gejala isk

Penyebab Adanya Tanda Dan Gejala Isk

Gejala isk merupakan kondisi organ yang masuk dalam sistem kemih, yakni ureter, kandung kemih, uretra, dan ginjal yang mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih pada umumnya lebih sering menyerang dua tempat di kandung kemih dan uretra.

Baca juga: Jenis-Jenis Fungsi Kandung Kemih

konsultasi

Apa Penyebab Adanya Tanda Dan Gejala Isk

Jika wanita tidak menyeka kemaluan setelah buang air kecil dari depan ke belakang, maka ia akan beresiko terserang gejala isk. Sebab area tersebut merupakan organ yang berbentuk selang yang mengangkat urin dari kandung kemih ke jalur tubuh, yang ada dekat anus.

Apabila wanita tidak membersihkan area tersebut dengan benar, maka bakeri dari usus besar yang ada pada posisi sempurna tidak bisa perpindah ke anus menuju uretra. Dari sana, bakteri akan berkembang ke kandung kemih, dan jika infeksi tidak segera ditangani, hal tersebut akan menyebabkan kondisi yang semakin parah seperti infeksi ginjal.

Selain dari kebiasaan yang kurang bersih setelah buang air kecil, berhubungan seksual juga bisa menyebabkan bakteri masuk kedalam saluran kemih. Maka dari itu, sangat penting untuk mencuci area kemaluan setelah melakukan hubungan seksual.

konsultasi

Bagaimana Gejala Infeksi Saluran Kemih

•Kemaluan seperti terbakar ketika buang air kecil

•Sering buang air kecil, walaupun urin yang keluar sedikit

•Nyeri atau ada tekanan di punggung atau perut bagian bawah

Untuk mengatasi masalah ini, maka antibiotic bisa digunakan untuk membunuh bakteri, sehingga menuntaskan infeksi yang terjadi. Selain itu, pastikan untuk habiskan antibiotik yang sudah diresepkan dengan benar, bahkan setelah kondisi sudah membaik sekalipun.

konsultasi
gejala isk

Yang penting untuk mengatasi gejala isk yakni dengan menghilangkan bakteri di area berkemih. Karena jika tidak dijalankan secara tuntas, bakteri rentan menginfeksi kembali dan membuat serangan, sehingga terjadi proses resistensi antibiotic. Biasakan untuk memperoleh antibiotik yang sesuai dengan anjuran dokter.

Anda pun harus minum air yang banyak untuk membantu menghilangkan bakteri dari sistem saluran kemih. Dokter juga akan meresepkan obat untuk meredakan rasa nyeri, serta penurunan demam jika memang ada keluhan nyeri.

Apabila gejala isk terjadi sebanyak 3 kali dalam setahun, maka periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan khusus, beberapa pilihan pengobatan yang bisa Anda jalankan, diantaranya:

•Konsumsi antibiotik dengan dosis yang rendah dalam periode yang panjang untuk membantu mencegah infeksi berulang

•Konsumsi dosis tunggal antibiotic setelah melakukan hubungan seksual yang dapat memicu infeksi secara umum

•Bersihkan area genital sebelum berhubungan seksual

•Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk singkirkan bakteri yang mungkin sudah masuk area uretra.

•Jangan kenakan celana dalam selama berhari-hari

Jika infeksi tersebut tidak segera diatasi, kondisi ini akan memicu urosepsis, yakni kondisi ketika bakteri pada ginjal yang terserang infeksi dan menyebar ke dalam darah. Urosepsis dapat mengakibatkan tekanan darah Anda menurun, bahkan menimbulkan kematian.

Segera hubungi dokter jika Anda merasakan tanda dan gejala diatas, penanganan yang tepat dan cepat menjadi semakin baik demi proses penyembuhan secara maksimal. Untuk melakukan pemeriksaan, Anda bisa membuat janji dengan dokter.

Kondisi ini tidak bisa Anda diamkan, sebab jika tidak diatasi akan menyebabkan masalah yang semakin serius. Untuk memperoleh informasi yang akurat lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo terbaik Jakarta. Semua penanganan dan pengobatan melakukan alat yang canggih dan modern. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala isk, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.