pasangannya tertular. Herpes jenis ini memang mudah menular apabila kondisi Anda sedang sakit, biasanya akan ditandai dengan kesemutan, adanya rasa gatal, atau sensasi lain sebelum muncul apapun di dalam kulit.

konsultasi

penyakit herpes kelamin pada pria

2.Penyakit herpes zoster

Penyakit tersebut biasanya akan mempengaruhi kalangan dewasa yang mempunyai kekebalan tubuh menurun. Virus penyakit herpes kelamin pada pria ini mudah ditemukan dimana-mana, jika seseorang mempunyai kekebalan tubuh yang baik, tentunya jarang terserang kondisi ini. Virus varicella zoster merupakan jenis bakteri yang menyebabkan penyakit cacar. Jika seorang telah terserang cacar, maka jarang terjangkit penyakit herpes zoster.

Berbeda dengan cacar, herpes jenis zoster mengakibatkan rasa nyeri atau sakit yang luar biasanya. Lokasi penyakit ini hanya terjadi di beberapa sisi saja. Terkadang ada yang menyerang leher, wajah, mata, atau telinga. Gejala utama yang dirasakan yakni terasa nyeri di satu bagian tertentu. Diikuti dengan adanya ruam berisikan cairan yang karakternya mirip dengan cacar. Apabila digaruk akan menyebabkan infeksi di area peradangan tersebut.

konsultasi

Cara Menghindari Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

•Mengenakan kondom baik bagi kalangan wanita atau pria. Sebuah penelitian menunjukan bahwa virus penyakit herpes kelamin pada pria tidak dapat melewati latex apabila dikenakan dengan benar. Proses tersebut memang bisa mengurangi risiko penularan.

•Anda harus jujur dengan pasangan jika mempunyai masalah infeksi penyakit seksual, hal tersebut akan membantu mengurangi penularan melalui hubungan seksual

•Jangan pernah melakukan seks oral jika sedang flu atau mempunyai HSV 1 dalam mulut, karena ini bisa menjadi penyebar virus ke alat kelamin

•Anda harus setia pada pasangan dan melakukan hubungan yang aman setiap melakukan seks tanpa ada pengecualian. Kurangi gesekan dan cegah timbulnya luka kecil di area vagina atau penis yang berpotensi masuknya virus kedalam tubuh.

•Cuci tangan setelah menyentuh luka, sebelum sentuh bagian tubuh lainnya untuk menghindari penyebaran virus.

Kami Klinik Apollo akan membantu menangani semua masalah kalangan yang mengalami tanda dan gejala herpes pada kelamin. Dokter yang ada di klinik kami tentunya sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor kami 081233881616 . Semua proses akan berjalan dengan cepat, tepat, dan akurat. Demikian mengenai penyakit herpes kelamin pada pria, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.