penyakit menular seksual

Alasan Penyakit Menular Seksual Sering Menyerang Wanita

Penyakit menular seksual sebenarnya dapat menyerang siapapun baik kalangan pria atau wanita. Apalagi pada seseorang yang aktif berhubungan seksual. Walaupun terdapat berbagai jenis infeksi yang bisa diatasi dengan obat-obatan, namun tidak berarti infeksi ini bisa Anda remehkan.

Baca juga: Beragam Jenis Penyakit Kelamin Wanita Dan Pria

konsultasi

Apa Alasan Penyakit Menular Seksual Sering Menyerang Wanita

Jadi jika tidak segera diobati, penyakit menular seksual bisa menyebabkan komplikasi yang serius. Sebab, Anda dianjurkan untuk mewaspadai infeksi seksual tersebut. Dibandingkan kalangan pria, wanita memang cenderung lebih rentan infeksi seksual. Nah kira-kira apa yang menjadi alasan dibalik ini semua. Simak ulasan kami berikut ini:

1.Kondisi anatomi pada vagina

Secara anatomi, bentuk organ vital pria dan wanita memang berbeda. Alat kelamin pria tidak terbuka lebar seperti kelamin wanita. Namun wanita mempunyai area vulva yang terdiri dari klitoris dan labia yang terbuka lebar, sehingga membuat infeksi bisa masuk dengan mudahnya.

Dibandingkan dengan pria, kondisi organ seksual wanita memang lebih lembab. Hal tersebut sebenarnya membawa manfaat, karena membuat bakteri baik berkembang dengan subur di vagina. Namun kemungkinan bakteri penyebab infeksi tumbuh subur dalam jumlah besar.

2.Salah mendeteksi penyakit

Gejala penyakit menular seksual yang dialami wanita pada umumnya berupa rasa nyeri, perih dan panas yang menyebar di area pelvis. Beberapa infeksi juga akan menyebabkan cairan keluar secara tidak normal dengan bau tidak sedap. Nah gejala tersebut sering membuat wanita bingung dalam mendeteksi penyakit yang sedang dialami.

konsultasi

 penyakit menular seksual

Beberapa Penyakit Dapat Menimbulkan Gejala Pada Wanita

Gejala penyakit menular seksual pada umumnya dapat terlihat jelas pada kalangan pria, yakni berupa peradangan atau keluarnya nanah. Namun bagi wanita, ada beberapa jenis penyakit yang tidak mengeluarkan tanda dan gejala sama sekali, hingga kondisi sudah semakin parah baru menimbulkan tanda.

Beberapa jenis penyakit yang tidak mengeluarkan tanda dan gejala yakni klamidia dan gonore. Kedua jenis penyakit ini bisa menyebabkan dampak yang mengganggu atau menyerang organ dalam area pelvis jika semakin parah.

Infeksi lebih mudah menyerang vagina

Dibandingkan penis, area organ wanita mempunyai kondisi serta bentuk kulit seperti kelenjar yang sangat sensitif. Ini menjadi penyebab, wanita mudah mengalami infeksi jika ditemukan luka, PH, atau kelembaban di area tersebut.

konsultasi

Wanita mengalami menstruasi

Seorang wanita yang sudah dewasa akan alami menstruasi setiap bulannya. Darah yang keluar ketika menstruasi sangat kotor dan mengandung banyak bakteri. Jika wanita tidak menjaga kebersihan organ intim ketika menstruasi, resiko terserang penyakit menular seksual semakin tinggi. Infeksi seperti bakteri vaginosis sampai jenis keputihan abnormal bisa timbul karena masalah ini.

Menjaga kebersihan organ intim wanita memang lebih rumit

Dibandingkan dengan kalangan pria, menjaga kebersihan vagina memang sulit. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dengan baik, mulai dari bersihkan vagina dari arah yang benar, tidak menggunakan sabun pembersih, hingga larangan untuk memasukan cairan pembersih ke area tersebut.

Rentan terserang komplikasi

Dengan bentuk anatomi yang terbuka dan kondisi yang lembab, resiko wanita mengalami komplikasi akibat infeksi seksual memang sangat tinggi. Beberapa infeksi memang bisa diatasi, tapi efeknya akan dialami wanita sampai akhirnya bisa benar-benar sembuh.

Nah ini beberapa alasan mengapa wanita rentan mengidap infeksi seksual. Agar tidak salah menjalankan pengobatan, jika Anda mengalami keluhan di area organ intim, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penangan terbaik. Lakukan reservasi sekarang di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.