gonorhea

Apakah Gonorhea Dapat Diobati Dan Dicegah?

Gonorhea disebabkan oleh bakteri. Gonorhea dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan) atau ketidakmampuan untuk hamil dan kondisi kesehatan lainnya. Penyakit ini dapat ditularkan dari ibu ke anaknya selama kelahiran. Penyakit ini dapat lebih berbahaya pada bayi dan dapat menyebabkan infeksi pada mata seperti konjungtivitis yang pada kasus yang serius dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.

Kenali Penyakit Gonorhea Secara Umum

Gonorhea adalah penyakit menular seksual (PMS). Kasus penyakit ini ada setiap tahunnya. Penyakit ini adalah penyakit ke 2 yang paling sering terjadi. Penyakit ini menyebar atau menular melalui kontak dengan penis, vagina, mulut dan anus. Ejakulasi tidak harus terjadi untuk mendapatkan atau menularkan penyakit ini.

Penyakit ini dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama persalinan. Siapapun yang berhubungan seksual bisa terkena penyakit ini. Penyakit ini jika tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan permanen baik pada wanita maupun pada pria. Seseorang dengan penyakit ini dapat lebih mudah tertular HIV.

Seseorang yang terinfeksi HIV dengan gonorhea yang tidak segera diobati kemungkinan dapat lebih mudah menularkan atau tertular HIV. Beberapa pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan penyakit ini. Namun jenis penyakit ini meningkat dan bisa kebal akan obat-obatan akibatnya pengobatan bisa menjadi lebih sulit. Usahakan hentikan berhubungan seksual dan lakukan konsultasi dengan dokter jika menderita penyakit tersebut.

Baca Juga : Pencegahan Penularan Infeksi Gonore

konsultasi

Apa Yang Menyebabkannya?

Penyakit ini dapat ditularkan dengan sangat mudah karena disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrheae dan bisa tertular kembali dari seks vaginal, seks anal dan seks oral tanpa kondom atau bendungan oral dengan seseorang yang menderita penyakitnya bahkan jika tidak adanya gejala sekalipun.

Dari berbagi mainan seks (seks toys) tanpa mencuci dan menutupinya dengan kondom baru setiap kali digunakan. Menutup kontak genital bisa tertular penyakit ini dari seseorang jika alat kelamin bersentuhan bahkan jika tidak adanya penetrasi, orgasme atau ejakulasi. Kemungkinan juga adanya infeksi penyakit ini terjadi di mata, jika mata bersentuhan dengan air mani atau dengan cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi. Namun jarang terjadi. Pada wanita hamil dengan penyakit ini dapat menularkan infeksinya pada bayinya saat lahir.

konsultasi

Inilah Gejala Mendasar Gonorhea

Pada kebanyakan orang dengan penyakit ini tidak memiliki gejala apapun. Jika adanya gejala, biasanya terlihat dapat 10 hari infeksi, akan tetapi dapat terjadi dalam beberapa bulan kemudian. Penularan juga bisa terjadi di anus, tenggorokan atau di mata.

1. Gejala Pada Wanita Meliputi:
• Keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina yang tebal dan berwarna hijau atau kuning.
• Rasa sakit atau terasa terbakar saat kencing.
• Sakit di perut bagian bawah.
• Perdarahan diantara periode dan lebih berat.
• Perdarahan setelah berhubungan seksual namun jarang terjadi.

2. Gejala Pada Pria
• Keluarnya cairan yang tidak biasa dari penis yang berwarna putih, kuning atau hijau.
• Rasa sakit atau terbakar saat kencing.
• Peradangan atau pembengkakan kulup.
• Rasa sakit di testis namun jarang terjadi.

3. Gejala Pada Wanita Dan Pria
• Peradangan atau kemerahan pada mata yang disebut konjungtivitis yang disebabkan oleh air mani yang terinfeksi atau dari cairan vagina ke mata.

konsultasi

Bagaimana Cara Akurat Dalam Mendiagnosisnya?

Pada wanita, dokter biasanya mengambil swab dari bagian bawah rahim (serviks atau leher rahim) atau vagina. Pada pria, sampel urine (kencing) atau metode usap diambil dari ujung penis (uretra). Jika melakukan hubungan seks anal atau seks oral, kemungkinan harus melakukan swab dari anus atau dari tenggorokan.

Jika menderita penyakit ini, maka harus dites atau diuji untuk infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Konsultasi dengan pasangan seksual Anda juga agar bisa dilakukan tes dan pengujian juga serta diobati. Pada kebanyakan orang yang menderita penyakit ini tidak menyadarinya. Usahakan hentikan infeksi yang ditularkan. Hal ini juga dapat menghentikan penularan kembali.

gonorhea

Pengobatan Untuk Gonorhea Menular

Penyakit ini diobati dengan pengobatan antibiotik jangka pendek. Adanya gejala atau tidak, usahakan tidak melakukan hubungan seksual hingga pasangan seksual Anda menyelesaikan pengobatan dengan dokter juga. Penularan atau kekambuhan bisa terjadi lagi bahkan jika pernah mengalaminya. Pengobatan dapat menyembuhkan infeksinya saat ini akan tetapi tidak dapat membuat kebal akan penyakitnya yang berarti bisa terinfeksi atau kambuh kembali.

Untuk lebih faham mengenai penyakit ini. Lakukan konsultasi dengan dokter secara langsung di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081233881616 atau bisa juga dengan layanan konsultasi medis secara online seperti dibawah ini. Pengobatan yang dilakukan tidak akan kalah dengan pengobatan yang dilakukan di klinik lain.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.