gonore adalah

Gonore Adalah Penyakit Menular Dengan Bakteri Gonococcus

Gonore adalah infeksi serius yang ditularkan melalui hubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Baik pada pria maupun pada wanita bisa terkena atau terinfeksi gonore. Infeksinya mudah menyebar atau mudah menular dan paling sering terjadi pada seseorang yang memiliki banyak pasangan seksual.

Gonore Adalah Penyakit Yang Harus Dihindari

Gonore adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Gonore merupakan IMS yang paling umum ke 2. Gonore adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Gonore adalah masalah yang sangat serius bagi wanita karena dapat merusak organ reproduksi pada wanita wanita. Gonore yaitu infeksi bakteri yang ditularkan secara seksual. Seseorang dapat terinfeksi ketika bakterinya memasuki celah apa pun di tubuh termasuk di penis, di anus, di vagina atau di mulut.

konsultasi

Penyebab Umum Gonore Adalah

Gonore adalah infeksi bakteri Neisseria Gonorrheaea atau Gonococcus. Seseorang dapat terinfeksi ketika bakteri memasuki celah apa pun di tubuh, termasuk penis, anus, vagina atau mulut. Area infeksi yang paling umum pada wanita adalah serviks (leher rahim) yaitu lubang dari vagina ke rahim. Pada pria, infeksinya paling sering muncul di uretra yaitu tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh.

konsultasi

Simak Ciri Ciri Gonore Secara Umum

Pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala. Jika gejalanya muncul, biasanya muncul dalam 2 hari setelah terinfeksi, akan tetapi bisa terjadi lebih lama. Pada seseorang yang memiliki gejala, gejalanya yang paling umum dapat termasuk:

1. Ciri Ciri Gonore Pada Wanita

• Adanya Keputihan yang tidak biasa atau keputihan yang meningkat (cairan berwarna kekuningan atau keputihan) dari vagina.
• Terasa nyeri serta terbakar saat kencing atau saat berhubungan seksual.
• Terasa nyeri di perut atau di punggung.
• Perdarahan bahkan saat tidak sedang haid atau menstruasi.
• Infeksi yang lebih serius dan demam.
• Gejalanya dari infeksi dubur dapat menyebabkan rasa sakit, terasa gatal, keluarnya cairan atau pendarahan dari dubur dan buang air besar (BAB) yang menyakitkan. Infeksi oral dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

2. Ciri Ciri Gonore Pada Pria

• Penis yang tidak biasa serta adanya cairan berwarna putih yang tebal atau berair yang berasal dari penis .
• Terasa nyeri atau terbakar ketika kencing atau ketika ingin kencing lebih banyak.
• Perasaan berat atau nyeri pada testis.
• Gejala dari infeksi dubur dapat menyebabkan rasa sakit, terasa gatal, keluarnya cairan atau pendarahan dari dubur dan buang air besar (BAB) yang menyakitkan. Infeksi oral dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

konsultasi

Bagaimana Gonore Dilakukan Diagnosis?

Salah 1 cara untuk mengetahui dengan pasti menderita gonore adalah dengan menjalani tes atau pengujian. Dokter kemungkinan meminta sampel urine (kencing) atau menyeka area yang terinfeksi dengan swab untuk menguji gonore. Pada kebanyakan orang dengan gonore juga menderita Chlamydia dan harus diuji dan diobati untuk ke 2 nya.

Beberapa tes atau pengujian di laboratorium dilakukan untuk mendiagnosis gonore. Untuk memperoleh sampel cairan dari selaput lendir yang terinfeksi seperti serviks (leher rahim), uretra, rektum atau tenggorokan dan dianalisis di laboratorium untuk dianalisis. Gonore yang ada di saluran genital pria atau wanita dapat didiagnosis di laboratorium dengan menggunakan spesimen urine dari seseorang yang terinfeksi.

gonore adalah

Cara Tepat Atasi Gonore

Gonore mudah diobati dengan pengobatan oral maupun intravena. Dosis tunggal pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan sebagian besar kasus gonore. Konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan tes maupun pengujian agar didiagnosis dan dilakukan pengobatan. Gonore diobati dengan pengobatan antibiotik, baik itu pengobatan oral maupun pengobatan intravena.

Pasangan seksualnya juga harus melakukan pengobatan. Lakukan pengobatan meskipun gejalanya telah hilang. Pada kebanyakan pengobatan antibiotik yang digunakan berhasil dalam menyembuhkan gonore pada remaja dan dewasa. Pengobatan antibiotik sangat umum dan pada kebanyakan tidak lagi digunakan untuk mengobati gonore, karena banyak strain bakteri gonore telah menjadi resisten terhadap pengobatan tersebut.

Karena pada kebanyakan orang dengan gonore juga menderita klamidia, maka pengobatan antibiotik untuk ke 2 infeksi tersebut juga biasanya harus diberikan secara bersamaan. Seseorang dengan gonore juga harus diskrining untuk PMS lainnya. Sangat penting untuk melakukan semua pengobatan yang diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan gonore, bahkan jika gejala atau tandanya hilang sebelum semua pengobatan selesai.

Meskipun dengan pengobatan dapat menghentikan infeksinya, namun tidak dapat memperbaiki kerusakan permanen yang telah terjadi oleh penyakit tersebut. Seseorang yang menderita gonore dan telah melakukan pengobatan juga dapat terkena penyakit ini lagi jika melakukan kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Untuk pencegahannya segera lakukan konsultasi dengan dokter di Klinik Apollo. Hubungi kami di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Selalu percayakan pengobatan Anda, karena pengobatan di Klinik Apollo sangat aman dan terpercaya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.