kondiloma akuminata

Bagaimana Cara Mengobati Kondiloma Akuminata?

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah bentuk paling umum dari luka mukosa genital virus dan disebabkan oleh infeksi dengan beberapa jenis virus. Infeksi ini bermanifestasi sebagai papula berdaging verrucous yang dapat menyatu menjadi plak. Ukuran luka berkisar dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Kutil dapat ditemukan di mana saja di area anogenital atau genital termasuk pada permukaan mukosa. Warnanya bisa bervariasi dari keputih-putihan ke warna daging hingga hiperpigmentasi hingga erythematous.

Apa Itu Kondiloma Akuminata?

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin disebabkan oleh beberapa jenis virus. Kutil kelamin disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Kutil kelamin adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil kelamin adalah benjolan yang kecil di dalam atau di sekitar vagina, di serviks (leher rahim), di penis atau di skrotum atau di sekitar anus.

Kondiloma akuminata pada bagian lain tubuh disebabkan oleh berbagai jenis virus dan tidak menular secara seksual. Kutil kelamin adalah pertumbuhan kulit di area selangkangan, genital atau anal. Kutil dapat memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Beberapa kutil terlihat seperti bercak berwarna putih dan datar dan yang lain bergelombang seperti bunga kol yang kecil. Terkadang tidak bisa melihat kutil sama sekali.

konsultasi

Apa Penyebab Utamanya?

Seseorang bisa tertular Human Papilloma Virus (HPV) atau kondiloma akuminata melalui kulit dekat dengan kontak kulit dan biasanya saat berhubungan seksual. Kutil kelmain kemungkinan membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk muncul setelah berhubungan seksual atau kutil kemungkinan tidak pernah muncul sama sekali.

HPV adalah virus. Jenis virus tertentu menyebabkan kutil kelamin dan beberapa jenis menyebabkan perubahan sel serviks (leher rahim) yang tidak normal (abnormal) dan kanker serviks (leher rahim). HPV dan kutil kelamin dapat disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki virus.

konsultasi

Kenali Gejala Kondiloma Akuminata

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki gejala. Akan tetapi jika adanya gejala, gejalanya kemungkinan sangat ringan sehingga tidak mengetahuinya saat terinfeksi. Gejala-gejalanya kemungkinan termasuk rasa sakit, gatal dan perdarahan atau kemungkinan mengalami kutil kelamin yang terlihat.

Jika memiliki gejala, kemungkinan akan muncul dalam 2 bulan hingga 3 bulan setelah infeksi. Akan tetapi dapat memiliki gejalanya mulai 3 minggu hingga bertahun-tahun setelah infeksi. Kutil kelamin yang terlihat hanya muncul selama infeksi aktif. Penularan virus bisa terjadi bahkan jika tidak dapat melihat kutil.

Kondiloma akuminata terlihat seperti benjolan yang kecil dan berwarna seperti kulit pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), penis, skrotum atau anus. Kemungkinan terasa gatal. Kutil ini sangat kecil dan sulit dilihat. Dokter dapat memeriksanya lebih dekat. Untuk jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker, biasanya tidak ada tanda-tanda terinfeksi. Itu sebabnya skrining serviks (leher rahim) yang teratur sangat penting.

Karena dapat menangkap setiap perubahan dalam sel-sel serviks (leher rahim) dan bisa mendapatkan pengobatan jika membutuhkannya. Kanker terkait HPV lainnya juga lebih dapat diobati jika didiagnosis lebih awal. Pada kebanyakan infeksi HPV tidak terlihat dan tidak memiliki gejala. Jika memiliki gejala, itu kemungkinan termasuk:

• Kutil atau benjolan di vagina, penis, testis, skrotum, anus, uretra, dan paha.
• Debit juga kemungkinan ada.
• Kutil kelamin yang lunak untuk disentuh dan bisa gatal.
• Beberapa kutil sangat menyakitkan dan beberapa tidak menyakitkan.
• Kutil bisa sangat kecil dan tidak diketahui.
• Kemungkinan hanya ada 1 kutil yang muncul atau kutil tunggal dan kemungkinan muncul secara berkelompok membentuk bunga kol.
• Kutil dapat muncul di tenggorokan, akan tetapi ini jarang terjadi.

Gejala biasanya muncul dari 2 minggu atau 3 minggu hingga 2 bulan atau 3 bulan setelah hubungan seksual tanpa kondom. Kutil tumbuh lebih cepat selama kehamilan atau jika adanya infeksi lain. Jika kutil tidak diobati, maka dapat tumbuh dan menjadi tidak nyaman.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Dokter dapat mengetahui adanya kutil kelamin dengan memperhatikan area genital dan anal. Biasanya menanyakan mengenai gejala dan faktor risiko. Faktor risiko adalah hal-hal yang membuat lebih mungkin terkena infeksi. Terkadang dokter mengambil sampel jaringan dari kutil untuk dilakukan tes dan pengujian. Untuk wanita, jika melakukan tes Pap abnormal (tidak normal), dokter dapat melakukan tes atau pengujian HPV untuk mencari jenis-jenis virus berisiko tinggi.

kondiloma akuminata

Cara Tepat Mengobati Kondiloma Akuminata

Konsultasikan dengan dokter untuk mendiagnosis infeksi. Tidak ada pengobatan untuk HPV setelah terinfeksi, akan tetapi ada kemungkinan untuk mengobati kutil. Setelah terserang virus, kutil kemungkinan akan muncul kembali pada tahap selanjutnya dan harus mendapatkan pengobatan lagi. Kutil juga bisa diangkat. Ini melibatkan membekukan kutil selama beberapa minggu.

Kondiloma akuminata kemudian akan mengeras dan akhirnya hilang. Kutil dapat dihilangkan juga, akan tetapi membutuhkan waktu untuk sembuh dan dapat menyebarkan atau menularkan virus. Pengobatan ini kemungkinan sangat menyakitkan. Selain itu juga dengan menjaga area genital agar tetap bersih dan kering.

Karena kutil bersifat infeksius, hindari menyentuhnya dan gunakan sarung tangan jika menyentuhnya untuk mengobatinya. Banyak dokter menyarankan untuk tidak merokok pada seseorang dengan kutil kelamin, karena seseorang yang merokok membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membersihkan virus kutil.

Tidak ada pengobatan untuk HPV, akan tetapi gejalanya dapat diobati. Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan kutil kelamin yang terlihat. Kutil biasanya hilang tanpa pengobatan, akan tetapi kutil juga dapat menyebar atau menular. Pada kebanyakan orang memutuskan untuk mengobatinya karena gejalanya atau karena penampilan kutil.

Jika mengobati kutil kelamin, konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan terbaik. Pengobatan resep yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil. Atau dengan menghilangkan kutil dengan laser, pembedahan atau dengan membekukannya. Bahkan jika mengobati kutil yang terlihat atau kutil hilang tanpa pengobatan, infeksi HPV dapat tetap berada dalam sel-sel tubuh. ada kemungkinan untuk menyebarkan atau menularkan kutil kelamin ke pasangan seksual bahkan jika tidak memiliki gejala-gejalanya.

Penanganan kondiloma akuminata ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Penanganannya dilakukan secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Hubungi Klinik Apollo melalui kontak nomor di 081233881616 atau dengan melalui layanan medis seperti dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.