servisitis

Servisitis Jika Dibiarkan Apakah Berbahaya?

Serviks (leher rahim) adalah bagian bawah rahim yang terhubung ka vagina. Servisitis adalah peradangan dan iritasi pada serviks (leher rahim). Gejala kondisi ini dapat seperti gejala pada vaginitis dengan keputihan atau terasa gatal dan nyeri saat berhubungan seksual. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Dan yang paling umum adalah klamidia dan gonore (kencing nanah). Trikomoniasis dan herpes genital juga dapat menyebabkan kondisi ini. Dalam beberapa kasus, kondisi ini tidak disebabkan oleh infeksi, kemungkinan karena trauma atau seringnya douching atau dari paparan iritasi kimia.

Fakta Mengenai Servisitis

Servisitis adalah peradangan serviks (leher rahim) atau ujung bawah rahim yang sempit yang membuka ke dalam vagina. Kemungkinan gejala kondisi ini meliputi perdarahan diantara periode menstruasi, nyeri saat hubungan seksual atau selama pemeriksaan serviks (leher rahim) serta keputihan yang abnormal (tidak normal).

Namun kemungkinan mengalami kondisi ini dan tidak mengalami adanya gejala apapun. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore (kencing nanah). Kondisi ini dapat berkembang dari penyebab yang tidak menular juga. Pengobatan dapat mengatasi kondisi ini yang melibatkan pengobatan dengan penyebab utama peradangan.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab servisitis meliputi:

• Infeksi Menular Seksual (IMS)
IMS paling sering adalah infeksi bakteri dan infeksi virus yang menyebabkan kondisi ini ditularkan melalui kontak seksual. Kondisi ini dapat terjadi akibat IMS yang umum termasuk gonore (kencing nanah), klamidia, trikomoniasis dan herpes genital.

• Reaksi Alergi
Alergi baik terhadap spermisida kontrasepsi atau lateks pada kondom yang dapat menyebabkan kondisi ini. Reaski terhadap produk-produk higienis kewanitaan seperti douche atau deodoran kewanitaan juga dapat menyebabkan kondisi ini.

• Pertumbuhan Bakteri Yang Berlebihan
Pertumbuhan berlebih dari beberapa bakteri yang biasanya ada di vagina (Bacterial Vaginosis) dapat menyebabkan kondisi ini.

konsultasi

Servisitis Dan Beberapa Gejalanya

Kondisi ini tidak menyebabkan gejala, kondisi ini dapat diketahui kemungkinan pada saat melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) yang dilakukan oleh dokter karena alasan lain. Jika memiliki gejala, gejalanya kemungkinan termasuk:

• Sejumlah besar keputihan yang tidak biasa.
• Sering kencing yang menyakitkan.
• Nyeri saat berhubungan intim.
• Perdarahan diantara periode menstruasi.
• Perdarahan vagina setelah hubungan intim dan tidak terkait dengan periode menstruasi.

konsultasi

Cara Mendiagnosis Kondisi Ini Dengan Tepat

Untuk mendiagnosis servisitis, dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik yang meliputi:

• Pemeriksaan Panggul (Pelvic)
Selama pemeriksaan ini, dokter melakukan pemeriksaan organ panggul (pelvic) untuk area pembengkakan dan kelembutan. Selain itu juga dapat menempatkan spekulum di vagina untuk melihat dinding atas, bawah dan samping vagina dan serviks (leher rahim).

• Spesimen
Dalam proses yang mirip dengan pap smear, dokter menggunakan kapas kecil atau sikat kecil untuk mengambil sampel cairan serviks (leher rahim) dan cairan vagina. Setelah itu dilakukan analisis di laboratorium untuk menguji infeksi., Tes atau pengujian di laboratorium juga dapat dilakukan pada sampel urine.

servisitis

Cara Ampuh Dalam Mengobati Servisitis

Tidak memerlukan pengobatan untuk kondisi ini yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk-produk seperti spermisida atau produk-produk kesehatan lainnya untuk wanita. Jika menderita kondisi ini yang disebabkan oleh infeksi menular sekusal (IMS), maka Anda dan pasangan seksual Anda harus melakukan pengobatan. Dan biasanya dengan pengobatan antibiotik.

Pengobatan antibiotik diresepkan untuk IMS seperti gonore (kencing nanah), klamidia atau infeksi bakteri termasuk vaginosis bakteri. Dokter kemungkinan menyarankan dengan pengobatan antivirus jika terinfeksi herpes genital yang dapat membantu mengurangi jumlah gejala kondisi ini. Namun tidak ada pengobatan untuk herpes. Herpes adalah kondisi kronis yang dapat ditularkan ke pasangan seksual kapan saja.

Dokrer juga dapat merekomendasikan tes atau pengujian berulang untuk kondisi ini yang disebabkan oleh gonore (kencing nanah) dan klamidia. Untuk menghindari penularan infeksi bakteri ke pasangan, usahakan tidak melakukan hubungan seksual hingga pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter selesai.

Namun Klinik Apollo dapat memberikan pengobatan yang aman dan terpercaya. Sudah banyak penderita kondisi ini yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Karena ditangani secara langsung oleh dokter ahli dengan peralatan medis yang sangat canggih dan modern. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.