kondiloma

Apakah Kondiloma Bisa Diobati Dengan Cepat?

Kondiloma disebut juga kutil kelamin yaitu luka yang sering ditularkan secara seksual. Beberapa orang yang memilili penyakit ini tertular 1 kali dalam hidupnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan kutil di tangan. Sebagian jenis virus ditularkan melalui kontak seksual dan dapat menyebabkan pengembangan penyakit ini di area genital atau kelamin dan di sekitar anus.

Apa Itu Kondiloma?

Kondiloma atau kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang muncul secara eksternal pada genitalia di area anal, area internal di vagina bagian atas atau di serviks (leher rahim) dan di uretra seorang pria. Luka biasanya meningkat dan berwarna merah muda. Kondisi ini kemungkinan tidak menghasilkan gejala sama sekali atau dapat juga menyebabkan rasa gatal, seperti terbakar, nyeri tekan, nyeri saat berhubungan intim atau sering kencing.

konsultasi

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Ini?

Kondiloma atau kutil kelamin disebarkan atau ditularkan melalui kontak seksual dengan pasangan seksual yang terinfeksi dan sangat menular dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Penyakit ini sering muncul dalam 3 bulan setelah kontak. Kondom dapat membantu, akan tetapi tidak dapat menjamin pencegahannya. Meskipun masih banyak yang harus dipelajari mengenai perkembangan virus ini.

Area yang hangat dan lembab di area genital tampaknya mendukung pertumbuhan kutil. Gejalanya tampak dapat diperburuk selama kehamilan dan pada penderita dengan sistem kekebalan tubuh yang rusak. Penderita dengan riwayat kutil kelamin kemungkinan berisiko lebih tinggi untuk jenis kanker tertentu. Virus ini dikaitkan dengan semua keganasan serviks (leher rahim) dan juga memainkan peran penting dalam kanker vagina, kanker anus, kanker vulva dan kanekr penis. Kutil serviks (leher rahim) dapat ditularkan ke bayi yang baru lahir melalui jalur lahir yang terinfeksi.

konsultasi

Ciri Ciri Kondiloma Menular Secara Umum

Ciri-ciri kondiloma dapat seperti warnanya merah muda, pucat, lunak, tumbuh secara tunggal atau multiple dengan warna jaringan di sekitarnya berbintik-bintik menyerupai permukaan bunga kol. Biasanya tidak menyakitkan. Permukaan kutil terangkat dan tumbuh sebagai seperti sarang. Kutil kelamin dapat mencapai ukuran besar dan dalam beberapa kasus terinfeksi serta mengeluarkan bau yang tidak sedap, eritema dan radang kulit.

Infeksi HPV dari waktu ke waktu tidak terbatas dan kemungkinan berada dalam tahap laten. Virus ini kemungkinan terletak jauh ke dalam kulit dan mukosa akan tetapi pada permukaannya tidak dapat diketahui. Dalam kebanyakan kasus, virus tetap berada di kulit pada saat tidak aktif, akan tetapi dapat ditularkan ke pasangan seksual.

Saat terinfeksi virus berkembang menjadi kutil biasanya dalam 1 bulan hingga 5 bulan, akan tetapi dalam beberapa kasus kutil dapat berkembang selama bertahun-tahun setelah kontak dengan seseorang yang terinfeksi. Karena tahap laten yang panjang beberapa kasus pada wanita dapat berkembang di alat kelamin internal, di mana tidak dapat dilihat, kutil ditularkan dengan mudah pada kontak seksual.

Kondiloma pada pria muncul di penis, di saluran kemih dan di, sekitar anus. Pada wanita, kondiloma terletak di area pudental (di area klitoris, di bibir pudenta yang kecil, di bibir pudenta yang besar, di vagina, di serviks atau di leher rahim), di lubang vagina, di uretra (di mana mengalir urine dari kandung kemih) dan di dekat anus.

Kutil jarang terjadi di tenggorokan. Sangat berbahaya jika terjadi di serviks (leher rahim) karena infeksi nya dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim). Kutil ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal serta melalui kontak kulit secara langsung. Penyakit ini berkembang dalam waktu 3 minggu melalui kontak seksual, akan tetapi infeksi dapat muncul setelah bertahun-tahun, tergantung pada keadaan sistem kekebalan tubuh.

konsultasi

Bagamana Penyakit Ini Didiagnosis?

Mengetahui pertumbuhan seperti bunga kol pada alat kelamin adalah salah 1 mengapa harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Agar dapat mengetahui kutil kelamin atau jenis pertumbuhan yang berbeda. Dokter dapat menggunakan jenis mikroskop yang disebut Colposcope untuk memeriksa serviks (leher rahim) wanita untuk melihat adanya gejala internal.

Ketika diseka pada serviks (leher rahim) atau penis, luka HPV tampak berwarna putih. Kolposkopi dapat bermanfaat dalam mendeteksi luka yang datar yang tidak terlihat oleh mata tanpa bantuan, akan tetapi hanya sebagian area putih yang terlihat pada kolposkop disebabkan oleh infeksi HPV. Pengambilan sampel sel dengan biopsi dan tes atau pengujian untuk bahan genetik HPV, kemungkinan diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Pap smear yang abnormal (tidak normal) terkadang dapat mengindikasikan infeksi HPV serviks (leher rahim). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) sementara yang lain dapat menyebabkan kanker vulva atau kanker anal. Dengan Pap smear yang abnormal (tidak normal) seorang wanita harus melakukan pemeriksaan oleh dokter.

kondiloma

Cara Tepat Atasi Kondiloma

Seseorang dengan kutil kelamin memiliki beragam pengobatan untuk dipilih, akan tetapi tidak ada pengobatan yang sempurna. Pengobatan kutil kelamin antara lain dengan mempersiapkan resep pengobatan topikal yang dapat menghancurkan jaringan kutil, metode bedah yang dapat mengangkat jaringan kutil dan pendekatan berbasis biologis yang menargetkan virus yang menyebabkan kondisi yang mendasarinya.

Setiap pengobatan harus diterapkan pada masing-masing kutil dan tidak ada yang dilakukan secara sistematis. Kutil kelamin yang terlihat dapat secara fisik dihilangkan menggunakan, pembekuan, pembakaran, atau eksisi dengan bedah atau laser. Semua teknik ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kutil cenderung kambuh karena HPV masih ada di sel-sel sekitarnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, pengobatan kutil ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hanya dengan menghubungi kami melalui kontak nomor di 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi medis secara online seperti dibawah ini. Pengobatan di Klinik Apollo sangat efektif karena sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.

konsultasi

 

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.