penyakit kelamin

Beragam Jenis Penyakit Kelamin Wanita Dan Pria

Organ kelamin pria memang rawan terserang berbagai jenis penyakit kelamin. Lalu apa saja penyakit kelamin pada kalangan pria? Banyak faktor dan penyebab yang mendasari timbulnya infeksi kelamin pada kalangan pria maupun wanita, yang banyak ditemukan yakni berhubungan seksual yang tidak aman atau suka berganti-ganti pasangan. Mari kita simak ulasan lengkap yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kelamin Yang Harus Dipahami

konsultasi

Jenis Jenis Penyakit Kelamin Bagi Semua Kalangan

1.Klamidia

Klamidia merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit tersebut pada umumnya akan menyerang wanita dan pria berusia muda serta aktif melakukan hubungan seksual. Gejala yang akan dialami berupa nyeri dan rasa terbakar ketika buang air kecil, nyeri ketika berhubungan seksual, keluarnya cairan berwarna putih dari kelamin ketika hamil. Namun seringkali penderita yang terserang tidak mengalami gejala apapun, sehingga pengobatan terlambat atau tidak dimulai sejak dini.

2.Kutil kelamin

Kutil disebabkan oleh virus Human papillomavirus, muncul berupa satuan atau banyak kutil di area kelamin dalam masa tertentu, timbulnya yakni setelah berhubungan seksual dengan penderita penyakit kutil kelamin. Jadi pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita, karena terletak di bagian vagina, bentuknya terlalu kecil.

Tanda gejalanya berupa benjolan yang muncul seperti kembang kol atau jengger ayam pada bagian penis atau anus. Kutil kelamin bisa diuji dengan lapisan cuka. Jenis penyakit kelamin satu ini bisa memberi dampak serius pada wanita karena berisiko menyebabkan kanker serviks. Kabar baiknya, kutil kelamin ini bisa disembuhkan, wanita harus jalankan pap smear setiap berganti pasangan.

konsultasi

 penyakit kelamin

3.Kencing nanah

Kencing nanah atau gonore disebabkan oleh infeksi bakteri di area kelamin. Pada tahap lanjutan, penyakit kelamin kencing nanah ini akan menimbulkan sakit yang sangat mengganggu penderitanya. Nanah yang keluar dari kemaluan membuat pasien sangat menderita. Penyakit tersebut bisa diatasi dengan konsumsi antibiotic.

4.Herpes

Jenis penyakit kelamin pria selanjutnya yakni herpes. Penyakit kelamin ini disebabkan oleh virus. Jika tubuh Anda rentan atau sedang menurun, maka virus akan segera menyerang. Adanya lubang kecil terbuka dan berair merupakan salah satu tanda herpes. Tanda ini memang kadang timbul atau justru sebaliknya. Tertular herpes sama halnya Anda mempunyai masalah buruk pada tubuh, sebab virus tak mudah hilang, mereka akan tertidur dalam tubuh dan dapat kambuh sewaktu-waktu.

konsultasi

5.Infeksi jamur

Selanjutnya penyakit kelamin pria lainnya yakni infeksi jamur. Seperti namanya, penyakit tersebut disebabkan oleh jamur yang menimbulkan rasa gatal serta kemerahan di bawah kulit penis. Selain penyakit kelamin pria yang sudah kami sebutkan diatas, beberapa kondisi kelamin pria lainnya yakni sifilis, kutil kelamin hingga HIV.

Untuk sifilis, gejala yang ditimbulkan tidak terlalu terasa, namun pada stadium lanjut, penyakit kelamin pria ini bisa menyebabkan derita kesehatan yang cukup beresiko. Komplikasi akibat penyakit sifilis tersebut berupa rapuhnya tulang hingga kerusakan organ tubuh yang lainnya, jika tak segera diobati Anda akan memperoleh resiko yang cukup besar.

6.Kutu kelamin

Kutu kelamin disebabkan oleh bakteri Pedikulosis pubis. Ukuran kutu tersebut sangat kecil, berwarna abu kecoklatan, dan akan menetap di bagian rambut kelamin. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut pasien.

Untuk memperoleh penanganan yang tepat anda bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo. Lakukan reservasi terlebih dahulu di kontak person 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit kelamin, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.