hpv adalah

HPV Adalah Virus Yang Dapat Menyebabkan Infeksi

HPV adalah Human Papilloma Virus atau suatu infeksi virus yang paling umum pada saluran reproduksi. Pada kebanyakan wanita dan pria yang aktif secara seksual akan terinfeksi pada suatu saat dalam hidupnya dan beberapa kemungkinan terinfeksi berulang kali (kekambuhan). Penularan infeksi baik untuk wanita maupun pria adalah tidak lama setelah aktif secara seksual.

HPV ditularkan secara seksual, akan tetapi seks penetrasi tidak diperlukan untuk penularan. Kontak genital kulit ke kulit adalah cara penularan yang dikenali dengan baik. Ada banyak jenis HPV dan banyak yang tidak menyebabkan masalah. Infeksi HPV biasanya sembuh dalam beberapa bulan setelah akuisisi dan sebagian sembuh dalam 2 tahun.

Sebagian kecil infeksi dengan tipe HPV tertentu dapat bertahan dan berkembang menjadi kanker serviks (leher rahim). Kanker serviks (leher rahim) sejauh ini merupakan penyakit terkait HPV yang paling umum. Hampir semua kasus kanker serviks (leher rahim) dapat disebabkan oleh infeksi HPV. Infeksi dengan tipe HPV tertentu juga dapat menyebabkan proporsi kanker anus, kanker vulva, kanker vagina, kanker penis dan kanker orofaring yang dapat dicegah dengan menggunakan pencegahan serupa dengan kanker serviks (leher rahim).

Jenis HPV yang tidak menyebabkan kanker (terutama tipe 6 dan tipe 11) namun dapat menyebabkan kutil kelamin dan Papillomatosis pernapasan (penyakit di mana tumor tumbuh di saluran udara yang mengarah dari hidung dan mulut ke paru-paru). Meskipun kondisi ini sangat jarang mengakibatkan kematian, namun dapat menyebabkan penyakit yang signifikan. Kutil kelamin sangat umum dan sangat menular serta dapat mempengaruhi kehidupan seksual.

konsultasi

Pengertian HPV Adalah

HPV adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. HPV biasanya tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya, akan tetapi beberapa jenis dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin. Beberapa jenis infeksi HPV menyebabkan kutil dan beberapa dapat menyebabkan berbagai jenis kanker. Sebagian besar infeksi HPV tidak menyebabkan kanker.

Akan tetapi beberapa jenis HPV genital dapat menyebabkan kanker pada bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Jenis kanker lain termasuk kanker anus, kanker penis, kanker vagina, kanker vulva dan belakang tenggorokan (Oropharyngeal) telah dikaitkan dengan infeksi HPV. Infeksi ini sering ditularkan secara seksual atau melalui kontak kulit ke kulit lainnya. Vaksin dapat membantu melindungi dari HPV yang paling mungkin menyebabkan kutil kelamin atau kanker serviks (leher rahim).

HPV Adalah Penyebab Utama Kutil Kelamin

HPV adalah penyebab utama kutil kelamin dan mudah menyebar atau menular dari kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memilikinya. Penularan terjadi ketika vulva, vagina ,serviks (leher rahim), penis atau anus. Dan menyentuh alat kelamin orang lain atau mulut dan tenggorokan yang biasanya terjadi saat berhubungan seksual.

HPV dapat menyebar atau menular bahkan jika penis tidak masuk ke dalam vagina, anus atau mulut. HPV adalah PMS yang paling umum, akan tetapi seringkali bukan masalah besar. Biasanya hilang dengan sendirinya dan pada kebanyakan orang bahkan tidak mengetahui saat memiliki HPV. Sebagian besar orang yang berhubungan seksual tertular HPV pada titik tertentu dalam hidup nya.

konsultasi

Apa Saja Gejala-Gejala Dari HPV?

Pada kebanyakan orang dengan HPV tidak memiliki gejala atau masalah kesehatan. Terkadang HPV dapat menyebabkan kutil kelamin. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker. Sebagian besar orang yang memiliki tipe HPV risiko tinggi tidak akan pernah menunjukkan tanda-tanda infeksi sampai sudah menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Ini sebabnya pemeriksaan rutin sangat penting. Dalam kebanyakan kasus, kanker serviks (leher rahim) dapat dicegah dengan menentukan perubahan sel abnormal (tidak normal) yang, jika tidak diobati dapat berkembang menjadi kanker. Tes atau pengujian pap smear dapat mendeteksi sel-sel abnormal (tidak normal) pada serviks (leher rahim).

