penyebab keputihan

Penyebab Keputihan Membuat Vagina Gatal

Penyebab keputihan pada umumnya tidak akan menimbulkan sensasi apapun yang mengganggu. Namun ada wanita yang mengalami sekresi sampai membuat vagina terasa gatal. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya penyakit, apalagi jika disertai dengan berbagai gejala lainnya.

Baca juga: Cara Hindari Ciri Ciri Keputihan Pada Vagina  

konsultasi

Apa Saja Penyebab Keputihan Membuat Vagina Gatal?

1.Cairan keputihan

Keputihan normal mempunyai fungsi sebagai pelindung dan membersihkan vagina secara mandiri. Namun keputihan abnormal bisa menjadi tanda penyakit yang mungkin menyerang Anda, namun tidak disadari.

2.Infeksi bakteri vagina

Infeksi bakteri vagina terjadi ketika lingkungan dalam vagina mempunyai banyak bakteri jahat dibandingkan bakteri baik. Akibatnya, infeksi akan menimbulkan gejala sekresi yang membuat vagina terasa lebih gatal.

•Tidak menjaga kebersihan organ genital dengan baik

•Sering menggunakan pembersih vagina dengan douching atau sabun kewanitaan

•Melakukan hubungan seks dengan berbagai jenis kalangan

Ketika Anda terserang infeksi bakteri vagina, bukan hanya penyebab keputihan yang terasa gatal. Terdapat berbagai gejala lain yang muncul, seperti:

•Keputihan timbul dengan warna putih, keabuan, dan hijau

•Keputihan tidak dengan bau yang cukup menyengat

Namun tidak semua kalangan wanita mengalami gejala ini ketika terserang infeksi bakteri vagina. Ada kalanya infeksi sama sekali tidak disadari dari awal kemunculan, karena tak ditemukan gejala yang nampak sama sekali.

konsultasi

penyebab keputihan

3.Infeksi jamur vagina

Vagina yang normal mempunyai ragi dan jamur, namun tidak akan pernah memicu masalah apapun. Ketika jamur berkembang dan tak terkendali, Anda akan beresiko mengalami infeksi ragi atau jamur vagina.

Mengalami infeksi jamur akan membuat Anda mengeluarkan keputihan yang gatal dan akan mengganggu kegiatan. Jika segera diobati, maka gejala infeksi ringan umumnya akan membaik, yakni kurang dari 7 hari.

4.Trikomoniasis

Infeksi trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh organisme bersel tunggal yang ditularkan melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom baik secara vaginal, oral ataupun anal. Anda bisa terserang jika pasangan mempunyai penyakit ini namun tidak menyadarinya.

Pada kalangan wanita, penyakit ini akan menjadi penyebab keputihan yang berbau busuk, berwarna putih, kekuningan, bau, dan kehijauan. Selain itu sekresi ini akan membuat vagina Anda terasa gatal.

Area vagina pada umumnya akan mengalami kemerahan dengan sensasi seperti terbakar. Infeksi ini akan memicu rasa nyeri ketika berhubungan seks atau buang air kecil.

konsultasi

5.Gonore

Gonore merupakan penyakit yang menyebabkan infeksi pada alat kelamin, tenggorokan, dan anus. Penyakit ini termasuk kondisi yang sering terjadi pada kalangan muda dengan usia 18 hingga 27 tahun.

Jika selama ini Anda menganggap bahwa gonore merupakan penyakit yang hanya menyerang kalangan pria, tentunya salah. Gonore atau kencing nanah bisa menyerang wanita melalui hubungan anal, oral atau vaginal.

6.Klamidia

Klamidia merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini sering ketahuan ketika kondisi Anda sudah semakin parah. Pasalnya klamidia memang jarang menunjukan tanda dan gejala secara khusus di awal infeksi.

7.Penyakit radang panggul

Infeksi tersebut ditularkan melalui kontak seksual. Bakteri yang masuk melalui vagina akan menyebar ke organ intim, seperti ovarium, uterus, atau tuba fallopi wanita. Radang panggul kerap mengalami penyebab keputihan yang gatal dan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika Anda mempunyai tanda dan gejala yang mengganggu, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai penyebab keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.