penyakit menular seksual

Cara Mengatasi Penyakit Menular Seksual

Terdiagnosa terserang penyakit menular seksual tentu menjadi pukulan berat bagi beberapa kalangan. Pasalnya penyakit kelamin menjadi hal yang dianggap memalukan. Namun Anda jangan merasa rendah diri dahulu, ketika terserang penyakit kelamin, ada beberapa hal yang sebaiknya segera dijalankan.

Baca juga: Timbulnya Sariawan, Ada Indikasi Penyakit Kelamin Wanita?

konsultasi

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Menular Seksual?

1.Ingat anda tidak sendiri

Walaupun opini pada penyakit kelamin masih sangat negative, namun faktanya setiap tahun kasus ini selalu terjadi. Pada dasarnya penyakit kelamin sama dengan infeksi menular non seksual lainnya. Anda jangan berkecil hati, ingat bahwa Anda tidak sendiri. Jangan sampai mengalami depresi karena memikirkan masalah ini dan merasa terpojok.

2.Jangan menyalahkan orang lain

Ketika Anda divonis terserang penyakit menular seksual, mungkin yang ada pada pikiran yakni karena pasangan dan menyalahkan mereka. Padahal Anda sendiri belum mengetahui persis, dari mana Anda terserang infeksi tersebut.

Apabila Anda mencurigai pasangan menularnya infeksi kelamin pada Anda, maka usahakan tetap bersikap tenang walaupun sulit. Anda bisa ajak pasangan berdiskusi dan minta ia untuk menjalankan tes yang sama.

Karena, infeksi menular seksual memang tidak selalu menular melalui hubungan seks. HIV contohnya, termasuk pada infeksi yang bisa ditularkan melalui sebuah proses transfusi darah karena jarum yang digunakan tidak bersih dan berulang.

konsultasi

penyakit menular seksual

3.Komunikasi bersama pasangan

Hal lain yang perlu Anda jalankan ketika terserang penyakit menular seksual yakni mengajak pasangan untuk berbicara. Pastikan tidak membicarakan masalah ini melalui pesan atau telepon.

Usahakan untuk luangkan waktu secara langsung. Dengan begini, resiko kesalahpahaman bisa terhindari. Dengan bertemu langsung, pasangan juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang mungkin ada pada benaknya.

4.Cari tahu mengenai penyakit yang menyerang anda

Ketika dijatuhkan vonis mengidap penyakit kelamin, cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai infeksi yang ada dalam tubuh. Anda juga harus memahami mengenai gejala, penyebab, cara penularan, hingga pilihan penanganan yang tepat.

Pastikan untuk mencari tahu apakah infeksi yang Anda miliki bisa disembuhkan atau ditangani saja. Pasalnya, beberapa jenis penyakit memang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikelola dengan proses pengobatan yang tepat. Dengan mengetahui secara jelas mengenai kondisi tubuh saat ini, Anda akan tahu hal apa yang harus dijalankan.

konsultasi

5.Anda tetap bisa menjalankan hubungan seksual

Banyak kalangan yang berasumsi ketika seseorang terserang penyakit kelamin, maka kehidupan seks telah berakhir. Jangan salah, Anda tetap bisa berhubungan seksual dan menjalankan hubungan bersama pasangan, asalkan dengan seks yang aman dan mengetahui berbagai resikonya.

Maka dari itu, yang perlu lakukan yakni mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit yang hinggap. Anda juga bisa tanyakan kepada dokter mengenai apa yang boleh dan tidak diperbolehkan sebelum berhubungan seksual.

6.Tetap kuat untuk kemungkinan terburuk

Salah satu kemungkinan terburuk ketika Anda terserang penyakit menular seksual yakni mengalami berbagai diskriminasi, termasuk pasangan. Pada kondisi ini, Anda harus menyadari bahwa penyakit kelamin memang dianggap sebagai masalah yang menakutkan.

Bahkan tidak jarang, ada beberapa kalangan yang tidak mau bersentuhan karena berpikir akan tertular. Walaupun sulit, Anda tetap harus menerima dengan lapang dan ingat bahwa Anda tidak sendirian.

Sekarang saatnya lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan terjamin. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.