keputihan berwarna putih susu

Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu

Pada umumnya keputihan yang terjadi pada kalangan wanita, mempunyai dua jenis, bagaimana dengan keputihan berwarna putih susu?. Pertama keputihan pathogen yang disebabkan oleh infeksi dan sebuah penyakit.

Keputihan tersebut menyebabkan wanita mengeluarkan sekresi dengan warna tertentu seperti hijau, kuning, cokelat, hingga merah dengan tekstur menggumpal. Keputihan selanjutnya yakni keputihan normal yang akan dialami wanita.

Baca juga: Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Keputihan

konsultasi

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu?

Keputihan ini disebabkan oleh adanya mekanisme pada tubuh untuk membuat perlindungan dan menyesuaikan diri dengan sebuah kondisi. Keputihan ini pada umumnya mempunyai warna putih susu dan tidak menimbulkan bau. Nah jadi kondisi keputihan berwarna putih susu tersebut disebabkan oleh apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1.Tanda kehamilan

Seorang wanita hamil juga akan mengalami keputihan meski tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Keputihan ini mempunyai warna putih susu dengan konsistensi yang berbeda antara satu sama lain. Semakin besar kandungan Anda, sekresi akan semakin kental, sehingga rahim dan janin akan terlindungi dari infeksi.

Dalam trimester awal kehamilan, sekresi yang keluar terkadang disertai dengan bercak darah. Kondisi ini merupakan hal normal, mengingat ketika implantasi, permukaan rahim akan terbuka dan digunakan untuk menempel, setelah itu membesar.

2.Ovulasi

Ketika ovulasi, daerah sekitar serviks akan menghasilkan cairan putih dalam jumlah banyak. Sekresi ini dihasilkan oleh tubuh dan mempunyai dua fungsi. Pertama membantu sperma masuk ke serviks lalu berlanjut ke rahim dan menjalankan proses pembuahan di tuba falopi.

Selanjutnya sekresi ini akan menyeleksi sperma yang bisa masuk kedalam atau dihentikan sampai di luar saja. Sekresi keputihan pada umumnya muncul di hari ke 12 hingga 14 pasca menstruasi terakhir. Jika Anda memperoleh keputihan yang muncul pada vagina, artinya Anda sedang berada di masa subur.

konsultasi

keputihan berwarna putih susu

3.Menopause

Wanita yang usianya menginjak 50 tahun kerap mengalami keputihan. Jadi keputihan ini berbeda dengan kondisi lain karena penyebabnya. Sekresi keputihan putih susu yang dihasilkan dipicu dengan menurunnya hormone sehingga wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur.

4.Aktivitas seks

Wanita yang menjalankan hubungan seksual secara intens akan mengalami keputihan berwarna putih susu. Kondisi ini muncul ketika hubungan seksual di jalankan, wanita akan menghasilkan banyak cairan pelumas dan setelah seks selesai tidak semua cairan mudah di keluarkan, apalagi yang bercampur dengan sperma pria.

5.Stres berlebihan

Kalangan wanita yang mengalami stress berlebihan akan mengalami keputihan. Ketika stress terjadi, hormone pada tubuh akan mengalami fase fluktuasi. Dampaknya, sekresi di area vagina akan keluar dalam jumlah banyak. Sekresi ini tak akan memberi efek samping apapun. Namun jika wanita tidak memperhatikan situasi tersebut dengan baik, kemungkinan akan terjadi infeksi yang cukup besar.

konsultasi

6.Efek samping kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang digunakan wanita juga akan mempengaruhi jumlah cairan pada vagina. Karena kontrasepsi mempunyai kandungan hormone, tubuh akan meresponnya dengan cara menghasilkan banyak cairan di area genital. Keluarnya cairan ini cukup wajar, walaupun sering membuat wanita tidak nyaman.

7.Infeksi mikroba

Infeksi bakteri dan jamur juga menyebabkan vagina mengalami sekresi dan mengeluarkan cairan putih susu. Hanya saja, sekresi ini cenderung terdapat unsur warna abu-abu serta menimbulkan efek yang tidak nyaman.

Pada umumnya wanita akan merasakan sensasi panas dan nyeri yang cukup kuat. Ini merupakan ulasan mengenai penyebab keluarnya keputihan dengan warna putih susu pada wanita. Pernahkah Anda mengalami kondisi seperti ini?

Jika tanda dan gejala yang timbul mengganggu segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan lebih lanjut. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan berwarna putih susu, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.