penyakit kelamin pria

Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Pria

Hubungan seksual yang dijalankan tanpa pengaman memang berisiko, terlebih jika Anda sering berganti-ganti pasangan, lalu apa saja jenis penyakit kelamin pria?. Hal ini akan meningkatan resiko terserangnya penyakit menular seksual. Sudah tahukan kalian mengenai beberapa jenis penyakit menular seksual yang pada umumnya menyerang kaum pria?

Baca juga: Gejala Penyakit Kelamin Theo Paling Umum

konsultasi

Apa saja Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Pria?

1.Gonore

Penyakit yang dikenal dengan sebutan kencing nanah ini disebabkan oleh jenis bakteri gonococcus. Diantara banyaknya jenis penyakit kelamin pria. Jadi gonore merupakan salah satu infeksi yang sering terjadi. Gejala yang muncul biasanya yakni keluarnya cairan kental dengan warna kuning atau hijau yang menyerupai nanah dari penis.

Keluarnya cairan ini biasanya disertai dengan rasa nyeri, terutama ketika berkemih. Ketika terserang infeksi, bakteri gonococcus mempunyai potensi menyebar ke area dubur, tenggorokan, mata dan saluran kencing. Pada tingkat yang semakin parah, gonore bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

2.Klamidia

Tak seperti penyakit gonore, klamidia mempunyai gejala yang cukup ringan. Penyakit ini pada umumnya ditandai dengan keluarnya cairan bening dari ujung penis. Tanda dan gejala tersebut biasanya muncul kurang lebih 3 minggu setelah bakteri chlamydia trachomatis menyerang. Bakteri ini rentan menyerang kaum pria yang sering bergonta ganti pasangan ketika berhubungan seksual, tanpa mengenakan pengaman.

Pada sebuah tahap yang lebih parah, klamidia juga akan munculnya gejala nyeri atau panas ketika buang air kecil, keluarnya cairan dengan warna putih dari ujung penis, serta nyeri di bagian testis. Apabila tidak segera ditangani, infeksi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang serius. Bahkan tidak jarang dapat mengakibatkan kemandulan dan rusaknya organ reproduksi pria.

konsultasi

penyakit kelamin pria

3.Sifilis

Penyakit kelamin pria satu ini disebabkan oleh bakteri dengan nama treponema pallidum. Di tahap awal, pengidap sifilis akan mengalami ruam atau luka yang tidak terasa nyeri, di area penis atau mulut.

Pada tahap selanjutnya, gejala menjadi lebih berat, seperti timbulnya ruam merah di beberapa bagian tubuh. Bahkan jika tidak segera ditangani, sipilis menjadi semakin parah dan berpotensi menyebabkan kematian atau kelumpuhan.

Untuk mengobati infeksi penyakit kelamin pria, dokter yang ahli dalam bidangnya akan memberi antibiotic guna mematikan bakteri yang menginfeksi tubuh pengidap. Pengambilan cairan sampel bisa dilakukan untuk diperiksa di Lab, dengan tujuan memastikan diagnosa.

konsultasi

4.Epididimitis

Epididimis merupakan sebuah kondisi ketika epididimis mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Epididimis merupakan saluran di bagian belakang testis yang mempunyai fungsi membawa sperma dari testis menuju uretra. Pada beberapa kasus, epididimis bisa menyebabkan komplikasi lainnya seperti menginfeksi testis. Kondisi ini biasa disebut dengan epididymo-orchitis.

Tanda dan gejala umum yang dialami pengidap epididimitis yakni nyeri ketika buang air kecil yang terkadang disertai dengan darah, nyeri bagian testis, hingga demam ringan. Selain karena infeksi bakteri, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh adanya hal non seksual seperti riwayat penyakit prostat dan infeksi saluran kencing, atau trauma akibat cedera di bagian paha.

Itulah beberapa jenis penyakit menular seksual yang pada umumnya menyerang kalangan pria. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai infeksi tersebut atau masalah kesehatan lainnya, jangan pernah ragu untuk diskusikan dengan dokter.

Kami merupakan Klinik Apollo Jakarta yang akan memberi penanganan terjamin dan akurat kepada semua pasien. Maka segera lakukan reservasi untuk memperoleh informasi lebih lengkap di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin pria, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.