Tes atau pengujian Pap tidak secara langsung menguji kanker atau bahkan HPV akan tetapi dapat menemukan perubahan sel abnormal (tidak normal) yang kemungkinan disebabkan oleh HPV. Area masalah ini dapat dipantau oleh dokter dengan pengobatan sebelum berubah menjadi sesuatu yang lebih serius. Tidak ada tes atau pengujian untuk HPV risiko tinggi di vulva, penis, anus atau tenggorokan dan HPV itu sendiri tidak memiliki gejala. Jika menjadi kanker, maka kemungkinan adanya beberapa gejala seperti:

• Kanker penis kemungkinan menunjukkan gejala seperti perubahan warna atau ketebalan kulit penis atau luka yang menyakitkan muncul pada penis.
• Kanker anal dapat menyebabkan perdarahan anal, nyeri, gatal atau keputihan dan perubahan kebiasaan buang air besar (BAB).
• Kanker vulva kemungkinan dapat menunjukkan gejala seperti perubahan warna atau ketebalan kulit vulva. Adanya sakit kronis, gatal atau kemungkinan adanya benjolan.
• Kanker tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, sakit telinga yang tidak hilang, batuk terus-menerus, sakit atau kesulitan menelan atau bernapas, penurunan berat badan atau benjolan di leher.

konsultasi

Bagaimana HPV Didiagnosis?

Adanya tes pengujian HPV adalah untuk serviks (leher rahim), akan tetapi tidak untuk area genital lainnya. Karena HPV adalah umum dan sering hilang dengan sendirinya, itu tidak selalu perlu diuji untuk itu. Selain itu bisa melakukan tes atau pengujian Pap atau HPV dengan dokter . Untuk wanita biasanya dilakukan tes atau pengujian pap atau HPV sesuai kebutuhan. Seringnya melakukan tes atau pengujian tergantung pada usia, riwayat kesehatan dan hasil tes atau pengujian Pap atau HPV yang terakhir. Tes atau pengujian untuk PMS lain biasanya bukan bagian dari pemeriksaan rutin atau pemeriksaan ginekologis.

hpv adalah

Cara Mengobati HPV

Sebagian besar infeksi HPV hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang, maka jangan khawatir. Meskipun tidak ada pengobatan untuk virus, namun ada opsi pengobatan untuk masalah yang dapat disebabkan oleh HPV. Tidak ada pengobatan untuk HPV itu sendiri, akan tetapi jika memiliki HPV risiko tinggi maka dapat menyebabkan perubahan sel abnormal (tidak normal) yang dapat menyebabkan kanker. Jika mendapatkan hasil tes atau pengujian Pap yang abnormal (tidak normal) kemungkinan memerlukan tes dan pengobatan lebih lanjut termasuk:

• Kolposkopi yaitu prosedur untuk melihat lebih dekat pada serviks (leher rahim) untuk melihat adanya sel-sel prakanker.
• Cryotherapy yaitu pengobatan untuk membekukan dan mengangkat sel-sel pra kanker dari serviks (leher rahim).
• LEEP atau Loop Electrosurgical Excision Procedure yaitu pengobatan untuk mengangkat sel prakanker dari serviks (leher rahim) dengan arus listrik.

Tidak ada pengobatan untuk HPV, akan tetapi ada banyak hal yang dapat di lakukan untuk tetap sehat dan aman dan bahkan dapat dicegah. Ada vaksin yang dapat mencegah jenis HPV risiko tinggi dan jenis yang menyebabkan kutil kelamin. Sebagian besar tubuh dapat melawan HPV sebelum menyebabkan masalah serius dan bahkan sebelum menyadari bahwa adanya infeksi.

Untuk jenis HPV risiko tinggi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker, dengan menemukan perubahan sel abnormal (tidak normal) melalui tes atau pengujian Pap reguler atau tes dan pengujian HPV adalah cara terbaik yang dapat mencegah kanker serviks (leher rahim). HPV adalah virus yang tidak bisa hanya dibiarkan, namun harus segera diobati. Untuk info hubungi kami di 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.