ciri penyakit jengger ayam

Ciri Penyakit Jengger Ayam Dan Tanda Gejalanya

Bagi Anda yang mempunyai masalah atau peduli mengenai penyakit yang menyerang alat vital, harus kenali salah satu ciri penyakit jengger ayam. Mungkin Anda lebih mengenalnya dengan nama kutil kelamin yakni sebuah penyakit seksual menular. Hal tersebut disebabkan karena kutil kelamin merupakan penyakit yang hadir karena bakteri bernama human papilloma virus.

konsultasi

Proses penularan dari penyakit ini yakni melalui kontak virus, kulit dengan kulit ketika berktivitas seksual. Seseorang yang terjangkit penyakit ini yakni, mereka melakukan hubungan seksual, namun ternyata salah satunya merupakan penderita penyakit kutil kelamin. Jadi kutil merupakan penyakit menular, jadi kondisi tersebut rentan menyerang sipapun.

Faktor yang menyebabkan penyakit tersebut yakni hubungan seksual tanpa pengaman, meakukan hubungan seks dengan kalangan yang tidak jelas riwayat seksnya, apakah dia suka berganti-ganti pasangan atau justru sebaliknya, dan sudah jalankan kegiatan seksual sejak remaja. Penularan penyakit kutil kelamin bisa terjadi melalui alat bantu seks yang sudah terjangkit virus tersebut.

Baca juga: Penyakit Gonore Adalah Kencing Nanah Menular

konsultasi

Apa Gejala Dan Ciri Penyakit Jengger Ayam?

Ukuran kutil kelamin mayoritasnya kecil, oleh karena itu bentuk fisiknya tak mudah dilihat secara kasat mata. Kalangan yang mempunyai atau mengalami kondisi tersebut akan merasakan gatal di area genitalnya. Ukuran dari kutil ini tumbuh satu persatu, posisinya berdekatan, atau bisa berbentuk kelompok, sehingga lebih besar. Kutil yang tumbuh di area genital pria berada di bagian ujung atau batang penis, serta kantong prostat.

Sedangkan jenis kutil yang tumbuh di area vital wanita berada di dinding vagina, vulva, kulit, leher rahim, lubang anus, dan lubang vagina. Bukan hanya itu saja, ciri penyakit jengger ayam bisa tumbuh di area vital kalangan pria maupun wanita.

Hal tersebut dengan mudah terjadi ketika seseorang melakukan seks oral dengan penderita kutil kelamin. Walaupun kelihatannya berbahaya untuk kehamilan, namun bagi wanita yang mengalami ciri penyakit jengger ayam ini tidak akan menimbulkan resiko yang tinggi.

konsultasi

ciri penyakit jengger ayam

Bagaimana Cara Pengobatan Kutil Kelamin?

Bagi ahli medis, cukup mudah untuk mengenali seseorang terserang penyakit jengger ayam. Namun jika letak dari kutil berada di bagian yang sulit dijangkau serta kasat mata seperti halnya anus, vagina, uretra, bahkan anus, terdapat beberapa alat bantu khusus yang harus dikenakan dokter untuk melihatnya dengan jelas.

Selain dilihat dengan mata secara langsung, dokter juga bisa melihat kutil melalui kaca pembesar. Proses pemeriksaan menggunakan kaca pembesar tergantung pada lokasi, dimana kutil tersebut sedang tumbuh dan berkembang. Jika tumbuh di area anus, maka dokter akan menggunakan proktoskop. Jika kutil tumbuh dibagian vagina, dokter akan menggunakan sebuah alat speculum. Tujuannya yakni untuk melihat dalam dinding atau leher rahim.

Anda harus periksakan kondisi tersebut pada dokter jika memperoleh tanda dan gejala, sering berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom dan salah satu pasangan menderita penyakit yang disebabkan oleh bakteri, maka tidak akan lama Anda akan terjangkit pula.

Jadi bagimana proses pengobatan pada ciri penyakit jengger ayam? Terdapat beberapa jenis pengobatan yang berhubungan dengan kutil kelamin yakni ablasi dan topical. Bagi kalangan yang memilih pengobatan topikal, proses penanganan dilakukan ketika bagian kutil di oles menggunakan beberapa jenis obat seperti krim, cair, dan salep yang mengandung zat tertentu. Pengobatan topikal hanya berlaku pada kalangan penderita kutil ringan.

Anda bisa konsultasikan semua masalah bersama kami di Klinik Apollo dan mendapatkan penanganan yang tepat bersama-sama. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor yang sudah kami sediakan 081233881616. Sekian mengenai penyakit jengger ayam, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.