uretritis adalah

Uretritis Adalah Terjadinya Pembengkakan Pada Uretra

Uretritis adalah peradangan atau pembengkakan dan iritasi pada uretra. Uretra adalah tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Pada penis, uretra juga membawa air mani. Terkadang uretritis disebabkan oleh infeksi. Uretritis menular dan dapat dibagi menjadi uretritis gonokokal dan uretritis non spesifik.

Pengertian Uretritis Adalah

Uretritis adalah peradangan pada uretra yang disebabkan oleh infeksi. Peradangan uretra yang disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) dan kondisi ini biasanya dikategorikan sebagai uretritis gonokokal (GU) atau uretritis non gonokokal (NGU). Uretritis adalah suatu peradangan pada uretra akibat dari penyebab infeksi dan tidak menular.

konsultasi

Penyebab Umum Uretritis Adalah

Bakteri dan virus dapat menyebabkan uretritis. Beberapa bakteri yang menyebabkan kondisi ini termasuk Escherichia Coli (E. Coli), klamidia dan gonore (kencing nanah). Bakteri ini juga dapat menyeabbkan infeksi saluran kemih (ISK) dan beberapa penyakit menular seksual (IMS). Penyebab virus adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) dan Sitomegalovirus. Penyebab lain dapat termasuk:

• Cedera.
• Sensitivitas terhadap bahan kimia yang digunakan dalam spermisida, kontrasepsi atau busa yang terkadang penyebabnya tidak diketahui.

Uretritis seringkali disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing nanah), klamidia atau HSV. Kasus-kasus ini lebih banyak terlihat pada pria remaja yang aktif secara seksual. Organisme lain yang tidak menular secara seksual dapat menginfeksi uretra. Seperti bakteri normal yang tumbuh di area genital dapat menginfeksi uretra.

Terkadang infeksi pada kandung kemih atau prostat atau prosedur terbaru yang kemungkinan melibatkan uretra dapat meneybabkan uretritis. Untuk mengetahui menderita uretritis maka harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dan melakukan tes atau pengujian di laboratorium. Pelecehan seksual harus dipertimbangkan jika gejala infeksi yang tidak jelas atau berulang (kambuh) pada anak-anak.

Baca Juga : Urethritis, Masalah Normal?

konsultasi

Gejala Uretritis Yang Harus Diketahui

Gejala uretritis adalah sebagai berikut:

• Cairan bening atau seperti lendir dari penis atau dari vagina.
• Penderita uretritis dapat mengalami kemerahan atau pembengkakan di ujung penis.
• Rasa sakit atau terbakar saat kencing.
• Terasa gatal atau iritasi pada uretra yaitu saluran yang dilewati urine.

Selain gejala uretritis yang biasa, pada orang dewasa atau anak-anak juga kemungkinan mengalami:

• Sakit perut.
• Tidak bisa kencing.
• Kehilangan kontrol kandung kemih.

Kemungkinan juga menderita uretritis dan tidak memiliki gejala yang terlihat.

konsultasi

Uretritis Dan Cara Mendiagnosisnya

Gejala uretritis pada pria dapat meliputi ketidaknyamanan atau terasa gatal pada uretra yaitu keluarnya uretra dan disuria. Beberapa pria mengalami disuria atau ketidaknyamana adanya cairan yang keluar. Uretritis dapat diklasifikasikan sebagai uretritis gonokokal atau non gonokokal (NGU) atau uretritis spesifik (NSU), ketika tidak adanya parasit spesifik yang diidentifikasi. Uretritis non spesifik adalah diagnosis secara eksklusi. Uretritis gonokokal sering disertai dengan keluarnya uretra purulen yang banyak. Cairan uretritis spesifik biasanya cenderung berlendir atau bening.

uretritis adalah

Cara Cepat Atasi Uretritis

Uretritis yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Untuk pengobatan yang efektif, selalu konsultasikan dengan dokter mengenai instruksi pengobatan dan harus menyelesaikan semua pengobatan antibiotik. Jika infeksinya ditularkan secara seksual, maka pasangan seksualnya juga harus melakukan tes atau pengujian dan pengobatan.

Membutuhkan waktu untuk membersihkan infeksinya dari tubuh, oleh karena itu usahakan tidak melakukan seks oral, seks vaginal dan seks anal selama 7 hari setelah Anda dan pasangan Anda melakukan pengobatan antibiotik. Jika Anda dan pasangan tidak menyelesaikan pengobatan dan melakukan hubungan seksual tanpa kondom sebelum menyelesaikan semua pengobatan, maka infeksinya dapat tetap berada di tubuh atau kemungkinan ditularkan kembali.

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. Jika terjadi, konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pengobatan. Pengobatan ini bisa Anda lakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan layanan hotline seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan uretritis Anda di Klinik Apollo.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.