gonorrhea adalah

Gonorrhea Adalah Keluarnya Nanah Pada Kelamin

Gonorrhea adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, dubur dan tenggorokan. Gonorrhea adalah infeksi yang sangat umum terutama di kalangan remaja usia sekitar 15 tahuh hingga 24 tahun. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Pengertian Gonorrhea Adalah

Gonorrhea adalah PMS yang disebabkan oleh bakteri. Gonorrhea adalah kondisi yang cenderung menginfeksi area tubuh yang hangat dan lembab termasuk uretra (tabung yang mengeluarkan urine dari kandung kemih), mata, tenggorokan, vagina, dubur, saluran reproduksi wanita (saluran tuba, serviks atau leher rahim dan uterus). Gonorrhea adalah penyakit menular dari 1 orang ke orang lain melalui seks oral, seks anal dan seks vaginal tanpa kondom atau bendungan oral. Seseorang dengan banyaknya pasangan seksual atau seseorang yang tidak menggunakan kondom memiliki risiko infeksi terbesar.

Perlindungan terbaik terhadap infeksi adalah dengan menghindarinya, monogami (seks hanya dengan 1 pasangan seksual) dan penggunaan kondom yang tepat. Perilaku yang membuat seseorang lebih mungkin melalukan hubungan seksual tanpa kondom juga dapat meningkatkan kemungkinan infeksi. Perilaku ini termasuk penyalahgunaan alkohol yang berlebih dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya penggunaan dengan jarum suntik.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Gonorrhea?

Penularan gonorrhea dari hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral dengan seseorang yang menderita gonorrhea. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Seorang wanita hamil dengan gonorrhea dapat memberikan infeksinya pada bayinya saat melahirkan. Untuk mengatasinya selalu lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Gonorrhea?

Gejala gonorrhea adalah gejala yang biasanya terjadi dalam 2 hari hingga 14 hari setelah terpapar. Namun beberapa orang yang terinfeksi gonorrhea tidak pernah mengalami gejala yang nyata. Seseorang dengan gonorrhea yang tidak memiliki gejala juga disebut pembawa asimtomatik dan masih bisa menularkannya pada orang lain. Seseorang bisa menyebarkan atau menularkan infeksi ke pasangan lain ketika tidak adanya gejala yang terlihat.

Baca Juga : Penyakit Gonore Adalah Kencing Nanah Menular

konsultasi

1. Tanda Dan Gejala Gonorrhea Pada Pria

Pria kemungkinan tidak mengalami gejala yang terlihat selama beberapa minggu. Beberapa pria kemungkinan tidak pernah mengalami gejala. Biasanya infeksi muncul menunjukkan gejala setelah 1 minggu penularan. Gejala pertama yang terlihat pada pria adalah sensasi terbakar atau nyeri saat kencing. Perkembangan gejala lainnya kemungkinan termasuk :

• Frekuensi yang lebih besar atau urgensi kencing.
• Pengeluaran nanah (tetesan) darai penis berwarna putih, kuning, krem atau kehijauan.
• Bengkak atau kemerahan pada pembukaan penis.
• Pembengkakan atau nyeri pada testis.
• Sakit tenggorokan yang persisten.

Infeksi akan tetap di dalam tubuh selama beberapa minggu setelah gejalanya diobati. Dalam kasus yang jarang terjadi, gonorrhea dapat terus menyebabkan kerusakan pada tubuh khususnya uretra dan testis. Nyeri juga dapat menyebar atau menular ke rektum.

konsultasi

2. Tanda Dan Gejala Gonorrhea Pada Wanita

Pada kebanyakan wanita tidak mengalami gejala gonorrhea terbuka, Ketika wanita mengalami gejala, cenderung ringan atau mirip dengan infeksi lain yang membuat lebih sulit untuk didentifikasi. Infeksi gonorrhea dapat tampak seperti ragi vagina biasa atau infeksi bakteri. Tanda dan gejalanya dapat meliputi :

• Keluarnya cairan dari vagina (berair dan berwarna krem atau agak hijau).
• Rasa sakit atau sensasi terbakar saat kencing.
• Kebutuhan untuk kencing lebih sering.
• Periode yang lebih berat atau bercak.
• Sakit tenggorokan.
• Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.
• Terasa nyeri yang tajam pada perut bagian bawah.
• Demam.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Gonorrhea?

Dokter dapat mendiagnosis infeksi gonorrhea dengan beberapa cara. Dengan mengambil sampel cairan dari area simtomatik dengan menyeka penis, vagina, dubur atau tenggorokan. Jika adanya infeksi sendi atau infeksi darah, untuk memperoleh sampel dengan mengambil darah atau memasukkan jarum ke dalam sendi yang bergejala untuk menarik cairan.

Kemudian dengan menambahkan sampel dan melakukan pemeriksaan dibawah mikroskop. Jika sel berekasi terhadapnya, kemungkinan besar mengalami infeksi gonorrhea. Metode ini relatif cepat dan mudah akan tetapi tidak akurat. Tes atau pengujian ini juga dapat dilakukan di laboratorium. Metode ke 2 melibatkan pengambilan jenis sampel yang sama. Kondisi ini akan diinkubasi dalam kondisi pertumbuhan ideal selama beberapa hari. Koloni bakteri gonorrhea akan tumbuh jika adanya gonorrhea.

gonorrhea adalah

Pengobatan Ampuh Untuk Gonorrhea

Gonorrhea adalah penyakit yang harus diobati dengan pengobatan antibiotik yang dapat menyembuhkan sebagian besar infeksi gonorrhea. Tidak ada pengobatan yang dijual bebas untuk pengobatan infeksi gonorrhea. Jika diketahui menderita gonorrhea maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksana dengan dokter. Gonorrhea biasanya diobati dengan pegobatan antibiotik intravena.

Setelah menggunakan pengobatan antibiotik, biasanya akan terasa nyaman dalam beberapa hari. Munculnya gonorrhea yang kebal akan pengobatan antibiotik maka harus direkomendasikan dengan pengobatan lain yang berbeda. Untuk lebih jelasnya hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Tanda Penyakit Gonore Pada Laki Laki

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.