penyakit kelamin sifilis

Gejala Umum Penyakit Kelamin Sifilis

Pembahasan mengenai penyakit kelamin sifilis mungkin merupakan hal tabu dan memalukan. Tentunya Anda sudah sering mendengar sifilis atau raja singa. Sudahkan Anda memahami tanda dan gejala sifilis?

Sifilis merupakan sebuah infeksi bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual dan sebenarnya bukan hal sulit diobati. Namun biasanya kalangan penderita tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit kelamin tersebut dan pada akhirnya menularkan pada orang lain.

konsultasi

Mengetahui Gejala Penyakit Kelamin Sifilis

Gejala sifilis tidak terlalu terlihat dan bisa menjadi tidak aktif dalam beberapa waktu. Ketika sifilis menjadi dorman, maka penderita sebenarnya tetap terserang penyakit ini. Sifilis memang membutuhkan obat dari dokter, karena tidak mudah menghilang dengan sendirinya. Obat sifilis hanya bisa Anda dapatkan melalui resep dokter.

Penyakit kelamin sifilis pada umumnya bisa diketahui setelah adanya pemeriksaan, namun hal tersebut tidak akan berarti jika Anda tidak memperoleh tanda dan gejala tersebut. Deteksi terhadap sifilis memang penting bagi penderita dan beberapa kalangan disekitarnya.

Pada awalnya sifilis mungkin tidak akan pernah mengganggu, namun jika tak segera diobati, penyakit menular seksual menjadi semakin parah dan menyerang beberapa organ vital seperti otak, hati, jantung dan lain sebagainya. Gejala sifilis pada umumnya terbagi menjadi beberapa tahapan diantaranya :

Baca Juga : Kenali Setiap Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Lelaki Yang Umum

konsultasi

1. Gejala sifilis primer

Gejala sifilis yang muncul pertama kalinya yakni menimbulkan luka di area kelamin, anus, dan mulut. Setidaknya selama beberapa minggu setelah penderita terserang infeksi. Luka yang muncul bisa hanya satu dan banyak. Luka tersebut tidak akan pernah menimbulkan rasa sakit dan terkadang tak disadari oleh kalangan penderitanya. Biasanya luka tersebut akan hilang tanpa meninggalkan bekas dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

2. Gejala sifilis sekunder

Di tahapan ini, penderita akan merasakan gejala sifilis yang berupa munculnya ruam dalam tubuh. Ruam tersebut berbentuk bulat dan akan muncul beberapa minggu setelah luka sebelumnya telah sembuh. Ruam tersebut akan menjalar sampai bagian telapak tangan dan kaki. Namun ruam yang muncul tidak akan pernah menimbulkan rasa sakit atau gatal.

Terkadang penderita pada tahap ini tak hanya mengalami ruam, namun luka pada alat kelamin, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala sifilis pada tahap ini akan menghilang dan sembuh dengan sendirinya atau bahkan bisa hilang dan timbul kembali selama bertahun-tahun.

konsultasi

3. Gejala sifilis laten

Penderita tak akan pernah memperoleh gejala sifilis di tahap ini dan akan menjadi dorman. Fase ini bisa berlangsung selama beberapa tahun dan tidak menimbulkan gejala apapun. Namun terkadang tahap ini bisa berlanjut ke penyakit kelamin sifilis fase tersier.

penyakit kelamin sifilis

4. Gejala sifilis tersier

Jika tidak segera memperoleh penanganan, penderita akan mengalami beberapa kerusakan pada organ seperti mata, tulang dan sendi, pembuluh darah, otak, dan hati. Kerusakan tersebut bisa muncul selama bertahun-tahun setelah adanya infeksi. Terkadang penderita juga akan mengalami demensia, kebutaan, impotensi dan kematian.

Jadi penyakit kelamin sifilis pada awalnya tidak akan memberi dampak yang besar, namun bisa mematikan kedepannya. Waspada terhadapa gejala dan tanda sifilis yang sudah kami sampaikan diatas. Lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Semua pasien akan memperoleh pelayanan secara maksimal, karena kami merupakan klinik terbaik dan professional di Jakarta. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin sifilis, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Raja Singa Adalah Penyakit Sipilis Menular

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.