Penyakit endometriosis

Penyakit Endometriosis Sulit Disembuhkan, Namun Bisa Diatasi

Penyakit endometriosis merupakan kondisi medis yang akan mempengaruhi area reproduksi pada wanita. Hal ini terjadi karena jenis jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim justru tumbuh di area luar.

Banyak kalangan wanita pengidap endometriosis, tidak menyadari hal ini. Mereka mengalami nyeri haid parah hingga kronis, namun justru berpikir bahwa kondisi tersebut merupakan sesuatu yang normal. Akibatnya para penderita terdiagnosa mengidap endometriosis setelah bertahun-tahun.

Baca juga: Wanita Dengan Vaginitis Apakah Bisa Ditangani?

konsultasi

Gejala Pada Penyakit Endometriosis

Gejala utama yang muncul ketika Anda menderita penyakit endometriosis yakni rasa nyeri pada bagian perut bawah. Tanda ini sering hadir dan bertambah semakin parah, terutama ketika menstruasi atau berhubungan seksual bersama pasangan.

Tingkat keparahan rasa sakit cukup bervariasi, terkadang rasa menjalar dari perut ke bagian bawah, kaki, hingga punggung. Ada juga yang mengatakan rasa sakit terasa seperti kram dan disertai muntah, mual dan diare. Rasa sakit yang dirasakan akan dipengaruhi oleh lokasi, dimana jaringan endometriosis tumbuh.

Jadi jaringan tersebut bisa tumbuh pada bagian organ berkemih, sehingga akan menimbulkan masalah ketika buang air kecil atau pada usus bisa menyebabkan masalah ketika buang air besar. Jika jaringan tumbuh pada tuba falopi dan ovarium, kondisi ini bisa menimbulkan masalah pada kesuburan.

konsultasi
Penyakit endometriosis

Bagaimana Cara Mengatasi Endometriosis?

Endometriosis yang akut dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda, bahkan menurunkan kualitas hidup. Saat ini tidak ada obat untuk sembuhkan kondisi tersebut, namun terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala tersebut.

1.Perhatikan makanan anda

Terhadap teori bahwa lemak dalam makanan akan mempengaruhi produksi prostaglandin yang ada pada tubuh wanita. Diperkirakan bahwa tingkatnya sangat tinggi dan bisa menyebabkan produksi estrogen menjadi lebih tinggi, sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan jaringan endometrium.

Sumber lain mengatakan bahwa adanya penurunan risiko endometriosis yang drastis pada wanita yang rutin konsumsi sayuran dan buah segar. Kebalikannya, wanita yang sering makan daging justru mempunyai resiko terserang penyakit endometriosis yang lebih tinggi.

Selain perbanyak makan sehat diatas, Anda harus perhatikan apakah ada perubahan dari gejala nyeri perut ketika menstruasi, hindari makanan yang bisa menyebabkan peradangan, diantaranya olahan gula, dan produk susu.

konsultasi

2.Olahraga teratur

Sering kali kalangan yang mengalami nyeri tidak mau berolahraga karena merasa takut rasa sakit menjadi semakin parah. Namun seiring berjalannya waktu, menjalankan kegiatan fisik secara teratur justru bisa mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan penderita.

Sebuah sumber mengatakan bahwa wanita yang rutin menjalankan olahraga seperti aerobic, bersepeda, dan jogging mempunyai resiko lebih rendah untuk terserang penyakit endometriosis. Kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur bisa membantu wanita pengidap endometriosis.

3.Hindari stres

Gejala endometriosis bisa semakin berat jika seseorang mengalami stress, maka dari itu, Anda harus belajar kelola stress dan tekanan emosional. Seperti masalah pada umumnya, sangat penting bagi kalangan penderita endometriosis untuk mengenal tubuh mereka dan mengetahui cara atasi gejala yang dirasakan.

Jika perubahan gaya hidup belum bisa mengatasi masalah yang dirasakan, Anda bisa konsultasikan masalah tersebut kepada dokter untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut serta pilihan pengobatan yang cocok untuk Anda.

Anda bisa lakukan diskusi bersama dokter kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terjamin. Lakukan reservasi sekarang juga di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit endometriosis, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.