human papillomavirus adalah

Human Papillomavirus Adalah Virus Penyebab Infeksi

Human papillomavirus adalah HPV atau infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Human papillomavirus adalah HPV atau virus yang berbeda dari HIV dan Herpes Simpleks Virus (HSV). Pada kebanyakan orang terinfeksi di usia antara 20 tahun. Ada banyak jenis HPV menular. Beberapa jenis dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk kutil kelamin dan kanker. Akan tetapi ada vaksin yang dapat menghentikan masalah kesehatan yang terjadi.

Pengertian Human Papilloma Virus Adalah

Human papillomavirus adalah HPV atau IMS yang paling umum dan sebagian besar pria dan wanita yang aktif secara seksual terpapar virus di beberapa titik selama hidupnya. Human papilloma virus adalah HPV atau virus yang sangat umum dan ada banyak kasus HPV baru yang didiagnosis setiap tahunnya.

Ada berbagai jenis HPV. Beberapa dapat menyebabkan kutil kelamin dan yang lainnya dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Setiap tahun wanita dipengaruhi oleh kanker yang berasal dari HPV. Vaksin dapat melindungi dari infeksi. Human papillomavirus adalah HPV atau virus yang ditularkan dari kulit ke kulit melalui hubungan seksual atau bentuk lain dari kontak kulit ke kulit alat kelamin.

Sementara sebagian besar infeksi human papillomavirus adalah infeksi yang bersifat jinak dan menyebabkan kutil pada area tubuh termasuk tangan, kaki dan alat kelamin. Ada jenis tertentu yang menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi terkena jenis kanker tertentu. HPV dapat menginfeksi siapa saja yang aktif secara seksual berkali-kali, seseorang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala artinya tidak menunjukkan gejala virus.

Meskipun sebagian besar infeksi HPV sembuh sendiri, terkadang dapat tetap tidak aktif dan kemudian menginfeksi pasangan seksual baru atau yang sudah ada. HPV dapat ditularkan ke bayi selama kelahiran dan dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin atau sistem pernapasan. Jenis HPV yang menyebabkan kutil berbeda dari kelompok jenis HPV yang menyebabkan kanker.

konsultasi

Human Papillomavirus Adalah Penyebab Kutil Kelamin

Penularan human papillomavirus adalah dengan cara melakukan hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral dengan seseorang yang memiliki virus. Kondisi ini paling umum menyebar atau menular selama hubungan seks vaginal atau seks anal. HPV dapat ditularkan bahkan ketika seseorang yang terinfeksi tidak memiliki tanda dan gejala.

Siapapun yang aktif secara seksual bisa mendapatkan HPV, bahkan jika berhubungan seksual hanya dengan 1 orang. Anda juga dapat mengalami gejala selama bertahun-tahun setelah berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Ini membuat sulit untuk mengetahui waktu pertama kali terinfeksi.

konsultasi

Kenali Setiap Gejala-Gejala Daripada Kutil Kelamin

Human papilloma virus adalah HPV yang kemungkinan tidak dapat menyebabkan gejala sekaligus akan tetapi dapat muncul selama bertahun-tahun kemudian. Beberapa jenis dapat menyebabkan kutil sementara yang lainnya dapat menyeabbkan kanker. Gejala umum dari beberapa jenis human papillomavirus adalah kutil terutama kutil kelamin.

Kutil kelamin dapat muncul sebagai benjolan yang kecil atau sekelompok benjolan atau seperti batang. Benjolan ini umumnya dapat mempengaruhi vulva pada wanita atau kemungkinan serviks (leher rahim) dan penis atau skrotum pada pria. Kemungkinan juga dapat muncul di sekitar anus dan di pangkal paha. Benjolan ini dapat berkisar dalam ukuran dan penampilan dan menjadi besar, kecl, datar atau berbentuk bunga kol dan kemungkinan berwarna putih atau seperti daging. Kutil lain yang terkait dengan human papillomavirus adalah kutil umum, plantar dan kutil rata, meliputi:

• Kutil Yang Umum
Benjolan yang kasar dan terangkat yang paling umum ditemukan di tangan, di jari dan di siku.

• Kutil Plantar
Digambarkan sebagai pertumbuhan yang kasar di kaki yang paling sering pada tumit atau bola kaki.

• Kutil Rata
Umumnya menyerang anak-anak, remaja, dewasa. Muncul sebagai luka yang rata dan sedikit terangkat yang lebih gelap dari warna kulit yang normal dan paling sering ditemukan pada wajah, leher atau area yang telah tergores.

konsultasi

Bisakah Didiagnosis Dengan Akurat?

Jika kutil atau luka terlihat, dokter umumnya dapat membuat diagnosis HPV selama inspeksi visual. Namun tes atau pengujian tambahan kemungkinan diperlukan untuk mengkonfirmasi keberadaan HPV. Tes atau pengujian untuk mengevaluasi HPV atau perubaan serviks (leher rahim) terkait HPV termasuk pap smear, tes atau pengujian DNA.

Pap smear adalah tes atau pengujian yang digunakan untuk mengumpulkan sel-sel dari permukaan serviks (leher rahim) atau vagina dan akan mengungkapkan setiap kelainan sel yang dapat menyebabkan kanker. Penggunaan tes atau pengujian DNA dapat mengevaluasi untuk tipe HPV risiko tinggi dan direkomendasikan untuk wanita yang berusia 30 tahun ke atas dalam hubungannya dengan pap smear.

Ada juga tes atau pengujian DNA untuk HPV yang dapat digunakan tanpa melakukan tes atau pengujian pap bersamaan pada usia 25 tahun. Terkadang biopsi dari area abnormal (tidak normal_ kemungkinan diperlukan. Tidak ada tes atau pengujian yang tersedia pada pria untuk melakukan pemeriksaan HPV. Diagnosis dibuat terutama pada inspeksi visual. Dalam situasi tertentu jika pria atau wanita memiliki riwayat seks anal reseptif kemungkinan disarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

human papillomavirus adalah

Tentukan Pengobatan Yang Tepat Untuk Penyakit Ini

Berbagai jenis HPV akan memiliki gejala yang berbeda. Human papillomavirus adalah HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker. Tidak ada pengobatan untuk virus akan tetapi gejalanya dapat diobati. Pencegahannya adalah melalui vaksin HPV. Kutil yang dihasilkan dari HPV akan sering hilang tanpa pengobatan. Namun adanya pengobatan yang dapat diterapkan pada kulit untuk menghilangkan kutil itu sendiri. Dalam situasi tertentu, intervensi bedah kemungkinan diperlukan dan termasuk:

• Cryotherapy
Metode untuk membekukan area abnormal (tidak normal).

• Electrocautery
Untuk membakar area abnormal (tidak normal).

• Terapi Laser
Untuk menghilangkan jaringan yang tidak diinginkan.

• Pengobatan Intravena Interferon
Jarang digunakan karena risiko tinggi efek samping dan bianyanya.

• Operasi Pengangkatan
Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan yang terbaik tergantung pada jenis dan lokasi kutil yang sedang diobati. Meskipun kutil dan perubahan dapat dihilangkan, namun virus dapat tetap berada di dalam tubuh dan dapat ditularkan ke orang lain. Tidak ada pengobatan untuk menghilangkan virus dari tubuh.

Namun untuk lebih jelas lagi mengenai pengobatannya. Hubungi nomor Klinik Apollo di 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi online gratis seperti dibawah ini. Dengan begitu pengobatan efektif bisa didapatkan. Biaya pengobatannnya juga sangat terjangkau. Dengan pelayanan medis yang sangat baik.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.