keputihan berwarna hijau

Penyakit Yang Menimbulkan Keputihan Berwarna Hijau

Keputihan merupakan sebuah kondisi medis yang normal apabila tidak berbau, menyebabkan bakteri, dan berwarna jernih, lalu bagaimana jika keputihan berwarna hijau?. Namun jika keputihan Anda berwarna kehijauan, bisa jadi ini merupakan tanda adanya infeksi yang disebut dengan trikomoniasis.

Keputihan berwarna hijau adalah salah satu gejala atau penyakit menular seksual yang disebut trikomoniasis. Kondisi ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini menyerang area vagina dan saluran kemih penderitanya.

Baca juga: Ketahui Berbagai Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

konsultasi

Apa Saja Penyakit Yang Menimbulkan Keputihan Berwarna Hijau

1.Gejala Trikomoniasis

Anda harus curiga terserang trikomoniasis jika ada keputihan berwarna hijau kekuningan disertai dengan berbagai gejala diantaranya:

Keputihan berwarna hijau dalam jumlah besar, berbusa, dan sedikit

•Berbau amis yang cukup menyengat di bagian vagina

•Nyeri ketika buang air kecil atau berhubungan seksual

•Terasa nyeri, iritasi dan gatal di organ kewanitaan

Gejala tersebut pada umumnya akan muncul di hari ke 28 setelah infeksi terjadi. Walau demikian, banyak kalangan yang tak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi bakteri tersebut hingga tidak melakukan penanganan apapun.

Penelitian menemukan bahwa dari total kasus trikomoniasis, hanya beberapa persen yang memperoleh gejala. Namun meskipun tanpa gejala, penderita trikomoniasis tetap bisa menyebarkan infeksi tersebut kepada pasangan seksualnya.

Untuk melakukan diagnosis keputihan berwarna hijau tersebut, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul atau sampel cairan vagina untuk mendeteksi adanya parasite. Kondisi tersebut bisa ditangani dengan konsumsi antibiotik yang sudah diresepkan dokter. Selain penderita, pasangan seksual juga harus memperoleh pengobatan.

konsultasi

keputihan berwarna hijau

2.Risiko komplikasi

Keputihan berwarna hijau karena trikomoniasis harus segera memperoleh pemeriksaan. Jika tidak, bakteri tersebut bisa meningkatkan risiko terserang penyakit radang panggul dan infeksi menular seksual lainnya seperti HIV. Jika penderitanya sedang mengandung, maka bayi mempunyai risiko lahir prematur dan berat badan yang rendah.

Seperti penyakit menular seksual pada umumnya, penggunaan kondom ketika berhubungan seksual memang penting untuk mencegah penyebaran infeksi. Namun kondom tak memberi perlindungan secara mutlak terhadap penyakit menular seksual. Oleh karenanya, disarankan untuk hindari perilaku seks berisiko untuk terhindari dari penyakit seksual jenis ini.

konsultasi

Bagaimana Cara Mencegah Trikomoniasis

Berikut langkah-langkah pencegahan yang juga dapat dilakukan:

•Tidak mempunyai banyak pasangan untuk berhubungan seksual

•Kenakan celana dalam dengan bahan katun yang bisa mengurangi kelembaan atau mencegah tumbuhnya bakteri.

•Hindari penggunaan tisu, pembalut, dan sabun beraroma kuat untuk merawat kebersihan vagina

•Hindari penggunaan pembersih vagina karena berisiko mematikan bakteri baik yang bisa melindungi organ kewanitaan dari berbagai jenis kuman atau penyakit

•Melakukan hubungan seksual yang aman, misalnya mengenakan kondom atau tidak berganti-ganti pasangan.

•Rutin melakukan pemeriksaan mengenai kondisi kesehatan ke dokter untuk mendeteksi penyakit. Penanganan yang tepat bisa mengobati penyakit dan mengurangi risiko penularan kepada orang lain

•Jangan berbagi mainan seks pada orang lain

Meski bisa disembuhkan, namun penderita trikomoniasis bisa terserang infeksi jika berhubungan seksual dengan kalangan yang sedang terinfeksi. Apabila Anda atau pasangan menderita bakteri tersebut, satu-satunya cara agar tidak terjadi penularan yakni tidak berhubungan seksual sama sekali selama bebera waktu hingga sembuh.

Berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kami merupakan Klinik Apollo yang akan memberi semua proses mudah dan terjangkau. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian ulasan singkat kami sampaikan mengenai keputihan berwarna hijau, semoga memberi banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.