bentuk selaput dara

Seperti Apa Bentuk Selaput Dara?

Sampai sekarang, selaput dara dijadikan sebagai ketentuan keperawanan seseorang, bagaimana dengan bentuk selaput dara?. Mitos yang beredar saat ini, beberapa kalangan yang menemukan wanita dengan selaput dara robek menyatakan bahwa mereka sudah tidak perawan. Opini ini harus dihilangkan, tahukan Anda secara anatomi bentuk selaput dara memang tidak menutupi lubang kemaluan seorang wanita. Adanya lubang pada selaput dara merupakan hal normal.

Baca juga: Hubungan Selaput Dara Dan Keperawanan

konsultasi

Jadi Seperti Apa Bentuk Selaput Dara

Justru selaput dara yang menutupi seluruh lubang kemaluan menjadi bentuk dari kelainan yang disebut sebagai imperforata. Selaput dara mempunyai bentuk yang sangat elastis, sehingga beberapa wanita tidak akan selalu mengalami perdarahan, walau aktif berhubungan seksual.

Selaput dara merupakan lapisan jaringan yang berada di bukaan vagina atau bisa disebut sebagai lubang kemaluan. Secara normal, semua selaput dara mempunyai lubang bukaan. Karena jika tidak, maka darah haid tidak bisa keluar.

Macam-Macam Bentuk Selaput Dara

Setiap wanita mempunyai bentuk selaput dara yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bentuk yang paling umum yakni bulan sabit. Bentuk ini akan mempermudah darah haid keluar dari kemaluan vagina. Bentuk selaput dara lain yang bisa dimiliki wanita adalah:

konsultasi

bentuk selaput dara

1.Imperforate selaput dara

Imperformasi selaput dara merupakan sebuah kondisi jaringan yang menutupi seluruh bibir vagina. Kondisi ini menjadi salah satu kelainan, karena membuat darah haid tidak bisa keluar dari vagina.

Darah yang menumpuk dalam vagina tersebut akan menimbulkan berbagai gangguan seperti sakit perut, punggung, nyeri ketika buang air besar dan kecil. Imperforate ini bisa dideteksi sejak lahir. Namun pada berbagai jenis kasus, kondisi baru terdeteksi ketika wanita memasuki usia remaja dan mengalami siklus haid untuk pertama kalinya.

2.Micro Perforasi selaput dara

Bentuk selaput dara yang mengalami mikroperforasi tidak jauh berbeda dengan perforasi. Hanya saja, masih ada sedikit pembukaan pada lapisan tersebut; kondisi ini tidak akan mengganggu keluarnya darah menstruasi dari vagina, namun akan membuat beberapa penderita kesulitan menggunakan tampon ketika menstruasi.

Mikroperforasi bisa diatasi dengan berbagai prosedur operasi. Dokter akan membuang kelebihan jaringan yang ada pada selaput dara, sehingga lubang yang ada di lapisan berukuran normal dan mempermudah keluarnya darah menstruasi.

3.Septum selaput dara

Septum mempunyai arti pemisah dan batas. Sehingga selaput dara dengan bentuk septum mempunyai pembatas di tengah-tengah lubang dan membuatnya terlihat seperti mempunyai 2 bukaan.

konsultasi

Hubungan Selaput Dara Dan Keperawanan

Bentuk selaput dara tentunya berbeda antara satu kalangan dengan lainnya. Begitu juga dengan definisi keperawanan. Seseorang dikatakan tidak perawan apabila telah menjalankan hubungan seksual. Namun hubungan seks bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, tidak hanya melalui proses penetrasi yakni penis kedalam vagina.

Beberapa kalangan mungkin berhubungan seksual menggunakan metode oral atau anal. Walaupun tidak akan membuat selaput dara anda robek, namun pada umumnya mereka disebut sebagai kalangan yang sudah tidak perawan.

Faktanya hanya beberapa kalangan wanita yang mengalami pendarahan setelah pertama kali berhubungan seks melalui penetrasi. Perdarahan ini muncul karena mereka mempunyai jaringan selaput dara yang tebal, sehingga kurang elastis dan sulit melebar ketika penis masuk kedalam vagina.

Ketika pendarahan terjadi, jumlah darah keluar pun berbeda, mulai dari hanya satu tetes, hingga cukup banyak dan akan terus keluar sampai beberapa hari, layaknya wanita yang sedang menstruasi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai bentuk selaput dara, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.