herpes genitalis

Herpes Genitalis Apakah Bisa Disembuhkan Dengan Cepat?

Herpes genitalis menyebabkan luka dan borok. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan akan tetapi bisa hilang dalam 2 minggu hingga 3 minggu. Namun virusnya akan berada di dalam tubuh dan tidak aktif, kemungkinan gejala herpes genitalis akan kambuh kembali. Tidak ada pengobatan untuk herpes, akan tetapi ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk meringankan ketidaknyamanan dan menghindari gejala.

Seseorang dengan sistem kekebalan yang ditekan misalnya seseorang dengan HIV kemungkinan mengalami perjangkitan yang lebih lama dan menjadi lebih parah. Pada wanita hamil dapat mneularkan herpes pada bayinya, dan menyebabkan herpes neonatal (herpes pada bayi). Virus ini jauh lebih berbahaya pada bayi dan dapat menyebabkan keguguran selama kehamilan dan dapat menyebabkan kerusakan otak atau bahkan kematian pada bayi yang baru lahir.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes Genitalis?

Herpes genitalis disebabkan oleh virus. Ada 2 jenis virus yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 biasanya menyebabkan luka di mulut dan di bibir, sementara tipe 2 biasanya menyebabkan herpes disekitar alat kelamin, dubur atau kaki. Namun ini tidak selalu terjadi. Kemungkinan untuk tertular herpes genital dari seseorang yang menderita sakit di mulut. Kemungkinan juga untuk memiliki gejala herpes pada area kulit lain seperti pada tangan, wajah atau puting akan tetapi jarang terjadi.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Herpes genitalis paling infeksius selama gejala. Namun virus dapat ditularkan bahkan ketika tidak adanya gejala. Herpes ini disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Virus dapat masuk ke tubuh melalui kulit lembab di sekitar alat kelamin, mulut dan anus (selaput lendir) serta melalui luka yang kecil (misalnya pada jari atau tangan). Penularan herpes bisa melalui:

• Hubungan seks vaginal atau seks anal tanpa kondom atau bendungan oral dengan seseorang yang memiliki herpes bahkan jika tidak adanya gejala sekalipun.
• Seks oral tanpa kondom atau bendungan oral dari seseorang yang menderita luka, bahkan jika tidak adanya gejala sekalipun.
• Berbagi mainan seks (seks toys) yang tidak dicuci atau tidak ditutupi dengan kondom baru setiap kali digunakan.
• Tutup kontak genital yang berarti bisa mendapatkan herpes dari seseorang meskipun tidak adanya penetrasi, orgasme atau ejakulasi.

Kondom atau bendungan oral harus menutupi lepuhan apapun atau tidak akan terlindungi. Jika memiliki herpes saat hamil, maka dapat menularkan virus ke bayinya yang belum lahir. Konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin jika sedang hamil da mengkhawatirkan adanya herpes.

konsultasi

Kenali Gejala Dari Herpes Genitalis

Beberapa orang yang terinfeksi HSV kemungkinan mengalami gejala ringan atau tidak ada gejala sehingga kemungkinan tidak menyadarinya saat terinfeksi. Beberapa gejalanya dapat termasuk:

• Adanya benjolan yang kecil dan berwarna merah, lepuhan atau luka terbuka (borok) pada area genital, anal dan sekitarnya.
• Terasa nyeri atau terasa gatal di sekitar area genital, bokong atau paha bagian dalam.
• Terasa nyeri saat kencing.
• Gejalanya mirip dengan gejala flu seperti sakit kepala, demam dan nyeri pada otot.
• Pembengkakan kelenjar getah bening di area selangkangan.

Pada wanita, luka biasanya berkembang di area vagina, alat kelamin eksternal, bokong, anus atau serviks (leher rahim). Pada pria, luka bisa muncul di penis, skrotum, bokong, anus atau paha. Gejala awal herpes biasanya muncul sebagai rasa sakit atau terasa gatal di area genital setelah terpapar dengan pasangan seksual yang terinfeksi. Lepuhan yang kecil berwarna merah kemudian muncul di area genital dan bisa pecah.

konsultasi

Bagaimana Herpes Dilakukan Diagnosis?

Tes atau pengujian biasanya melibatkan pengambilan swab dari blister. Oleh karena itu jika memiliki luka maka harus melakukan pemeriksaan sesegera mungkin. Jika adanya herpes genitalis, maka harus melakukan tes atau pengujian untuk infeksi menular seksual (IMS) lainnya juga. Selain itu juga disarankan agar memberi tahu pasangan seksual yang baru-baru ini agar melakukan tes dan pengujian serta pengobatan. Pada kebanyakan orang yang memiliki herpes tidak menyadarinya dan dengan memberi tahu pasangan seksualnya dapat membantu menghentikan penyebaran atau penularan virus. Selain itu juga dapat menghentikannya daripada tertular infeksinya lagi.

herpes genitalis

Cara Tepat Mengobati Herpes Genitalis

Tidak ada pengobatan untuk herpes genitalis dan gejala biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun pengobatan antivirus dapat meringankan gejala dan dapat mengurangi kemungkinan penularan herpes. Pengobatan akan tergantung pada infeksi yang pertama dan gejala akan terus kambuh kembali. Untuk infeksi pertama, biasanya dengan pengobatan antivirus. Jika mengalami gejala berulang atau kambuh, kemungkinan pengobatan antivirus digunakan jika gejalanya parah. Gejalanya dapat diredakan dengan cara:

• Menjaga area yang terkena agar tetap bersih dengan menggunakan air biasa untuk mencegah luka atau bisul dari inefski dan dapat mambantu agar sembuh lebih cepat.
• Kompres dengan air dingin (es) ke luka untuk mengeringkan rasa sakit dan untuk mempercepar proses penyembuhan.
• Pengobatan lainnya untuk lepuhan atau bisul dapat mengurangi rasa sakit saat kencing.
• Dokter akan merekomendasikan pengobatan untuk penghilang rasa sakit.
• Mengkonsumsi banyak cairan untuk mencairkan urine dan akan membuat kencing tidak menyakitkan.
• Menghindari pakaian yang ketat karena dapat mengiritasi lepuhan dan bisul.

Pengeluaran luka dapat berisiko penularan infeksi ke area kulit lainnya. Usahakan hindari menyentuh atau menggosok blister karena dapat meningkatkan risiko penyebaran atau penularan infeksi. Jika pengobatan herpes mengharuskan mengobati luka, maka dilakukan dengan sangat hati-hati untuk tidak menggosok di sekitar area.

Jangan berhubungan seksual hingga pasangan seksual Anda juga menyelesaikan pengobatan dan luka borok hingga hilang. Jika ini adalah gejala pertama, terkadang disarankan agar melakukan pemeriksaan kembali setelah berhubungan seksual untuk memastikan gejalanya telah hilang. Untuk melakukan pengobatan bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Hubungi segera kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.