ciri-ciri herpes

Inilah Tanda Atau Ciri-Ciri Herpes Berbahaya

Herpes disebabkan oleh virus. Ada dua jenis dari ciri-ciri herpes yaitu virus herpes tipe 1 dan virus herpes tipe 2. Ke 2 virus ini dapat menginfeksi area genital dan anal dan juga mulut serta hidung. Herpes sangat menular dari orang ke orang. Ini dapat menyebabkan lepuhan yang sangat sakit dan menyakitkan pada alat kelamin.

Ini dapat mempengaruhi siapa saja yang aktif secara seksual. Bahkan setelah pengobatan, virus akan tetap ada di tubuh dan dapat menyebabkan gejala di kemudian hari. Tes dan pengujian biasanya melibatkan pengambilan cairan dari lepuhan. Itu dapat ditularkan melalui segala jenis kontak seksual.

Bahkan jika seseorang dengan herpes genital tidak memiliki gejala namun tetap dapat menularkannya. Salah 1 cara untuk melindungi diri adalah dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual dan menghindari kontak seksual sebelum atau setelah gejala. Diobati dengan pengobatan antivirus akan tetapi tidak ada obatnya.

konsultasi

Apa Pengertian Dari Herpes?

Herpes adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus. Jenis virus yang sama yang menyebabkan luka. Sebanyak orang dewasa yang aktif secara seksual menderita herpes genital. Herpes genital dapat menyebabkan pecahnya lepuhan atau luka pada alat kelamin dan anus. Setelah terinfeksi, dapat terus memiliki gejala selama hidupnya. Jika memiliki herpes genital, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Apa Yang Menyebabkan Herpes?

Herpes disebarkan atau ditularkan melalui kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki virus Herpes Simpleks Virus (HSV), biasanya selama seks genital atau seks oral . Itu juga bisa menyebar atau menular melalui ciuman, foreplay atau seks yang tidak menembus. Ada 2 jenis HSV, ke 2 virus dapat mempengaruhi area bibir, mulut, genital atau anal, namun:

• HSV tipe 1 umumnya menyebabkan luka di bibir atau di wajah.
• HSV tipe 2 menyebabkan sebagian besar herpes genital.

Virus HSV paling mudah menyebar atau menular ketika ada luka, akan tetapi masih bisa ditularkan bahkan jika seseorang tidak memiliki lepuhan atau luka atau gejala lainnya. Penularan tidak dapat terjadi selama pelukan, kolam renang, atau kursi toilet.

konsultasi

Ciri-Ciri Herpes Secara Umum

Sebagian besar orang yang terinfeksi herpes genital tidak memiliki ciri-ciri herpes, akan tetapi beberapa orang dapat mengalami beberapa ciri-ciri herpes seperti:

• Terasa menyengat atau kesemutan di area genital.
• Lepuhan yang kecil pada area genital yang berkembang menjadi luka berwarna merah yang kecil dan menyakitkan.
• Luka yang terlihat seperti ruam atau kulit yang pecah pada alat kelamin.
• Kesulitan kencing.

Herpes genital dapat menyebabkan berjangkitnya lepuhan dan luka pada alat kelamin. Gejala yang pertama infeksi juga dapat memiliki ciri-ciri herpes seperti flu seperti:

• Demam.
• Sakit kepala.
• Kelenjar bengkak.

Setelah ciri-ciri herpes pertama, virus tetap tidak aktif di tubuh selama sisa hidupnya, yang berarti dapat mengalami ciri-ciri herpes berulang (kekambuhan) luka. Ciri-ciri herpes berulang biasanya lebih ringan, lebih pendek dan lebih jarang dari waktu ke waktu. Biasanya lebih mungkin terjadi ketika sistem kekebalan tubuh lemah, karena penyakit, kelelahan atau stress.

konsultasi

Herpes Dan Cara Mendiagnosisnya

Dokter akan mengambil swab dari luka atau sakit untuk memeriksa HSV. Paling baik jika lepuhan kurang dari 4 hari. Dapat melakukan pemeriksaan untuk herpes ketika memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala dan jika mulai mengembangkan tanda-tanda dan gejala-gejala, lakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

Dokter kemungkinan dapat mendiagnosis herpes genital dengan melihat area yang terkena namun untuk mengkonfirmasi ini dengan mengambil cairan dari lepuhan di area yang terkena. Ini melibatkan menyeka usap (mirip dengan cotton bud) di atas lepuhan. Ini mungkin sedikit menyengat akan tetapi seharusnya tidak menyakitkan. Swab akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian dan biasanya akan mendapatkan hasilnya dalam 1 hingga hingga 2 minggu. Jika tidak memiliki gejala, tidak ada tes rutin untuk herpes genital.

ciri-ciri herpes

Cara Tepat Obati Herpes

Tidak ada pengobatan untuk herpes genital. Namun, untuk mengurangi gejala menggunakan pengobatan anti virus. Pengobatan dapat membantu mengendalikan gejala jika sering atau parah. Pengobatan anti virus dapat mengurangi risiko penularan virus ke pasangan seksual. Namun herpes genital akan hilang dengan sendirinya, dengan mencari pengobatan sejak dini, untuk mengurangi gejalanya berlangsung dan dapat membantu proses penyembuhan. Pengobatan ini juga dapat mengurangi risiko menularkannya kepada orang lain.

Untuk melakukan pengobatan efektif bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hubungi nomor kami di 081233881616 atau melalui layanan konsultasi online atau hotline kami seperti dibawah ini. Akan sangat membantu Anda dalam proses pengobatan lebih lanjut lagi. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Karena sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.