radang panggul

Penyakit Menular Seksual, Radang Panggul

Radang panggul terjadi karena adanya gejala seperti keputihan berwarna kuning kehijau-hijauan atau periode menstruasi anda lebih panjang dari pada umumnya. Jika terjadi tanda dan gejala tersebut, segera lakukan konsultasi bersama dokter. Nah ini dia komplikasi yang terjadi pada pengidap radang panggul.

konsultasi

Radang Panggul, Penyakit Menular Melalui Hubungan Intim

Radang panggul biasanya dikenal dengan istilah Pelvic Inflammatory Disease. Kondisi tersebut merupakan infeksi yang menyerang leher rahim, indung telur, saluran indung telur atau rahim. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual dan cepat menular ketika Anda berhubungan seksual ketika sedang dalam masa haid. Kondisi tersebut akan mengakibatkan terjadi kehamilan ektopik, yakni proses kehamilan berkembang di luar rahim.

Apa Saja Gejala Yang Hadir Pada Pengidap Radang Panggul

Karena organ reproduksi yang terserang radang panggul tak selalu menunjukan tanda dan gejala, penyakit ini lebih sulit dideteksi. Biasanya gejala yang timbul yakni rasa nyeri di area panggul, perut bagian bawah, nyeri ketika buang air kecil dan sakit ketika berhubungan seksual.

Selain berbagai jenis diatas, gejala lain bisa berupa mual atau muntah-muntah, merasa kelelahan, demam, keluarnya cairan abnormal, keputihan berwarna kuning kehijuan, hilangnya nafsu makan, menstruasi lebih lama dari biasanya, dan siklus haid yang tidak teratur.

konsultasi

radang panggul

Ini Yang Jadi Penyebab Radang Panggul

Infeksi menular seksual menjadi salah satu faktor menyerangnya radang panggul. Nah ini sebabnya Anda dilarang untuk berhubungan seksual dengan banyak kalangan tanpa menggunakan pengaman. Bakteri penyebab kondisi tersebut yakni gonore dan klamidia. Bakteri tersebut pada umumnya akan menyebabkan infeksi di leher rahim, dan bisa berkembang dari vagina ke organ reproduksi lainnya.

Selain bakteri, penyebab lain terjadinya penyakit radang panggul yakni penggunaan spiral, melahirkan, keguguran secara alami, pernah menjalankan biopsy, dan sering berganti pasangan seksual. Biopsy merupakan salah satu prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa kanker dengan pengambilan jaringan pada tubuh untuk pemeriksaan di laboratorium.

konsultasi

Waspada Komplikasi Penyakit Radang Panggul Jika Tak Segera Ditangani

Radang panggul bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas. Maka dari itu, komplikasi radang panggul yang dialami harus segera ditangani hingga penyakit benar-benar sembuh. Jika tidak, komplikasi mungkin akan timbul seperti nyeri di panggul yang berkepanjangan dan terjadi kehamilan di luar rahim. Terjadinya radang panggul berulang juga bisa membuat organ reproduksi rentan kepada bakteri.

Jadi kehamilan di luar rahim atau ektopik bisa terjadi karena infeksi berulang pada saluran indung telur. Infeksi ini menyebabkan luka dan penyempitan di bagian tuba falopi tersebut. Jika kehamilan ektopik semakin membesar, akan terjadi sebuah robekan dan pendarahan yang dapat mengancam nyawa.

Jika hal ini sampai terjadi, tindakan operasi harus segera dijalankan. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter jika anda memang aktif secara seksual untuk mengetahui kondisi kesehatan vagina Anda lebih jelas. Jika dibiarkan masalah tersebut akan menimbulkan resiko yang negatif.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa segera hubungi kami Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik, tepat, akurat, dan terjangkau. Dokter yang akan menangani pasien sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Semua masalah Anda akan kami tangani sebaik mungkin. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut segera lakukan konsultasi bersama kami di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit radang panggul, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.