gejala penyakit menular seksual

Gejala Penyakit Menular Seksual Apakah Bisa Ditangani?

Gejala penyakit menular seksual (PMS) sangat bervariasi dari setiap orang, tergantung pada penyebabnya dan pada kebanyakan orang kemungkinan tidak mengalami adanya gejala penyakit menular seksual sama sekali. Penyakit menular seksual (PMS) juga disebut infeksi menular seksual (IMS) yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang ditularkan dari orang ke orang selama kontak seksual dengan penis, vagina, anus atau mulut.

Pada kebanyakan PMS dan IMS memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan. Seperti PMS tertentu juga dapat meningkatkan risiko terkena dan menularkan HIV atau AIDS dan mengubah cara penyakitnya berkembang. PMS juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang terutama pada wanita dan pda bayi. Beberapa masalah kesehatan yang muncul dari PMS termasuk penyakit radang panggul (PID), infertilitas atau kemandulan, kehamilan tuba, kehamilan ektopik, kanker serviks (leher rahim) dan infeksi perinatal atau infeksi bawaan pada bayi.

konsultasi

Apa Itu Penyakit Menular Seksual?

Penyakit menular seksual (PMS) adalah infeksi yang dapat diperoleh dari melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi. Infeksi ini biasanya ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan intim. Selain itu juga dapat ditularkan melalui seks anal, oral seks, atau kontak kulit ke kulit. PMS dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. PMS yang disebabkan oleh virus termasuk hepatitis B, herpes, HIV, dan Human Papilloma Virus (HPV). PMS yang disebabkan oleh bakteri termasuk klamidia , gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa) .

Penyebab Penyakit Menular Seksual

Jika pernah berhubungan seksual, kemungkinan berisiko terkena PMS. Risiko lebih tinggi jika memiliki banyak pasangan seksual, berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki banyak pasangan seksual atau berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Penyebab utama PMS adalah bakteri, virus dan parasit. PMS dapat menyebar atau menular melalui hubungan seksual dan beberapa PMS juga disebarkan atau ditularkan melalui aktifitas seksual lainnya.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Menular Seksual

Berikut ini gejala penyakit menular seksual secara umum meliputi:

• Terasa gatal di sekitar vagina atau adanya cairan yang keluar dari vagina pada wanita.
• Debit dari penis pada pria.
• Rasa sakit saat berhubungan seksual atau saat kencing.
• Terasa nyeri di area panggul (pelvic).
• Sakit tenggorokan pada seseirang yang melakukan seks oral.
• Terasa nyeri di dalam atau disekitar anus untuk seseorang yang melakukan seks anal.
• Luka chancre (luka berwarna merah yang tidak nyeri) pada area genital, anus, lidah dan tenggorokan.
• Ruam bersisik di telapak tangan dan di telapak kaki.
• Urine yang gelap, tinja yang longgar dan berwarna muda serta mata dan kulit yang berwarna kuning.
• Lepuhan yang kecil dan berubah menjadi koreng pada area genital.
• Kelenjar yang membengkak, demam dan sakit pada tubuh.
• Infeksi yang tidak biasa, kelelahan, keringat malam dan penurunan berat badan.
• Kutil yang lembut berwarna daging disekitar area genital.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Menular Seksual Didiagnosis?

Sebagian besar PMS dapat didiagnosis melalui pemeriksaan dengan dokter, biakan sekresi dari vagina atau dari penis dilakukan melalui tes atau pengujian darah. Dokter menggunakan berbagai metode, seperti pemeriksaan fisik, tes atau pengujian luka atau cairan, tes Pap smear dan tes atau pengujian darah untuk mendiagnosis gejala penyakit menular seksual.

gejala penyakit menular seksual

Penanganan Ampuh Untuk Penyakit Menular Seksual

PMS yang disebabkan oleh bakteri (seperti klamidia) dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Akan tetapi PMS yang disebabkan oleh virus (seperti HIV atau herpes) tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Dokter tidak dapat mengobati gejala penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus tersebut.

Usahakan tidak menunda-nunda pengobatan. Pengobatan sejak dini dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang serius. Bahkan jika pengobatan tidak dapat menyembuhkan PMS sepenuhnya, maka pengobatan ini dapat membantu agar tidak merasakan sakit yang parah. Jika diberikan pengobatan untuk PMS maka lakukan sesuai resep dari dokter.

Penyakit kelamin atau PMS virus seperti HIV, herpes genital, hepatitis dan Sitomegalovirus tidak dapat disembuhkan. Beberapa PMS yang disebabkan oleh bakteri atau parasit dapat disembuhkan. Pengobatan untuk PMS dapat membantu meminimalkan atau menghilangkan gejala penyakit menular seksual dan dapat mengurangi risiko penularan.

Lakukan pengobatan ini hanya di Klinik Apollo, dengan menghubungi nomor kontak telepon kami di 081233881616 atau bisa melakukan konsultasi melalui layanan hotline kami seperti dibawah ini. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan terbaiknya. Begitupun biaya pengobatan yang harus dikeluarkan sangat terjangkau.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.